Laptop Review

Review HP 14s-dk1001au – Tampil Profesional dengan Kinerja Handal dan Baterai Tahan Lama

Review HP 14s-dk1001au Header

Gadgetren – Di tengah pandemi yang mengharuskan orang bekerja maupun belajar dari rumah, laptop HP 14s mungkin bisa menjadi perangkat yang membantu kamu dalam beraktivitas.

Tim Gadgetren kali berkesempatan menguji HP 14s-dk1001au yang menawarkan desain cukup elegan dan profesional dengan harga retail senilai Rp 4.599.000. Dibalut oleh permukaan layaknya tekstur satin berwarna emas, laptop ini memiliki desain yang stylish dan sangat enak dipandang.

Engselnya pun tersembunyi dengan baik ketika laptop ditutup. Hadir dalam dimensi 32,4 x 22,59 x 1,99 cm, HP 14s akan mudah untuk dibawa atau digunakan di mana saja karena bodinya didesain secara ramping dan ringan untuk memberikan portabilitas lebih tinggi.

Review HP 14s-dk1001au Port Kanan

Pada bagian penampangnya terdapat logo klasik HP dengan aksen krom yang sudah menjadi ciri khas dari produk HP. Sementara itu terdapat port USB-C dan SD Card Reader pada samping kiri serta dua port USB-A, HDMI, Ethernet, audio combo, dan DC in pada samping kanan.

Ketika dibuka, HP 14s mempunyai layar dengan bezel yang masih besar. Layarnya sendiri memiliki bentang 14 inci dengan resolusi HD 1366 x 768 piksel layaknya kebanyakan laptop mainstream lainnya di kelas ini.

Review HP 14s-dk1001au Layar

Layar tersebut mampu menampilkan gambar dengan kualitas yang cukup tajam serta warna yang cerah berkat tingkat kecerahan yang mencapai 220 nits. Hanya saja layar HP 14s memiliki permukaan glossy tanpa adanya lapisan anti-glare sehingga konten terkadang sulit akibat pantulan cahaya lampu atau matahari.

Di bawah layar tersebut ada keyboard dengan lampu backlit berwarna putih yang nyaman untuk digunakan mengetik. Walaupun bukan keyboard terbaik dari laptop HP yang pernah saya coba, namun setiap tombol punya jarak yang pas dan travel distance yang baik sehingga masih terasa nyaman.

Review HP 14s-dk1001au Keyboard Touchpad

Bersamaan dengan itu ada touchpad cenderung yang lebar ke samping serta dua tombol fisik sebagai klik kiri dan kanan untuk memberikan umpan balik yang lebih terasa. Touchpad tersebut terasa cukup responsif dan ukurannya yang lebar membuat jari dapat menelusur lebih mudah.

Untuk menunjang kebutuhan video call seperti yang banyak dilakukan di masa pandemi ini, HP 14s juga dilengkapi webcam HP TrueVision HD yang terletak di bagian atas layar. Kualitas dari kamera tersebut agak sedikit gelap, namun masih memungkinkan untuk digunakan telekonferensi atau video call jika keadaan cahaya dibuat seoptimal mungkin.

Review HP 14s-dk1001au Camera

Untuk dapur pacunya, HP 14s ditenagai oleh prosesor AMD Athlon Silver 3050U yang memiliki 2 Core dan 2 Thread dengan max boost clock mencapai 3.2 GHz. Melengkapi prosesor tersebut terdapat RAM DDR 4GB dan penyimpanan SSD 256GB.

Kombinasi ini memungkinkan HP 14s memberikan performa yang mulus ketika digunakan dalam keseharian. Solusi penyimpanan SSD menjadi peningkatan signifikan dibandingkan laptop mainstream di kelas ini yang masih menggunakan HDD karena mampu mempersingkat proses loading dan membuat sistem operasi menjadi lebih responsif.

