ASUS TUF Gaming FX507
Berita

Tri Indonesia x NTT DOCOMO, INC Benahi Ketidakstabilan Jaringan di Gedung Tinggi

Tri-Indonesia-x-NTT-DOCOMO-INC-Benahi-Ketidakstabilan-Jaringan-di-Gedung-Tinggi

Gadgetren – Konektivitas di gedung-gedung tinggi seringkali tidak stabil karena lebih rentan terhadap gangguan sinyal. Hal inilah yang dirasakan oleh Tri Indonesia belakangan ini lantaran pemberlakuan adaptasi kebiasaan baru.

Disebabkan oleh semakin banyaknya kantor yang menerapkan aturan okupansi 50% untuk mengurangi risiko penyebaran COVID-19, kini sebagian pegawai yang bekerja di gedung kantor harus berkoordinasi dengan koleganya yang bekerja di rumah secara online.

Oleh karenanya untuk meningkatkan cakupan jaringan dan pengalaman pelanggan selama masa adaptasi kebiasaan baru, Tri Indonesia tengah berkolaborasi dengan NTT DOCOMO, INC. dalam mengimplementasikan teknologi Narrow Beam Antenna yang mampu mengatasi ketidakstabilan jaringan di gedung-gedung tinggi.

Teknologi ini dipasang di atas menara seluler untuk meningkatkan kekuatan dan penetrasi sinyal ke dalam ruangan (indoor) di dalam gedung. Hasilnya, lantai-lantai tinggi di dalam gedung mendapatkan penguatan sinyal dan pelanggan dapat menikmati jaringan yang lebih kuat dan stabil.

Adapun solusi Narrow Beam Antenna kini telah diimplementasikan di enam area Jabodetabek yang terdiri dari Kuningan, Casablanca, Pancoran, Jatinegara, Meruya, dan Bintaro.

Desmond Cheung selaku Chief Technical Officer of Hutchison Tri Indonesia menuturkan bahwa sebagian besar dari lalu lintas data di area metropolitan berasal dari dalam ruangan (indoor).

Teknologi Narrow Beam Antenna memungkinkan pihaknya untuk meningkatkan cakupan jaringan dalam ruangan di beberapa gedung secara efektif dan di saat yang bersamaan tanpa harus memasang perangkat small cells di masing-masing gedung.

“Hasilnya, lebih banyak pengguna yang bekerja dan tinggal di gedung-gedung tinggi dapat menikmati koneksi internet yang lebih baik. Kami bangga dapat membawa teknologi mutakhir ini lewat kolaborasi dengan NTT DOCOMO yang merupakan world leader dalam meningkatkan pengalaman pengguna, terutama dalam ruangan,” ujarnya.

Visualisasi-Cara-Kerja-Narrow-Beam-Antenna-Tri-Indonesia.

Sebagai tambahan informasi, NTT DOCOMO telah mengimplementasikan berbagai solusi di Jepang guna memberikan kualitas pelayanan seluler terbaik dan cakupan jaringan terluas.

Solusi Narrow Beam Antenna dianggap sebagai solusi yang punya pasar khusus, namun mudah diimplementasikan untuk memberikan kualitas jaringan yang kuat dan stabil di lantai atas gedung-gedung tinggi sekitar menara seluler yang dilengkapi dengan teknologi ini.

Solusi ini menurut Keisuke Yoshizawa selaku Executive General Manager, Global Business Division NTT DOCOMO, INC dipercaya lebih efisien dibandingkan dengan cara-cara konvensional seperti pemasangan IBS (in-building solution) dan antena outdoor di masing-masing gedung.

“Menyusul kesuksesan kami dalam menerapkan solusi ini di Jepang dan beberapa negara lainnya di Asia, NTT DOCOMO sangat senang dapat berkolaborasi dengan Hutchison 3 Indonesia untuk membawa solusi ini dan memberi pelayanan terbaik bagi pengguna jaringan 3 di Indonesia,” tutupnya.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar