ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Smartfren Tambah Kapasitas Jaringan 29% Secara Nasional di Indonesia

Smartfren Petinggi

Gadgetren – Pada masa pandemi COVID-19 di Indonesia, Smartfren telah mencatat terjadi peningkatan lalu lintas data di berbagai wilayah operasional dengan kenaikan tertinggi di wilayah-wilayah pemukiman.

Untuk merespon kenaikan tersebut dan memastikan pengguna layanannya tetap mendapatkan koneksi internet yang baik, Smartfren telah melakukan peningkatan kapasitas, coverage, dan optimasi jaringan.

Sementara pada paruh kedua 2020, terjadi kenaikan lalu lintas secara nasional yang tercatat mencapai 24% dibandingkan dengan paruh pertama 2020. Kenaikan lalu lintas data terbesar terjadi di Samarinda mencapai 58%, Semarang mencapai 38%, dan Balikpapan mencapai 36%.

Dalam merespon hal tersebut, Smartfren melakukan optimasi jaringan secara nasional dan terus dilakukan juga penambahan kapasitas jaringan yang kini sudah meningkat 29% sekaligus perluasan jangkauan 4G yang sudah mencapai 21% secara nasional.

Munir Syahda Prabowo selaku VP Technology Relations and Communications Smartfren mengungkapkan bahwa kenaikan lalu lintas data ini terjadi memang karena perubahan perilaku masyarakat yang banyak masuk ke ranah digital, mulai dari kegiatan sekolah hingga bekerja.

Smartfren BTS

“Namun tidak perlu khawatir terjadi kepadatan karena perubahan ini bisa ditangani dengan baik. Smartfren pun terus memperluas coverage serta melakukan optimasi jaringan. Sekarang Smartfren sudah mengoptimasi 42% dari keseluruhan jaringan dan masih terus bertambah. Selain itu, Smartfren juga menerapkan beragam teknologi yang memungkinkan akses internet berkecepatan tinggi,” tambah Munir.

Kini Smartfren telah menggunakan sejumlah teknologi pada seluruh aspek jaringan yang terdiri dari multiple carrier, milimeter wave, small cell, 4×4 MIMO, Beam Forming, Full Duplex, dan 256 QAM.

Semua teknologi ini berperan dalam memberikan koneksi internet bagus agar pengguna layanannya mendapatkan akses berkecepatan tinggi, stabil, serta mencapai 4G+ pada handphone masing-masing.

Sementara Sukaca Purwokardjono selaku Deputy CEO Mobility Smartfren mengatakan bahwa keunggulan jaringan Smartfren saat ini sudah bisa dirasakan semua orang, apalagi dengan jaringan yang 100% 4G-LTE sehingga lebih stabil.

Namun pelanggan dengan handphone tertentu yang mendukung teknologi jaringan tersebut bisa mendapatkan manfaat lebih besar. Contohnya pengguna iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, iPhone SE, atau Samsung Galaxy Note 20 yang bisa memaksimalkan kecepatan download hingga 540 Mbps.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar