Aplikasi

7 Rekomendasi Aplikasi Edit Video di Handphone Untuk Tahun 2020

Rekomendasi Aplikasi Edit Video di HP Header

Gadgetren – Selain dipakai untuk menunjang aktivitas sehari-hari, handphone masa kini sudah memiliki fitur yang mampu merekam video dengan hasil yang bagus dengan resolusi tinggi serta stabil.

Bahkan proses pengeditan video yang telah direkam pun sudah tidak perlu dilakukan di komputer, melainkan langsung di handphone itu sendiri. Sudah banyak tersedia aplikasi edit video dengan fitur lengkap di handphone yang memudahkan kamu dalam menghasilkan video yang berkualitas.

Apalagi proses pengeditan video yang dilakukan pada aplikasi di handphone hanya dengan sentuhan jari saja, mulai dari proses pemilihan video yang telah direkam, penambahan teks, filter, efek transisi, musik, pemotongan bagian tidak penting di video, hingga ekspor menjadi sebuah video yang utuh.

Dengan kemudahan-kemudahan yang ditawarkannya tersebut membuat sebagian orang memilih langsung mengedit video di handphone.

Nah ada apa saja? Berikut ini aplikasi edit video di HP yang patut untuk kamu coba.

7 Rekomendasi Aplikasi Edit Video di HP

1. PowerDirector

PowerDirector Ok

Aplikasi editor video buatan Cyberlink ini bisa dibilang mempunyai fitur-fitur yang lengkap untuk menghasilkan video berkualitas bagus. Pada halaman awalnya, kamu akan diminta untuk membuat sebuah proyek video dengan posisi potret atau lanskap yang menggunakan aspek rasio 9:16 atau 16:9.

Setelah proyek dibuat, maka kamu akan dihadapkan pada halaman edit video yang lengkap karena terdapat timeline video serta audio, menu untuk memasukkan video atau audio, menambahkan tulisan, efek, variasi transisi, stiker, hingga merekam suara sendiri untuk dijadikan audio.

Pada timeline halaman edit video, kamu juga bisa menumpuk video atau audio berkat kehadiran sistem layer di PowerDirector ini. Apalagi volume dari video atau audio di setiap layer dapat diatur secara tersendiri sehingga kamu dapat menentukan mana suara narasi, lagu, maupun dari video yang ingin lebih terdengar.

Untuk versi gratisnya, PowerDirector akan memberikan watermark pada video yang telah dibuat. Sementara apabila kamu berlangganan versi Premium, maka watermark tersebut akan menghilang.

Bagi kamu yang ingin berlangganan versi Premium, maka harus mengeluarkan dana setiap bulanan Rp 74.000 atau tahunan Rp 149.000. PowerDirector versi premium juga memungkinkan kamu untuk bisa mengekspor atau membuat video beresolusi Full HD (1080p) dan Ultra HD (4K).

Sementara itu kamu hanya bisa mengekspor video hingga resolusi HD (720p) saja apabila menggunakan aplikasi versi gratisnya. Meskipun begitu, PowerDirector versi gratis sudah menghadirkan beragam fitur untuk membuat kamu menghasilkan video menarik.

Kamu dapat mengunduh aplikasinya di Google Play Store untuk handphone berbasis Android dan Apple App Store untuk perangkat iOS.

2. KineMaster

KineMaster

Selain PowerDirector, KineMaster merupakan salah satu aplikasi edit video yang mempunyai fitur lengkap di handphone. Bahkan pada halaman awalnya, kamu akan diminta untuk membantu video dengan berbagai pilihan aspek rasio mulai dari 16:9, 9:16, 1:1, 4:5, 4:3, 3:4, hingga 2.35:1 sesuai dengan tren saat ini.

Pada versi gratisnya, kamu dapat membuat video dengan resolusi maksimal Full HD (1080p) dan frame rate 30fps. Selain itu, video yang kamu buat dengan menggunakan KineMaster versi ini akan mempunyai watermark.

Menurut saya fitur yang dibawa oleh KineMaster sangat menarik dimana kamu akan melihat timeline video dan audio dengan sistem layar, menu untuk memberi efek, variasi transisi, merekam suara, memasukkan audio maupun video, dan masih banyak lagi.

Bahkan bisa dibilang KineMaster mempunyai tool yang lebih lengkap dibandingkan dengan PowerDirector. Apalagi terdapat fitur Chroma Key yang dapat mengubah bagian latar belakang video saat menggunakan green screen atau latar polos pada perekaman.

Apabila kamu ingin menghilangkan watermark pada video yang telah dibuat, maka dapat berlangganan KineMaster Premium dengan sistem bulanan seharga Rp 53.000 atau tahunan senilai Rp 329.000. Bagi kamu yang ingin mencobanya, maka dapat mengunduhnya dari Google Play Store dan Apple App Store.