Review HP 14s-dk1001au HWiNFO

Tentunya RAM 4GB juga sudah mencukupi untuk multitasking dasar saat ini. Namun yang menjadi sorotan utama adalah prosesor AMD Athlon Silver yang sudah menggunakan arsitektur Zen berfabrikasi 14nm sehingga mampu memberikan performa mumpuni sambil punya konsumsi daya optimal.

Belum lagi, prosesor tersebut sudah dilengkapi juga dengan Radeon Graphics untuk menjalankan berbagai konten multimedia dengan lebih lancar. Ditambah lagi, HP 14s juga tidak terlalu bising dan cukup adem ketika menjalankan aplikasi berat.

Dengan begitu laptop ini dapat digunakan untuk menjalankan berbagai aplikasi masa kini seperti Microsoft Team untuk telekonferensi atau aplikasi kantoran lainnya yang membutuhkan kemampuan olah grafis secara lebih baik.

Review HP 14s-dk1001au Benchmark

Hal ini pun dibuktikan dengan pencapaian skor sebesar 2.528 poin ketika diuji menggunakan PCMark 10 yang menyimulasikan beban kerja dari pengguna kantoran. Pada Cinebench R20, HP 14s dengan AMD Athlon Silver 3050U berhasil mendapatkan skor 558 poin.

Sementara jika ingin menikmati hiburan seperti bermain game Esport juga masih tergolong memungkinkan. Ketika diuji untuk memainkan Counter Strike: Global Offensive, laptop ini mampu menjalankannya pada kualitas grafis Low dengan 30-35 fps.

Review HP 14s-dk1001au CSGO

Secara keseluruhan, HP 14s-dk1001au berhasil memberikan pengalaman komputasi yang nyaman dan mulus dalam keseharian. Menjalankan sistem operasi Windows 10 secara bawaan, laptop ini dipastikan dapat memenuhi kebutuhan pengguna modern pada umumnya baik itu untuk belajar, bekerja, maupun hiburan.

Tidak hanya performa, laptop ini juga punya daya tahan baterai yang tidak bisa dihiraukan. Melalui pengujian PCMark 8 pada mode Work, kecerahan layar dan backlit keyboard 50%, serta dimulai dari baterai 100%, HP 14s mampu mendapatkan skor 6 jam 52 menit. Sementara untuk pengisian dari 18% ke 100% memakan waktu sekitar 2 jam.

Review HP 14s-dk1001au Baterai

Angka tersebut bisa dikatakan jauh di atas rata-rata laptop mainstream di kelasnya yang kebanyakan hanya bertahan sekitar 3 jam saja. Hal ini pun mempertegas kemampuan AMD Athlon Silver 3050U dalam menghemat konsumsi daya. Dengan begitu, laptop ini dapat digunakan di mana saja tanpa perlu harus repot selalu mencari colokan listrik.

Untuk menunjang aktivitas penggunanya, HP 14s juga dibekali dengan beberapa aksesoris tambahan dalam paket penjualannya. Tas HP 15.6 Value Top Load akan memudahkan HP 14s untuk dibawa bekerja atau kuliah dan membuatnya lebih terlindungi.

Review HP 14s-dk1001au Aksesoris

Tas tersebut memiliki bahan kanvas dengan lapisan anti air di bagian dalam dan punya beberapa tempat penyimpanan untuk buku maupun pulpen. Selain itu terdapat juga HP Wireless Mouse 200 berukuran mungil yang memiliki 1.000 DPI dan menggunakan konektivitas 2.4GHz untuk navigasi yang lebih optimal.

Secara keseluruhan, HP 14s-dk1001au bisa menjadi pilihan bagi kamu yang menginginkan sebuah laptop yang bisa diandalkan karena memiliki kinerja mumpuni dengan daya tahan baterai lama sehingga bisa lebih bebas saat harus bekerja atau belajar dimanapun.

Belum lagi laptop ini juga dilengkapi berbagai dukungan software seperti HP JumpStart dan HP Hardware Diagnostic untuk menjaganya tetap prima. Setelah masa pandemic selesai, HP 14s juga akan tetap relevan untuk dibawa dalam berbagai kondisi berkat desainnya yang profesional dan portabel.

Tinggalkan Komentar