Tips dan Trik

Fitur Dark Mode Segera Meluncur Bagi Pengguna Instagram, Begini Cara Mencobanya!

Dark Mode Instagram Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Mode gelap atau dark mode menjadi tren yang melambung tinggi beberapa waktu belakangan ini. Berbagai macam perangkat lunak kini mulai memunculkan fitur ini, tak terkecuali Instagram.

Sebagai aplikasi yang populer di kalangan anak muda, Instagram tentunya ingin para penggunanya semakin nyaman dalam pelukannya. Mode gelap menjadi satu cara yang bisa ditempuh untuk mencapai tujuan tersebut.

Selain bisa membuat aplikasi tersebut nyaman untuk digunakan di malam hari atau saat cahaya sekitar redup, mode gelap bermanfaat untuk sistem karena bisa sedikit memperpanjang usia penggunaan baterai.

Dengan mengaktifkan mode gelap, tampilan aplikasi biasanya akan didominasi oleh warna hitam, yang notabene jauh lebih sedikit membutuhkan daya ketimbang putih saat diproduksi di layar.

Apalagi jika mode tersebut digunakan pada layar-layar berjenis OLED, yang bisa menampilkan warna hitam pekat dengan mematikan setiap unit piksel, sehingga tidak memerlukan daya sekalipun.

Saat ini, mode gelap untuk Instagram sendiri masih dalam tahap pengembangan. Namun, para pengguna sudah bisa mencicipinya, karena Instagram sudah membuka tahap uji coba pemakaiannya.

Dark Mode Instagram

Bagi kamu yang belum atau tidak bergabung dalam program uji coba dari Instagram, kamu bisa mencoba fitur ini dengan menginstal APK Instagram versi alpha dari halaman berikut ini.

Pilih  salah satu file yang sesuai dengan versi sistem operasi yang digunakan. Namun jika nantinya gagal, kamu bisa mencobanya satu per satu untuk mencari mana yang cocok dan bisa digunakan.

Selanjutnya, kamu hanya perlu memasangnya seperti APK pada umumnya. Setelah terpasang, kamu bisa membukanya dan login menggunakan akunmu.

Jika tampilan masih seperti biasa, kamu bisa mengaktifkan fitur dark mode atau night mode, tergantung antarmuka Android yang kamu gunakan.

Kabar baiknya, fitur baru dari Instagram ini tidak hanya bisa digunakan oleh pengguna Android 10 dengan dark mode-nya atau Samsung One UI dengan night mode-nya. Pengguna dengan versi sistem lama pun bisa mencobanya.

Saya sendiri sudah mencobanya di Samsung Experience 9.5 – versi lama antarmuka Android buatan Samsung. Bahkan dalam hal ini, saya bahkan hanya perlu menginstal dan membukanya, tanpa mengatur apapun.

Namun sebagai catatan, tentunya tidak semua sistem operasi atau antarmuka bisa mendukung fitur ini. Dalam keterangannya, versi Instagram ini hanya bisa digunakan untuk Android 4.4 ke atas.

Tinggalkan Komentar