Smartphone

MediaTek Helio G95 Vs Snapdragon 730G – Adu Kuat Siapa Yang Lebih Canggih?

MediaTek Helio G95 Vs Snapdragon 730G Header

Gadgetren – Kini perusahaan MediaTek telah mengembangkan chipset bertenaga dan terjangkau yang menjadi saingan Qualcomm untuk pasar handphone kelas menengah.

Bahkan kabarnya MediaTek Helio G95 Octa-Core mempunyai performa yang menandingi Snapdragon 730G. Chipset besutan MediaTek ini pun telah berhasil diandalkan oleh beberapa produsen untuk handphone kelas menengah.

Meskipun begitu, Snapdragon 730G hadir dengan Octa-Core 2,2 GHz yang lebih bertenaga dibandingkan Helio G95 Octa-Core 2,05 GHz. Apalagi teknologi fabrikasi chipset besutan Qualcomm ini sudah 8nm sehingga lebih efisien dibandingkan chipset buatan MediaTek tersebut yang masih 12nm.

Snapdragon 730G

MediaTek Helio G95 dan Snapdragon 730G sama-sama didukung oleh AI (Artificial Intelligence) Engine atau mesin kecerdasan buatan sehingga mampu mendukung kinerja CPU, GPU, konsumsi daya baterai, dan pemrosesan kamera secara pintar.

Bahkan kedua chipset ini pun mempunyai fitur untuk mendongkrak kemampuan performa CPU dan GPU agar pengalaman game menjadi lebih bagus, mulus, dan imersif bagi penggunanya. Apabila Snapdragon 730G dibekali dengan Snapdragon Elite Gaming, berbeda dengan Helio G95 yang didukung MediaTek HyperEngine Gaming.

Soal urusan fotografi, Snapdragon 730G mampu mendukung kamera tunggal hingga 192 MP, kamera tunggal dengan MFNR (Multi Frame Noise Reduction) hingga 48 MP, kamera tunggal dengan MFNR 30fps dan ZSL (Zero Shutter Lag), atau kamera ganda dengan MFNR 30fps dan ZSL hingga 22 MP.

MediaTek Helio G95 Feature

Sementara Helio G95 mendukung kamera tunggal hingga 64 MP, kamera tunggal 48 MP, dan kamera ganda dengan kombinasi 24 MP + 16 MP. Terlihat bahwa dukungan kamera pada Snapdragon 730G lebih canggih dibandingkan chipset buatan MediaTek tersebut.

Menariknya, ISP (Image Signal Processing) dari kedua chipset ini sama-sama mampu mendukung perekaman video hingga 4K 30fps, Slow Motion HD (720p) 240fps, dan Slow Motion Full HD (1080p) 120fps. Dengan kata lain, keduanya mampu digunakan merekam video dengan kualitas cukup tinggi.

Sementara sensor NFC (Near Field Communication) juga sudah didukung oleh kedua chipset ini agar handphone dapat melakukan pembayaran digital, transfer data, dan masih banyak lagi.

Soal urusan jaringan, Snapdragon 730G mampu mendukung kecepatan download LTE-Cat15 hingga 800 Mbps dan upload LTE-Cat13 hingga 150 Mbps. Sementara MediaTek Helio G95 mendukung kecepatan download LTE-Cat12 hingga 600 Mbps dan upload LTE-Cat13 hingga 150 Mbps.

Apabila merujuk dari perbandingan di atas, maka chipset Snapdragon 730G mempunyai performa dan fitur yang sedikit lebih unggul dibandingkan Helio G95. Namun kita ketahui bersama harga handphone yang dibenamkan chipset besutan MediaTek tersebut biasanya lebih murah dibandingkan dengan yang buatan Qualcomm.

Tinggalkan Komentar