Berita

HP Indonesia Berikan Layanan Untuk Lindungi Konsumen dan Mitra dari Produk Palsu Secara Online

HP-Indonesia-Lindungi-Konsumen-dan-Mitra-dari-Produk-Palsu-Secara-Online

Gadgetren – Melalui program yang bernama Anti-Counterfeiting and Fraud (ACF), HP Indonesia berupaya untuk melindungi konsumen dan mitranya dari persediaan produk HP yang palsu melalui situs belanja online yang kini sedang meningkat.

Program ini telah berhasil menyita 2,5 juta USD untuk memberantas produk palsu HP dan menghapus lebih dari 12.800 situs online dalam 7 bulan terakhir di Indonesia, Korea, Malaysia, Filipina, Thailand, Vietnam, dan Singapura.

Di Indonesia sendiri persediaan produk palsu HP mencapai USD 122.146 yang telah disita dan sebanyak 989 listingan dihapus dari situs belanja online. Sementara perdagangan barang palsu dan bajakan terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir, terhitung setidaknya 3,3% dari perdagangan global.

Untuk mengidentifikasi penjual palsu tersebut, HP telah menjelajahi jutaan halaman daftar produk online di seluruh Asia Tenggara dan Korea. dan memeriksa penggunaan citra, merek dagang, dan pengenal unik perusahaan yang dilindungi hak cipta. “Ini membantu mengidentifikasi penjual yang menipu pelanggan serta penjual yang berpura-pura menjadi pengecer resmi,” tulis HP.

Ketika penjual dipastikan menjual persediaan tinta dan toner palsu, mereka akan dilaporkan ke pasar online yang bertindak berdasarkan informasi dan menghapus daftar.

Mitra online resmi juga bekerja sama dengan HP untuk meningkatkan perlindungan merek dan mengidentifikasi asal produk tersebut untuk memastikan bahwa paparan konsumen terhadap persediaan tinta dan toner palsu berkurang.

Dalam delapan bulan terakhir, sebanyak 72 pengecer palsu telah ditangkap dalam penggerebekan dimana barang-barang lokal yang disita termasuk cartridge yang sudah jadi dan belum jadi, bahan kemasan, dan berbagai set label.

Anti-Counterfeiting-and-Fraud-ACF-HP-Indonesia.

Sementara pelanggan HP pun dapat melindungi diri mereka sendiri dengan meminta Customer Delivery Inspection (CDI) gratis. Banyak pelanggan telah mendapatkan keuntungan dari layanan ini, terutama jika ada kecurigaan bahwa mereka telah menerima persediaan tinta atau toner palsu dalam pengiriman mereka dari pengecer tidak resmi.

HP pun mengajak mitra dan konsumen agar lebih waspada dengan cara mengikuti beberapa tips di bawah ini untuk mengetahui persediaan tinta dan toner palsu.

  • Otentikasi pembelian melalui perangkat seluler dengan memindai kode QR pada kemasan.
  • Verifikasi produk secara online di hp.com/go/ok dengan memasukkan nomor seri produk.
  • Periksa keberadaan gambar holografik pada label segel pengaman.
  • Berhati-hatilah dengan metode penjualan ydan belilah hanya dari mitra penjualan resmi HP.
  • Minta persediaan tinta dan toner HP Asli.

Jika telah menduga bahwa persediaan palsu telah dibeli, segera mengunjungi hp.com/go/anticounterfeit dan klik ‘Laporkan pemalsuan’.

Tinggalkan Komentar