Berita

SigridWave – Sistem Penerjemah Bahasa Pintar Berbasis AI Dari Acer

Sigridwave Feature

Gadgetren – Sebagai perusahaan teknologi asal Taiwan, Acer selalu mencoba berinovasi untuk menghadirkan produk-produk yang dapat membantu banyak orang di dunia.

Bahkan pengembangan produk Acer pun telah berlanjut ke SigridWave yang merupakan sistem penerjemah langsung berbasis kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) untuk mendukung platform game Planet9.

Bisa dibilang SigridWave merupakan sistem penerjemah berbasis AI dalam game yang memanfaatkan teknologi pembelajaran mendalam untuk memecahkan hambatan bahasa dan memfasilitasi komunikasi di antara para gamer di seluruh dunia.

Terintegrasi dengan klien desktop Planet9, SigridWave akan aktif ketika pengguna berada di lobi game dan kemudian berfungsi sebagai overlay dalam game yang dapat disesuaikan. Pada saat permaian berlangsung, SigridWave akan menggunakan teknoloigi Automatic Speech Recognition (ASR) untuk mengenali ucapan dan mengubahnya menjadi sebuah teks.

Teks tersebut kemudian dijalankan melalui teknologi Neural Machine Translation (NMT) yang sejauh ini telah dilatih dengan lebih dari 10.000.000 kalimat bilingual (dwibahasa) sehingga memungkinkan SigridWave untuk memahami terminologi terkait dengan game tertentu (seperti camping atau ADS) dan mempelajari cara pemain mengekspresikan diri.

Planet9

Menurut pihak developer SigridWave, konteks merupakan tantangan terbesar dalam terjemahan berbasis AI karena banyak kata yang memiliki lebih dari satu kemungkinan arti dan komputer terkadang kesulitan membedakan terjemahan mana yang paling cocok untuk situasi yang dihadapi ketika mereka tidak dapat memproses nuansanya.

Diciptakan khusus untuk bermain game, AI dari SigridWave telah dilatih lebih dari 1.000 jam ucapan game-centric (suara + transkrip) sehingga memungkinkan sistem dapat menyampaikan kembali pesan yang terdeteksi secara akurat kepada pengguna dalam bahasa yang dapat mereka pahami.

SigridWave sendiri akan memulai versi closed beta pada kuartal keempat tahun 2020, dimana sistemnya akan tersedia untuk terjemahan antara bahasa Inggris dan Mandarin dalam sejumlah judul game FPS (First Person Shooter), seperti Tom Clancy Rainbow Six Siege.

Sebagai tambahan, platform Planet9 menyediakan serangkaian fitur untuk membantu gamer dalam menikmati kemampuannya dalam bermain game. Landasan dari platform ini adalah fitur komunitasnya yang memungkinkan gamer untuk bertemu dan berkelompok dengan sesama gamer yang berada di jalur yang sama.

Pada platform Planet9, gamer dapat menambah teman, menerima rekomendasi, berbagi taktik permainan, dan dapat bermain berdasarkan game yang dimainkan dengan kemampuan tambahan.

Untuk itu, mari kita tunggu saja kiprah dari sistem SigridWave dalam menerjemahkan bahasa dengan cepat dan akurat agar komunikasi game antara pemain berbeda negara dapat berjalan dengan lancar.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar