Smartphone

Xiaomi Redmi 9A Vs Redmi 8A – Apa Saja Peningkatannya?

Xiaomi Redmi 9A Vs Redmi 8A Header

Gadgetren – Redmi 9A merupakan penerus dari Redmi 8A yang telah secara resmi hadir di Indonesia dengan membawa baterai berkapasitas besar.

Selain itu, Redmi 9A mengalami peningkatan di bagian kamera belakang dan layar dibandingkan dengan Redmi 8A. Namun terdapat juga penurunan di beberapa bagian dibandingkan generasi sebelumnya.

Untuk dapur pacunya, Xiaomi Redmi 9A menggunakan chipset MediaTek Helio G25 Octa-Core 2 GHz yang sedikit lebih cepat dibandingkan dengan Qualcomm Snapdragon 439 Octa-Core milik Redmi 8A.

Redmi9A-Feature

Redmi 9A mempunyai dua varian yang terdiri dari RAM 2 GB + ROM 32 GB seharga Rp 1.199.000 dan RAM 3 GB +ROM 32 GB seharga Rp 1.299.000. Bisa dibilang harganya saat awal diluncurkan lebih murah dibandingkan dengan Redmi 8A dengan RAM 2 GB + ROM 32 GB seharga Rp 1.399.000.

Seiring berjalannya waktu, kini harga Redmi 8A sudah menjadi lebih murah mencapai Rp 1.199.000. Beralih ke sumber energi kehidupannya, kedua smartphone ini sama-sama menggunakan baterai berkapasitas 5.000mAh berjenis Lithium Polymer.

Apabila Redmi 8A dibekali dengan 18W Fast Charging, maka Redmi 9A hanya dilengkapi dengan 10W Charging. Sebagai smartphone entry-level, keduanya sama sekali tidak dilengkapi dengan sensor fingerprint. Walaupun begitu, terdapat fitur Face Unlock untuk membuka kunci layar dengan wajah.

Redmi-8A-Back-Diagonal

Kedua smartphone ini mempunyai layar HD+ dengan desain penuh ditambah poni berbentuk waterdrop di bagian atasnya. Namun Redmi 9A mempunyai lebar 6,53 inci yang sedikit lebih besar dibandingkan Redmi 8A dengan bentang 6,22 inci.

Kamera depan Redmi 9A mempunyai resolusi 5 MP, sedikit menurun dibandingkan dengan Redmi 8A yang mencapai 8 MP. Namun, kamera belakang smartphone terbaru Xiaomi ini hadir dengan resolusi 13 MP sehingga meningkat dibandingkan generasi sebelumnya yang masih 8 MP.

Redmi-8A-Back-Display

Bodi dari Redmi 8A dan Redmi 9A sama-sama dibuat dari bahan polikarbonat, namun didesain dengan cukup menarik sehingga tidak terlihat murahan. Tak ketinggalan juga dukungan dua kartu SIM, jaringan 4G-LTE, WiFi, Bluetooth, dan MIUI 12 berbasiskan Android 10 telah disematkan pada kedua smartphone ini.

Bisa dibilang penurunan beberapa spesifikasi Redmi 9A ini karena ingin memberikan harga awal yang lebih murah dibandingkan dengan Redmi 8A. Namun apakah penurunan tersebut merupakan sesuatu hal yang penting atau tidak akan menjadi keputusan kamu sendiri.

Tinggalkan Komentar