Tips dan Trik

Bingung Apa Itu Istilah Luring dan Daring? Ini Penjelasannya

Apa itu luring dan daring Header[Ilustrasi: Pixabay]

Gadgetren – Kata Luring dan Daring sering kali ditemukan ketika berhubungkan dengan internet dan tidak semua orang sudah mengenal kedua istilah tersebut.

Sebenarnya Luring mempunyai singkatan Luar Jaringan atau lebih lumrah dengan istilah Offline, sedangkan Daring memiliki singkatan Dalam Jaringan yang sama dengan istilah Online.

Dengan kata lain, Daring menunjukkan suatu keadaan komputer atau perangkat mobile yang sedang terhubung ke sebuah jaringan internet. Sementara Luring menunjukkan bahwa komputer atau perangkat mobile sedang terputus dari dunia internet.

Laptop Lenovo 5 Jutaan Ideapad IP330

Pada saat pandemi COVID-19, seluruh kegiatan belajar dan bekerja dilakukan dari rumah melibatkan sistem Daring. Misalnya saja kamu menggunakan aplikasi video conference Zoom, Google Meet, CISCO Webex, atau Microsoft Team untuk melakukan rapat rutin dari rumah.

Sementara kamu juga bisa sekolah atau kuliah tatap muka menggunakan aplikasi video conference tersebut. Bahkan lebih praktis lagi, sudah banyak bermunculan layanan pembelajaran di Indonesia seperti Quipper, Rumah Belajar, Ruangguru, dan lainnya yang dapat diakses secara Daring.

Sistem Daring atau Online ini memudahkan kamu untuk bertatap muka secara jarak jauh dengan keluarga, teman, rekan bisnis, maupun relasi lainnya melalui video call di smartphone maupun komputer.

Bahkan kini untuk menikmati hiburan dari rumah pun, kamu sudah bisa mengakses musik atau video streaming secara Daring melalui aplikasi populer seperti Spotify, JOOX, Netflix, YouTube, VIU, IQIYI, dan masih banyak.

OPPO Watch with Reno4

Sementara game masa kini yang hadir di smartphone atau komputer pun sudah melibatkan sistem Daring, dimana kamu bisa bertarung dengan teman maupun pemain lainnya langsung dari rumah masing-masing tanpa harus berkumpul di tempat yang sama.

Berbeda halnya dengan Luring, kamu biasanya dapat pergi ke kantor untuk bekerja maupun bertemu dan rapat dengan rekan kerja serta bos. Hal ini pun hampir sama dengan kegiatan belajar mengajar yang dilakukan di dalam kelas, dimana terjadi interaksi tatap muka secara langsung antara guru dan murid.

Bisa dibilang istilah Daring dan Luring memang jarang kita dengar dibandingkan dengan Online dan Offline. Namun intinya, Daring mengacu pada Online dan Luring mengacu pada Offline sehingga diharapkan kamu tidak bingung lagi di kedua istilah tersebut setelah membaca artikel ini.

Tinggalkan Komentar