3. InShot

InShot Ok

Selain untuk video, InShot dapat juga digunakan mengedit foto dan membuat gambar kolase. Bisa dibilang fitur edit video pada aplikasi ini lebih cukup menarik dengan hadirnya menu memasukkan musik, stiker, teks, filter, audio, video, dean masih banyak lagi.

Namun timeline video tidak menggunakan sistem layer sehingga kamu tidak bisa menumpuk audio dan video. Pada versi gratisnya, video yang telah kamu buat akan mempunyai watermark dengan logo InShot.

Untuk menghilangkan iklan di aplikasi dan watermark pada video yang telah dibuat, maka kamu dapat berlangganan Rp 41.000 untuk satu bulan, Rp 139.000 untuk satu tahun, atau Rp 409.000 untuk selamanya. Menariknya apabila hanya ingin sekadar untuk mengilangkan watermark, maka kamu dapat menonton iklan yang diminta oleh aplikasi InShot.

Apabila kamu memilih menghilangkan watermark dengan menonton iklan, maka kamu harus melakukannya secara terus menerus setiap membuat video. Untuk bisa menikmati fiur yang ditawarkan oleh InShot, kamu dapat mengunduh aplikasi di Google Play Store dan Apple App Store.

4. VivaVideo

VivoVideo Ok

VivaVideo merupakan salah satu aplikasi editor video yang populer digunakan di handphone. Meskipun fiturnya cukup lengkap, namun pengguna awam sekalipun dapat mengedit video di aplikasi ini dengan mudah.

Timeline pada VivaVideo tidak menggunakan sistem layer sehingga kamu tidak dapat menumpuk audio maupun video. Untuk itu, kamu harus bisa mengatur dan menyusun video di timeline dengan baik.

Dalam VivaVideo juga disediakan beragam menu penambahan teks, filter, transisi, musik, kecepatan, tema, reverse, dan masih banyak lagi. Apabila kamu ingin menghilangkan watermark pada video yang telah diekspor dari VivaVideo, maka dapat berlangganan akun VIP.

Kamu dapat mengunduh VivaVideo versi gratis di Google Play Store dan Apple App Store.

5. FilmoraGo

Filmora Go Ok

Aplikasi besutan Wondershare ini mempunyai timeline yang sangat sederhana dan tidak mempunyai layer sehingga kegiatan mengedit video tergolong cukup terbatas. Namun aplikasi ini menawarkan berbagai fitur seperti menambahkan teks, efek, dan kecepatan.

Selain dapat diedit secara manual, kamu juga dapat membuat video dengan efek, tulisan, dan filter secara otomatis pada FilmoraGo. Dengan hadirnya fitur otomatis ini, kamu dapat membuat video menarik secara cepat.

Untuk menghilangkan watermark dan logo roll pada video yang telah dibuat, kamu harus beralih ke FilmoraGo Pro dengan membayar seharga Rp 69.000. Bagi kamu yang ingin mendapatkan FilmoraGo, maka dapat mengunduhnya di Google Play Store dan Apple App Store.

6. Quik

Quik Ok

Aplikasi editor video buatan GoPro ini menghadirkan kemudahan dalam mengedit video. Bahkan pada halaman awalnya, kamu akan diajak untuk membuat video dengan musik, efek, transisi, tulisan, dan intro secara otomatis.

Kamu cukup mengumpulkan beberapa video dan foto untuk dijadikan sebuah video yang menarik. Namun apabila kurang menyukai fitur otomatisnya, maka kamu dapat mengeditnya pada timeline yang telah disediakan melalui menu memotong, mengatur kecepatan, slow motion, dan masih banyak lagi.

Sementara itu, kamu juga dapat mengekspor video hingga resolusi HD (720p) atau Full HD (1080p). Bagi kamu yang ingin mencoba Quik, maka dapat mengunduhnya dari Google Play Store dan Apple App Store.

7. Adobe Premiere Rush

Adobe Premiere Rush Ok

Bisa dibilang ini merupakan salah satu aplikasi editor video yang mempunyai fitur lengkap. Pada timeline utamanya, kamu dapat menumpuk video dan audio dengan layer sehingga mampu menghasilkan video yang diiringi berbagai suara menarik.

Kamu juga dapat menikmati beragam fitur unggulan mulai dari customized motion graphic, color correction, edit, efek, filter, edit video maupun audio, dan masih banyak lagi. Adobe Premiere Rush juga mengizinkan kamu membuat video dengan berbagai macam aspek rasio mulai dari potret, lanskap, hingga kotak.

Menariknya lagi, proyek video yang kamu buat di aplikasi ini dapat disimpan dan disinkronisasi ke Adobe Cloud sehingga dapat diedit di handphone atau tablet lain. Namun perlu dicatat bahwa Adobe Premiere Rush baru tersedia di beberapa handphone Android dan iPhone saja.

Untuk mencobanya, kamu dapat mengunduh Adobe Premiere Rush di Google Play Store dan Apple App Store.

Tinggalkan Komentar