Tips dan Trik

Apa Itu Label Docomo Yang Ditemukan di Smartphone?

Xperia NTT DoCoMo Header

Gadgetren – Indonesia sebagai negara berkembang menjadi salah satu pasar target utama para vendor smartphone untuk menjual produk mereka.

Dengan semakin banyaknya jenis smartphone yang bermunculan tentu ada keinginan untuk mendapatkan smartphone dengan spesifikasi tinggi. Namun, smartphone yang dijual secara resmi mempunyai harga yang tidak murah karena beberapa alasan.

Nah hal ini menjadi celah untuk para penjual untuk menghadirkan barang dengan harga lebih murah, entah itu KW, import, seken, refurbish, atau lainnya karena keinginan pembeli untuk mendapatkan smartphone tersebut. Belakangan ini smartphone dengan label NTT DoCoMo tengah menjadi perbincangan bagi yang gemar membeli smartphone.

Gadgetren kali ini akan memberikan penjelasan singkat mengenai apa itu DoCoMo dan apakah baik untuk membelinya.

Apa itu NTT DoCoMo yang ada pada smartphone?

NTT DoCoMo adalah salah satu operator penyedia layanan telekomunikasi seluler yang beroperasi di Jepang. Jadi smartphone yang menggunakan label DoCoMo sudah dapat dipastikan kalau aslinya merupakan barang asal Jepang dan import.

Jadi NTT DoCoMo bukan lah pembuat smartphone langsung melainkan melabel ulang smartphone dari vendor seperti Sony. Di Indonesia sendiri ada beberapa Andromax yang sebenarnya dibuat oleh HiSense, namun dilabeli dan dijual khusus oleh Smartfren.

Kenapa bisa ada label begitu?

Layaknya operator di Indonesia, DoCoMo mempunyai program bundling smartphone dan kartu sim dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan smartphone terbuka. Maka dari itu smartphone dengan label DoCoMo seharusnya tidak diperbolehkan untuk menggunakan kartu SIM lain.

Sebenarnya smartphone import model seperti ini sudah lama ada contohnya Apple iPhone AT&T dari Amerika. Hanya saja mungkin tidak banyak orang yang mengetahuinya karena lebih dikenal sebagai garansi internasional untuk iPhone.

Apakah aman?

Smartphone berlabel NTT DoCoMo merupakan asli dan bukan KW atau replica sehingga dari segi performa dan fitur kamu akan mendapatkan sebagaimana harusnya. Walaupun begitu ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dan mengerti sebelum membelinya.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, smartphone NTT DoCoMo aslinya memiliki kartu SIM terkunci. Untuk bisa digunakan di Indonesia, kamu harus memastikan terlebih dahulu kalau smartphone tersebut sudah unlock dan bisa digunakan untuk kartu SIM di Indonesia.

Tentu saja karena ini merupakan barang import, kamu tidak bisa mengunjungi service center resmi jika terjadi kerusakan. Di samping tentu saja kelebihan dari smartphone NTT DoCoMo terletak pada harganya yang lebih murah dibandingkan kamu membeli versi resmi.

Leave a Comment

2 Comments