Aplikasi Berita

Perkenalkan Fitur Leaderboard dan Tipping, GoPlay Indie Bantu Sineas Anak Negeri

GoPlay-Indie-Header.

Gadgetren – GoPlay telah mengumumkan dua fitur barunya bernama Leaderboard dan Tipping yang dirancang untuk GoPlay Indie dengan menampilkan lebih dari 200 konten film karya anak bangsa.

Hadirnya GoPlay Indie diharapkan para pengguna GoPlay dapat menyaksikan pilihan konten film independen dari berbagai genre mulai dari aksi, komedi, drama, horor, thriller, animasi, dokumenter, hingga film anak.

Martinus Faisal selaku Head of Corporate Strategy GoPlay mengungkapkan bahwa GoPlay Indie adalah galeri konten yang menjadi wadah khusus untuk pembuat film independen Indonesia dan bergabung di dalamnya.

“Total pengajuan film per minggu lalu di GoPlay Indie sudah ada 250 film dan sudah tayang 125 film. Semua yang masuk ada proses kurasi dan telah melalui penyesuaian untuk masuk ke dalam platform kita,” ujarnya kepada tim Gadgetren.

GoPlay pun turut bekerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan pemerintah, komunitas film, rumah produksi, universitas, dan para individu pembuat film independen agar semakin banyak menampung pembuat film independen di Indonesia yang belum mempunyai tempat mempertemukan karyanya dengan penontonnya.

Sementara buat pengguna yang ingin menonton film independen di GoPlay Indie harus berlangganan lebih dulu (Subscription video-on-demand atau SVoD) atau lewat fitur rental pay-per-view (Transaction video-on-demand atau TVoD).

Setelah bisa masuk ke dalam GoPlay dan resmi berlangganan, kamu bisa memilih film independen apa yang bakal ditonton lewat fitur Leaderboard. Fitur Leaderboard merupakan papan navigasi untuk memudahkan para pengguna melihat film-film independen yang paling digemari.

GoPlay-Indie-Virtual-Launch.

Menariknya, GoPlay Indie Leaderboard di masa yang akan datang juga akan menampilkan Monthly Newcomers Trending atau para pendatang baru yang paling populer. Tak berhenti di situ saja, terdapat fitur GoPlay Indie Tipping yang memungkinkan pengguna memberikan apresiasi secara langsung kepada para pembuat film independen.

Nilai apresiasi tip dimulai dari Rp 3.000 dan selama periode November 2020, GoPlay akan memberikan program Tipping khusus dengan menambahkan satu kali lipat tip. Selain itu, nantinya di setiap bulan GoPlay akan mengapresiasi film independen yang memasuki peringkat pertama, kedua, dan ketiga dalam Top Completed View.

Untuk mendukung keberlanjutan bisnis dalam jangka panjang, GoPlay juga akan menyediakan skema monetisasi yang lebih baik bagi para sineas dan kreator konten melalui mekanisme pembagian pendapatan (revenue-sharing).

GoPlay-Indie-Film-Independen

Hal tersebut berkaca dari model yang sama pada bioskop yang telah terbukti meraih kesuksesan dengan pencapaian jutaan penonton pada film box office. Dalam skema tersebut, para pembuat film independen akan memperoleh persentase pendapatan berdasarkan skema yang dipilih antara lain SVoD, TVoD, atau FVoD.

“Model revenue sharing ini akan dapat menjadi stimulus bagi para sineas untuk terus giat meningkatkan kualitas karya sehingga dapat memberi manfaat yang berkelanjutan bagi semua dalam ekosistem perfilman,” tutup Faisal.

Tinggalkan Komentar