Berita Perangkat Pintar

Sasar Sinematografer, Sony Perkenalkan Kamera Cinema Line FX6 di Tanah Air

Sony-Cinema-Line-FX6-Header

Gadgetren – Sony Indonesia telah resmi mengumumkan kamera baru bernama FX6 (model ILME-FX6T) yang semakin memperluas koleksi di lini Cinema Line Sony untuk para sinematografer dan kreator konten.

Kazuteru Makiyama selaku President Director PT Sony Indonesia mengungkapkan bahwa kamera FX6 merupakan bentuk upaya Sony untuk terus mendorong batasan dalam bidang teknologi pencitraan berdasarkan kebutuhan konsumen.

“Kamera FX6 memanfaatkan kamera sinema Venice yang terdepan di industri dari Sony dan memadukannya dengan teknologi kamera mirrorless Alpha inovatif yang terbaik dari Sony,” ujarnya kepada tim Gadgetren melalui keterangan tertulis.

Secara performa, Sony FX6 hadir mengandalkan mesin pemrosesan gambar BIONZ XR yang pertama kali digunakan pada kamera Sony Alpha 7S III. Dapur pacunya itu dipadukan dengan sensor kamera 10,2 MP full-frame back-illuminated Exmor R CMOS yang menghasilkan rentang dinamis wide hingga 15+ stop.

Sony FX6 memiliki sensitivitas dasar ISO 800 dengan pengaturan sensitivitas yang disempurnakan dari ISO 12.800 dan dapat diperluas hingga 409.600 untuk perekaman pada kondisi cahaya minim.

Soal hasil video, kamera ini mampu merekam dalam XAVC Long GOP dan XAVC All Intra 4K beresolusi QFHD (3840 x 2160 piksel) serta dukungan kedalaman 10-bit 4:2:2 berkecepatan 120 frame per detik.

Tak ketinggalan Sony FX6 menawarkan beragam warna sinematik yang khas meliputi S-CinetoneTM untuk reproduksi warna yang lebih sempurna, S-Log3, S-Gamut3, dan S-Gamut3.

Tampilan-Sony-Cinema-Line-FX6-dengan-SEL1635GM

Sementara pada fitur auto focus, kamera ini dibekali oleh teknologi Fast Hybrid AF yang mengombinasikan 627-point focal plane phase-detection AF bersama dengan Real-time Eye AF dalam kecepatan frame tinggi serta AF berkelanjutan.

Fitur video Fast Hybrid AF dipercaya Sony mampu bekerja dengan lebih dari 50 lensa E-mount. Tersedia pula filter ND variabel internal elektronik untuk kontrol kepadatan filter kamera dengan mudah dan mulus.

Dirancang menggunakan sasis magnesium alloy dengan bodi berukuran 4,6 inci x 4,5 inci dan bobot hanya 0,89 kg, Sony FX6 memiliki desain yang ringkas dan ringan sehingga mudah digunakan untuk mengambil gambar di berbagai medan.

Menariknya, kamera ini didukung dengan struktur penghilang panas untuk menjaga komponen kamera dalam standar penggunaan normal sekaligus mencegah panas berlebih, bahkan selama waktu perekaman.

Hasil-Foto-dari-Sony-Cinema-Line-FX6.

Desain modularnya juga memungkinkan pengguna untuk dapat memasangkan aksesoris dengan mudah seperti grip, viewfinders, gimbal, drone atau lainnya.

Beralih ke konektivitas, Sony FX6 juga menyediakan fitur tambahan dengan output 12G-SDI yang juga mendukung 16-bit RAW, HDMI, timecode in/out, built-in Wi-Fi dan empat kanal perekaman suara (via XLR Interface, Multi-Interface Shoe dan built-in Stereo Mic).

Dukungan dua slot media yang kompatibel dengan kartu memori CFexpress Tipe A semakin melengkapi kehadiran kartu memori UHS-II/UHS-I SDXC agar penyimpanan foto dan video lebih lega. Kamera FX6 (model ILME-FX6T) full-frame Cinema Line akan tersedia di Indonesia mulai Februari 2021 mendatang dengan harga Rp 92.999.000.

Tinggalkan Komentar