ASUS TUF Gaming FX507
Review Review Smartwatch

Review Galaxy Watch Active – Smartwatch Minimalis Untuk Olah Raga

Samsung Galaxy Watch Active Featured

Galaxy Watch Active
  • Layar - 10/10
    10/10
  • Performa - 8/10
    8/10
  • Baterai - 8/10
    8/10
  • Software - 10/10
    10/10
  • Desain - 9/10
    9/10
9/10

Kesimpulan

Samsung Galaxy Watch Active merupakan smartwatch yang diperuntukkan para pengguna yang selalu aktif dalam kesehariannya terutama bagi yang sering berolah raga.

Yang Disukai

  • Desain yang minimalis
  • Penuh fitur untuk monitor kesehatan
  • Mudah digunakan
  • Mendukung NFC

Yang Tidak Disukai

  • Pengisian baterai lambat
  • Permukaan strap mudah terkelupas

Gadgetren – Pasar smartwatch atau jam pintar saat ini memang tidak semeriah beberapa tahun lalu ketika banyak sekali vendor yang terjun membuatnya.

Sebagai salah satu vendor yang tetap konsisten memproduksi perangkat smartwatch, pada tahun 2019 ini Samsung menghadirkan Galaxy Watch Active yang diperkenalkan bersamaan dengan Galaxy S10.

Sesuai namanya, Galaxy Watch Active ini diperuntukkan untuk pengguna yang selalu aktif dalam kesehariannya terutama bagi yang sering berolah raga. Ada banyak sekali fitur yang berhubungan dengan fitness pada smartwatch ini yang bisa dimanfaatkan.

Maka dari itu, smartwatch ini punya desain yang terbilang lebih sederhana dan minimalis dibandingkan seri Galaxy Gear. Varian yang saya gunakan ini memiliki warna hitam doff baik untuk bodi dan strap. Tentu saja strap tersebut dapat diganti dengan warna atau model lain jika diinginkan.

Samsung Galaxy Watch Active dengan S8

Lapisan doff tersebut membuatnya terasa sangat nyaman dan lembut ketika digunakan. Ditambah lagi dengan bobotnya yang hanya 25 gram membuat Galaxy Watch Active terasa ringan yang bahkan terkadang saya melupakan kalau tengah memakainya.

Di bagian belakang smartwatch ini dapat terlihat sensor detak jantung yang akan mencatat detak jantung secara terus menerus. Tidak hanya itu saja, Galaxy Watch Active sudah memiliki sertifikat IP68 + 5ATM yang berarti tahan air maupun debu serta MIL-STD-810G untuk durabilitasnya.

Samsung Galaxy Watch Active Anti Air

Selain desain, saya juga menyukai tampilan antarmuka dari smartwatch ini. Dijalankan oleh sistem operasi Tizen OS besutan Samsung, tampilan antarmuka yang dihadirkan terbilang sangat mudah untuk dimengerti. Belum lagi banyaknya kustomisasi yang bisa dilakukan agar tampilannya sesuai dengan selera pengguna.

Proses pairing awal dari Galaxy Watch Active ke smartphone sendiri dapat saya lakukan dengan cepat dan singkat. Cukup menyalakan smartwatch, saya langsung mendapatkan notifikasi untuk melakukan pairing atau tidak ke smartphone Samsung saya.

Secara bawaan, ada berbagai Watch Face atau tampilan utama yang bisa dipilih. Saya sendiri menggunakan health dashboard karena dapat memberikan banyak informasi seperti detak jantung, cuaca, hingga sisa kapasitas baterai secara bersamaan sehingga cukup sekali lihat saja sudah bisa mengetahui hal-hal tersebut.

Samsung Galaxy Watch Active Face Watch

Watch Face tersebut dapat diganti langsung dari smartwatch atau melalui aplikasi Samsung Wearable yang tersedia di smartphone. Selain itu, bermacam tampilan Watch Face juga tersedia di Galaxy Store yang dapat diinstall.

Sayangnya, saya tidak berhasil menambahkan Watch Face dari Galaxy Store langsung dari smartwatch dikarenakan proses loading yang tidak pernah selesai. Alhasil, saya harus menggunakan aplikasi Samsung Wearable di smartphone jika ingin install Watch Face lain.

Selain Watch Face, pengguna bisa mengkustomisasi Widget apa saja yang ingin ditampilkan dari 22 pilihan yang disediakan mulai dari sekedar penghitung langkah, musik, hingga tantangan yang harus dilakukan setiap harinya.

Samsung Galaxy Watch Active Excercise

Tentu saja, Widget yang berhubugan dengan olah raga menjadi fokus utama yang Samsung hadirkan pada Galaxy Watch Active ini. Salah satunya merupakan Widget Exercise yang dapat membantu dalam hal olah raga apa yang ingin dilakukan.

Ada banyak sekali mode Exercise yang bisa diaktifkan mulai dari hiking, biking, treadmill, squats, sit-up, bahkan hingga plank. Nantinya smartwatch akan mencatat berbagai informasi seperti total kalori terbakar, detak jantuk, serta total waktu beraktivitas. Seluruh fitur olah raga tersebut langsung terintegrasi dengan aplikasi Samsung Health sebagai pusatnya.

Samsung Galaxy Watch Active Health App

Tidak hanya untuk olah raga saja, Galaxy Watch Active ini juga bisa membantu dalam hal menjaga kesehatan. Salah satu fitur yang disediakan merupakan notifikasi pengingat untuk melakukan sedikit pemanasan jika terdeteksi sudah terlalu lama tidak bergerak. Fitur yang sangat berguna bagi pekerja kantoran yang selalu duduk dalam waktu lama.

Maka dari itu, smartwatch ini akan berguna bagi semua orang baik itu yang gemar olah raga maupun pengguna biasa yang sekedar ingin menjaga tubuh tetap fit. Ditambah lagi adanya fitur Sleep Tracker yang dapat memberikan informasi mengenai seberapa baik kualitas tidur setiap malam.

Tidak hanya sebagai fitness tracker saja, Galaxy Watch Active ini juga punya fitur yang dapat membantu keseharian pengguna pada umumnya seperti notifikasi pesan atau telepom masuk, pengingat, hingga layanan Spotify. Hadirnya NFC juga memungkinkan pembayaran digital menggunakan Samsung Pay.

Samsung Galaxy Watch Active Spotify

Secara keseluruhan, saya sangat menyukai Galaxy Watch Active besutan Samsung ini karena mempunyai desain yang tidak mencolok serta berbagai fitur yang berguna untuk saya manfaatkan dalam keseharian, terutama pengingat untuk pemanasan.

Hanya saja, saya berharap daya tahan baterainya dapat ditingkatkan lagi pada generasi selanjutnya mendekati satu minggu. Walaupun smartwatch ini mampu bertahan hingga dua hari, namun terbilang cukup merepotkan untuk sebuah jam tangan.

Pengisian dayanya pun terbilang lambat sehingga akan sedikit merepotkan khususnya bagi yang punya banyak perangkat elektronik lain yang juga harus cas ulang setiap hari.

Tentang penulis

Fauzi Rasyad

Editor Gadgetren yang telah berkecimpung sebagai penulis seputar teknologi sejak tahun 2015. Dunia komputer hingga smartphone sudah cukup lama ia geluti karena memang tertarik melihat perkembangan teknologi yang semakin canggih dari tahun ke tahun.

Tinggalkan Komentar