ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik

Cara Jitu Agar Foto Kamera Depan iPhone Tidak Terbalik

Cara Agar Kamera iPhone Tidak Terbalik Header

Gadgetren –  Foto selfie yang diperoleh dengan menggunakan aplikasi bawaan iPhone selama ini terlihat sebagai hasil pencerminan kamera depan sehingga terasa aneh bagi sebagian pengguna.

Seolah menyadari hal tersebut, Apple untungnya kini menyematkan fitur bernama “Mirror Front Camera” melalui pembaruan iOS 14 yang memungkinkan pengguna membalik foto selfie secara otomatis tanpa perlu memasang kamera dari pihak ketiga.

Bagaimana cara mengaktifkannya? Bagi yang merasa terganggu dengan hasil foto kamera depan iPhone sebelumnya, maka kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukannya!

Cara Mengaktifkan Fitur Mirror Front Camera

Agar bisa menggunakan fitur Mirror Front Camera, kamu pertama perlu memastikan bahwa perangkat yang akan digunakan sudah menjalankan sistem operasi iOS 14. Apabila belum, kamu wajib memperbarui sistem operasi terlebih dahulu bagi perangkat yang mendukungnya.

Setelah selesai memperbarui sistem, kamu selanjutnya dapat mengatur fitur baru iOS tersebut melalui Settings, kemudian menggulirkan layar ke bawah dan masuk ke bagian Camera, lalu mencari sub-bagian Composition.

Pada sub-bagian ini, tekan opsi Mirror Front Camera untuk menggeser tombol ke posisi aktif supaya iPhone secara otomatis membalik foto depan yang sebelumnya terlihat sebagai pencerminan kamera.

Apabila tombol Mirror Front Camera sudah aktif, kamu selanjutnya bisa mencoba mode kamera depan iPhone yang digunakan untuk melihat apakah sudah berhasil melakukannya atau belum.

Fitur Mirror Front Camera sayangnya hanya tersedia secara terbatas pada beberapa handphone baru Apple seperti iPhone XR, XS, XS Max, 11, 11 Pro, 11 Pro Max, atau yang lebih baru. Secara sederhana, kamu yang menggunakan iPhone X dan yang lebih lawas tentu tidak akan menemukan opsi baru Mirror Front Camera di bagian Setting meski sudah memasang iOS 14 sekalipun.

Oleh karena itu, kamu yang memiliki iPhone tanpa dukungan Mirror Front Camera hanya bisa membalik foto secara manual menggunakan fitur Flip pada aplikasi photos sebagai alternatifnya.

Cara Menggunakan Fitur Flip Foto

Untuk membalik secara manual, kamu hanya perlu membuka foto selfie yang sudah berhasil diabadikan dengan aplikasi Photos kemudian mengetuk tombol Edit dan memilih opsi Crop.

Kamu selanjutnya dapat memilih opsi Flip yang muncul di bagian pojok kiri atas halaman editor Photos lalu kemudian mengetuk tombol Done ketika foto selfie sudah berhasil dibalik.

Selain menggunakan metode di atas, kamu juga bisa memanfaatkan beberapa aplikasi kamera dari pihak ketiga yang memiliki dukungan tersebut maupun aplikasi-aplikasi media sosial seperti WhatsApp, Telegram, atau lainnya.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar