Berita PC

Semakin Ngebut, AMD Perkenalkan GPU HPC Instinct MI100

GPU-HPC-AMD-Instinct-MI100-Header

AMD telah mengumumkan akselerator Instinct MI100 yang digadang sebagai GPU HPC terkencang untuk saat ini dengan server x86 yang diklaim melampaui hambatan performa 20 teraflop (FP64).

Brad McCredie selaku Corporate Vice President, Data Center GPU and Accelerated Processing, AMD menuturkan bahwa saat ini AMD telah mengambil langkah besar dalam perjalanan menuju komputasi exascale saat pihaknya mengungkap Instinct MI100.

“Dengan target tepat pada beban kerja dalam komputasi ilmiah, akselerator terbaru kami bila dikombinasikan dengan platform software terbuka AMD ROCm, dirancang untuk memberikan daya unggul bagi para ilmuwan dan peneliti untuk pekerjaan mereka di HPC,” ujarnya kepada tim Gadgetren melalui keterangan tertulis.

Lebih jauh, Instinct MI100 dibangun pada arsitektur AMD CDNA dimana memungkinkan kelas sistem akselerasi baru untuk HPC dan Artificial Intelligence (Al) ketika dipasangkan dengan prosesor AMD EPYC Generasi Kedua.

Instinct MI100 menawarkan performa puncak FP64 hingga 11,5 TFLOPS untuk HPC dan hingga 46,1 TFLOPS performa Matriks FP32 untuk beban kerja AI dan machine learning.

Berkat teknologi AMD Matrix Core, Instinct MI100 juga memberikan peningkatan hampir 7x dalam performa float point puncak teoritis FP16 untuk beban kerja pelatihan AI dibandingkan dengan akselerator generasi sebelumnya dari AMD.

Tak berhenti di situ saja, Instinct MI100 menyediakan 2x bandwidth I/O puncak peer-to-peer (P2P) melalui teknologi PCIe 4.0 hingga kecepatan 340 GB per detik bandwidth agregat per kartu dengan tiga AMD Infinity Fabric Links.

AMD-Instinct-MI100-view.

Dalam sebuah server, Instinct MI100 dapat dikonfigurasi dengan hingga dua kumpulan GPU quad yang terhubung sepenuhnya, dimana masing-masing menyediakan hingga 552 GB per detik bandwidth I/O P2P untuk berbagi data dengan cepat.

GPU MI100 juga mampu menampilkan memori HBM2 bandwidth tinggi mencapai 32 GB dengan kecepatan rate clock 1.2 GHz dan memberikan bandwidth memori hingga 1,23 TB per detik untuk mendukung kumpulan data besar serta membantu menghilangkan hambatan dalam memindahkan data masuk dan keluar dari memori.

Didesain dengan dukungan teknologi PCIe Gen 4.0, Instinct MI100 mampu menyediakan bandwidth data transportasi hingga 64 GB per detik dari CPU ke GPU. Untuk ketersediaan, AMD Instinct MI100 diharapkan akan hadir pada akhir tahun 2020 dalam sistem dari mitra OEM dan ODM utama di pasar enterprise meliputi Dell, Gigabyte, HPE, dan Supermicro.

Tinggalkan Komentar