Berita

Mulai Nge-Vlog? Simak Konten Apa Saja Yang Lagi Tren di Tahun 2020

Mulai Nge-Vlog? Simak Konten Apa Saja Yang Lagi Tren di Tahun 2020[sumber: pixabay]

Gadgetren – Platform media sosial YouTube semakin sering diakses oleh pengguna handphone di seluruh dunia terutama saat pandemi ini. Selain untuk mencari sesuatu hal yang bermanfaat, YouTube menjadi alternatif hiburan saat semua orang melakukan aktivitas serba di rumah.

Hal ini senada dengan yang diungkapkan oleh Muril Makarim selaku Head of Larges Customer Marketing Google Indonesia dimana pada bulan April 2020 lalu telah tercatat 93 juta penonton YouTube, khususnya yang berusia 18 tahun ke atas.

“Presentase tersebut sama dengan 91% dari populasi internet yang ada di Indonesia setiap bulannya,” ujarnya dalam acara peluncuran kompetisi film pendek Galaxy Movie Studio dengan perangkat Galaxy Note20 Ultra. Muril menambahkan bahwa Indonesia memiliki segmen berbeda untuk konten YouTube.

Konten pertama yang disukai oleh penonton di Indonesia yang mulai tumbuh mencapai dua kali lipat adalah dengan kata kunci otomotif atau automotive. Saat jaga jarak, penonton yang terbiasa melihat mobil atau motor secara langsung mulai tidak bisa melakukannya dan mencoba mencari lewat YouTube berupa review-review otomotif.

Konten kedua berhubungan dengan pengetahuan dimana konten ini meningkat lebih dari 80%. Penonton yang mencari konten tersebut berhubungan dengan bisnis, sejarah, hukum, bahkan dengan ilmu pengetahuan alam dan umum.

Konten ketiga adalah konten yang hubungannya dengan baking atau dengan kata kunci “cookies” dan “kue” seperti bagaimana cara membuat kue dan sekarang mulai banyak resep menarik hadir di YouTube.¬† Konten berikutnya ialah gaming yang sebelumnya sudah sangat besar di YouTube, namun kini semakin meningkat sebanyak 50%.

Konten selanjutnya berhubungan dengan film atau hiburan yang juga meningkat dengan pesat. Kata kunci “movies” tumbuh mencapai 89%, sementara kata kunci “online movie” meningkat 40% serta kata kunci “streaming” meningkat 1,3x bersama dengan kata kunci “drama korea”, “korean drama”, dan “drakor”.

Menariknya tak hanya film produksi Netflix saja seperti film Money Heist, Alive, The World of Married  yang menjadi pencarian teratas belakangan ini, tapi juga film pendek Tilik yang menggunakan bahasa Jawa mampu mencapai 20 juta lebih penonton sejak diunggah pada 17 Agustus 2020.

Tinggalkan Komentar