Smartphone

Bongkar! Membedah Lebih Dalam Jeroan Hardware POCO X3 NFC

POCO X3 NFC Teardown

Gadgetren – Xiaomi secara resmi telah mengajak awak media untuk mengikuti acara teardown handphone POCO X3 NFC di Indonesia secara virtual melalui aplikasi video conference Zoom.

Dalam acara teardown ini dihadirkan Woro Prasetio selaku Senior Technical Support Engineer Xiaomi Indonesia dan Andi Renreng selaku Product PR Manager Xiaomi Indonesia yang memperlihatkan beragam komponen yang dibenamkan di dalam POCO X3 NFC.

Langkah pertama dari acara teardown adalah membuka penutup belakang POCO X3 NFC dengan peralatan suction cup setelah sebelumnya dipanaskan terlebih dulu supaya memudahkan lem terlepas. Modul NFC menjadi komponen pertama yang dilepas.

POCO X3 NFC Xiaomi Teardown

Bisa dibilang NFC menjadi fitur andalan POCO X3 NFC karena memungkinkan penggunanya dapat melakukan pengecekan atau pengisian uang elektronik (e-money), transfer data, komunikasi dengan perangkat lain secara cepat, dan lainnya.

Selanjutnya, kamera menjadi komponen berikutnya yang dilepas setelah membongkar pelindung belakangnya dengan melepas 11 baut dan diikuti dengan mencopot seluruh konektor antar-board (BTB). Pada bagian yang sama terdapat juga speaker dan sensor yang dikeluarkan.

Handphone ini hadir dengan dukungan empat kamera belakang yang mempunyai kombinasi kamera utama 64 MP, ultrawide 13 MP, makro 2 MP, dan depth 2 MP. Kamera utama POCO X3 NFC mempunyai apertur f/1.89 dan ukuran 1.6nm Super Pixel yang dapat menghasilkan foto dengan baik.

POCO X3 NFC Camera Module

Modul kamera depan merupakan komponen yang dilepas selanjutnya. Handphone ini mempunyai kamera depan dengan resolusi 20 MP untuk mengakomodasi foto selfie, video call, atau Face Unlock.

Berlanjut ke pelindung sub-board yang dilepas, komponen yang kemudian diperlihatkan adalah motor yang menghasilkan getaran dalam bentuk haptic feedback. Z-Axis Motor merupakan fitur yang menghadirkan pengalaman menarik kepada pengguna melalui 150 varian getaran untuk setiap aktivitas yang dilakukan pada POCO X3 NFC.

Pada acara teardown ini, terlihat pihak Xiaomi berupaya untuk memastikan handphone ini memiliki perlindungan IP53 berupa pemasangan karet di sekeliling bodi dan penggunaan lem yang erat untuk memastikan modul kamera terpasang dengan kokoh.

Tidak ketinggalan, terdapat beberapa komponen lain yang diperlihatkan secara langsung seperti chipset Snapdragon 732G dari Qualcomm yang kini menjadi salah satu chipset seri 700 terbaru yang telah hadir di dunia.

Dukungan baterai berkapasitas besar 5.160mAh juga telah disematkan pada handphone yang satu ini. Fitur 33W Fast Charging yang hadir pada POCO X3 NFC diklaim mampu mengisi daya baterai dari kondisi 0% ke 100% hanya dalam waktu 65 menit.

POCO X3 NFC Battery Axis

Pihak Xiaomi menjelaskan bahwa pengisian daya baterai di handphone ini memiliki teknik Middle Middle Tab (MMT) yang dimulai dari tengah modul baterai sehingga menyebar rata hingga bagian atas dan bawah. Tujuan teknik ini untuk menghasilkan kecepatan pengisian yang konsisten dibandingkan layout umumnya yang dimulai dari bagian bawah.

Solusi pendingin LiquidCool Technology 1.0 Plus diperlihatkan dengan membongkar hingga bagian bawah baterai untuk menunjukkan batang tembaga yang dapat meredakan panas dari komponen di atasnya seperti baterai dan chipset.

Dengan fitur dan spesifikasi yang ditawarkannya, POCO X3 NFC menjadi handphone kelas menengah yang dijual dengan harga Rp 3.099.000 ditambah masa garansi hingga 15 bulan. Produk ini mempunyai dua pilihan warna yang terdiri dari Shadow Gray dan Cobalt Blue.

Tinggalkan Komentar