Gadget Smartphone

Ini Keunggulan Lini iPhone 12 yang Membuat Harganya Mahal!

Keunggulan iPhone 12 Header

Gadgetren – Jajaran handphone Apple untuk lini iPhone 12 telah meluncur secara resmi dengan membawa sejumlah fitur dan dukungan teknologi mutakhir sebagai keunggulan yang akan ditawarkannya.

Sejumlah keunggulan tersebut dapat menjadi bahan pertimbangan penting bagi siapa pun yang ingin menyegarkan perangkat lamanya dengan lini handphone Apple ini. Lini teranyar handphone buatan Apple ini sendiri secara khusus memperkenalkan diri dengan empat buah model berbeda yang terdiri dari iPhone 12 mini, reguler, Pro, dan Pro Max.

Walaupun pun begitu, keempatnya membawa keunggulan yang hampir sama kecuali pada beberapa sektor seperti kamera, ukuran, desain, dan bahan yang digunakan untuk membuat bodi belakang perangkat.

Supaya kamu tidak penasaran, mari kita bahas secara lebih rinci keunggulan-keunggulan lini iPhone 12 tersebut pada artikel kali ini.

Keunggulan Lini iPhone 12

Salah satu keunggulan yang paling mencolok dari lini iPhone 12 adalah sektor layar. Untuk pertama kalinya, Apple memutuskan untuk menggunakan panel OLED bernama Super Retina XDR ke dalam handphone-handphone buatannya.

Dengan menggunakan layar Super Retina XDR, Apple mengklaim bahwa lini iPhone 12 dapat memproduksi warna hitam dan terang yang sesungguhnya serta mampu mengakomodasi resolusi lebih tinggi.

Layar Super Retina XDR secara teknis memiliki tingkat kecerahan hingga 1.200 nits dan rasio kontras sampai dengan 2.000.000:1 yang mampu membuat tampilan gambar lebih terang, tajam, cerah, dan dramatis.

Keunggulan iPhone 12 - layar

Apalagi dengan menggunakan dukungan layar lebih maju ini pun, lini iPhone 12 dapat menggunakan fitur-fitur unggulan seperti perekaman video Dolby Vision dan pengambilan gambar Smart HDR 3 yang diklaim sangat detail.

Meskipun demikian, perlu dicatat bahwa hasil pengambilan video maupun gambar dengan perangkat di lini iPhone 12 tentunya akan menawarkan kemampuan berbeda karena masing-masing memiliki konfigurasi sistem kamera khusus.

iPhone 12 mini dan reguler misalnya menawarkan sistem kamera ganda 12 MP dengan dukungan lensa wide dan ultra-wide yang menunjang mode pengambilan gambar dalam kondisi gelap semakin bagus serta pengaturan warna, kontras, tekstur, dan saturasi otomatis lebih cerdas.

Konfigurasi kamera iPhone 12 mini dan reguler ini pun menjanjikan teknologi perekaman video HDR dari Dolby Vision yang biasanya digunakan oleh studio Hollywood serta 4K hingga 60 fps.

Sementara di bagian depannya, iPhone 12 mini dan reguler menawarkan kamera TrueDepth 12 MP yang dilengkapi dukungan mumpuni untuk pengambilan gambar dan video serta fitur Face ID.

iPhone 12 Pro dan Pro Max lebih canggih lagi dalam sektor fotografi. Kedua model ini bahkan dilengkapi dengan sistem kamera berlensa tiga (wide, ultra-wide, dan telefoto) dengan resolusi 12 MP plus sebuah sensor LiDAR sebagai keunggulan tambahan.

Keunggulan iPhone 12 - kamera

Berbekal konfigurasi tersebut, iPhone 12 Pro dan Pro Max secara khusus dapat mengambil gambar dengan tingkat pembesaran tinggi, mode potret di malam hari, serta dukungan teknologi AR lebih mumpuni.

Dua model tertinggi lini iPhone 12 ini menariknya juga mengemas teknologi OIS baru yang dirancang berdasarkan stabilisasi sensor-shift kamera DLSR dengan tingkat pengaturan 5.000 kali per detik sehingga pengambilan gambar bisa lebih stabil.

Namun tentu saja, berbagai macam dukungan di atas memerlukan kemampuan pengolahan gambar yang sangat tinggi dan lini iPhone 12 untungnya sudah menggunakan chip Apple A14 Bionic.

Secara teknis, chip generasi mutakhir Apple tersebut mengusung ISP (Image Signal Processor) modern sehingga memberikan dukungan untuk proses pengambilan gambar lebih baik seperti Dolby Vision dan Smart HDR 3 yang dibahas sebelumnya.

Apple A14 Bionic di sisi lain juga akan memberikan kemampuan premium untuk lini iPhone 12 karena disebut memiliki CPU dan GPU 50 persen lebih cepat, neural engine 80 persen lebih tangkas, serta akselerator mesin pembelajaran 70 persen lebih laju.

Oleh karena itu, secara sederhana pengguna dapat menggunakan iPhone 12 untuk berbagai macam aktivitas berat seperti bermain game atau mengolah video maupun gambar.

Keunggulan iPhone 12 - Apple A14 Bionic

Apple A14 Bionic pun merupakan chip pertama yang mengandalkan proses fabrikasi 5 nm (terkecil di industri handphone saat ini) sehingga secara teori dapat lebih efisien untuk urusan pemakaian daya.

Bahan yang dipakai Apple untuk membalut lini iPhone 12 pun bukan material sembarangan. Di bagian layar misalnya, Apple telah menggunakan Ceramic Shield (kristal keramik berukuran nano yang disusun menyerupai kaca) sebagai material tambahan.

Apple menyebut material baru tersebut memiliki tingkat ketahanan yang lebih kuat dibandingkan sebelumnya. Dalam uji cobanya, Ceramic Shield bahkan empat kali lebih tahan saat dijatuhkan dari ketinggian tertentu dibandingkan bahan kaca.

Sementara di bodi samping dan belakang lini iPhone 12, Apple membungkusnya dengan material kaca dengan balutan aluminum (iPhone 12 mini dan reguler) atau stainless steel (iPhone 12 Pro dan Pro Max).

Untuk semua model iPhone 12, Apple juga masih memberikan fitur tahan air dan debu dengan sertifikat IP68 yang diklaim memiliki standar untuk menahan tekanan air dengan kedalaman hingga 6 meter selama 30 menit.

Keunggulan iPhone 12 - Aksesori

Apple pun di sisi lain telah menambahkan fitur MagSafe anyar yang berbasis magnet. Dengan teknologi baru tersebut, lini iPhone 12 dapat ditempeli berbagai macam aksesori seperti case, dompet, atau keduanya alih-alih hanya memberikan dukungan pengisian cepat nirkabel.

Lini iPhone 12 juga membawa dukungan unggul di sisi konektivitasnya. Semua modelnya bahkan sudah mendukung teknologi Wi-Fi 6 serta Bluetooth 5 yang belum banyak dipakai di handphone-handphone pada umumnya.

Semua handphone di lini iPhone 12 sebenarnya juga memiliki dukungan teknologi jaringan generasi kelima (5G) meskipun sayang belum bisa dimanfaatkan oleh para pengguna di Indonesia.

Tinggalkan Komentar