Aplikasi Berita

Lebih Hemat Penyimpanan, Aplikasi Tokopedia di Android Hadirkan Teknologi Baru

Tokopedia-Android-App-Shortcut-Header.

Gadgetren – Sebagai e-commerce yang terbilang cukup digemari oleh UMKM kecil hingga besar di Indonesia, Tokopedia kembali menghadirkan beberapa fitur terbaru untuk penggunanya agar lebih nyaman dan semakin mudah mengakses aplikasinya, khususnya handphone Android.

Sebelumnya, Tokopedia telah memberikan fitur NFC e-money pada tahun 2018 silam. Fitur NFC e-money memungkinkan penggunanya melakukan Top Up e-money mereka lewat handphone Android di Tokopedia.

Rico Harisin selaku Head of Engineering Tokopedia menuturkan bahwa Android telah menguasai lebih dari 90 persen pasar handphone di Indonesia. Dengan begitu pihaknya ingin terus menyediakan berbagai layanan di aplikasi Tokopedia dengan lebih cepat dan mudah.

Ia menambahkan bahwa inovasi baru dari Tokopedia merupakan sebuah solusi untuk pengguna Android yang telah terfragmentasi dimana tidak semua masyarakat memiliki versi Android yang sama. Oleh karenanya Tokopedia memperkenalkan beberapa teknologi baru.

Head-of-Engineering-Tokopedia-Rico-Harisin

“Dari tim teknologi terus mengeksplor apa saja teknologi terbaru yang bisa berguna untuk masyarakat. Kita itu benar-benar membuka mata kepada inovasi lainnya di tahun depan, kebutuhan itu diperlukan untuk masyarakat atau tidak,” ujarnya kepada tim Gadgetren.

Yang pertama, ada teknologi Dynamic Feature dimana Tokopedia akan mendeteksi apakah pengguna memiliki toko atau tidak. Jika tidak, maka fitur yang berhubungan dengan penjual tidak akan diunduh.

Hal ini dipercaya Tokopedia dapat menghemat ruang penyimpanan perangkat Android pengguna yang mana mengurangi rata-rata ukuran aplikasi Tokopedia sebesar 27% dari 49,9 MB menjadi 36 MB, lantaran aplikasi hanya berisi fitur yang penting.

Fitur baru lainnya ialah Android App Shortcut yang akan sangat membawa manfaat bagi pengguna dalam hal menghemat waktu lebih efisien. Dengan adanya Android App Shortcut ini, pengguna bisa melakukan klik atau tap sekali pada ikon aplikasi Tokopedia dan bisa langsung menuju ikon pencarian, wishlist, tagihan, dan jual dengan mudah.

Tokopedia-Android-App-Shortcut-Voice-Text-App-Action

Tak ketinggalan, Tokopedia juga menyediakan fitur App Action & Google Assistant yang akan mempermudah pengguna dalam menggunakan aplikasi dengan perintah suara lewat teknologi App Action, tanpa harus membuka aplikasi dan navigasi ke menu tertentu.

Fitur App Action & Google Assistant juga telah memungkinkan pengguna dapat mengetahui tagihan yang belum terbayar dengan lebih cepat dan mudah mulai dari tagihan listrik, air hingga pulsa, hingga paket data.

Selain itu, terdapat fitur Voice to Text pada bagian search bar untuk mempermudah pengguna mencari barang yang dibutuhkan di kolom pencarian Tokopedia dengan fitur pengetikan teks lewat input suara.

Tinggalkan Komentar