Smartphone

realme 6 vs Redmi Note 8 Pro – Mirip, Tapi Apa Bedanya?

review realme 6 tampilan belakang

Gadgetren – Sejak diluncurkan bulan Maret 2020 silam, realme 6 menjadi salah satu smartphone yang diburu oleh sebagian masyarakat Indonesia karena mempunyai spesifikasi hardware kelas menengah dengan harga terjangkau.

Sebagai smartphone yang belum lama hadir, realme 6 dibekali dengan chipset bertenaga dan dukungan empat kamera yang mempunyai banyak fungsi. Hal inilah yang membuat sebagian orang di Indonesia merasa penasaran mengenai perbandingannya dengan Redmi Note 8 Pro.

Kedua smartphone ini sama-sama diotaki chipset MediaTek Helio G90T Octa-Core 2,05 GHz yang mempunyai performa bertenaga di kelas menengah. Di satu sisi, realme 6 hadir dengan varian RAM 4 GB + ROM 128 GB seharga RP 3,3 juta dan RAM 8 GB + ROM 128 GB seharga Rp 3,7 juta.

review realme 6 gaming

Sementara di sisi lain, Redmi Note 8 Pro mempunyai varian RAM 6 GB + ROM 64 GB seharga Rp 2,8 juta dan RAM 6 GB + ROM 128 GB seharga Rp 3,3 juta. Terlihat bahwa realme 6 mempunyai varian RAM paling besar dengan kapasitas 8 GB.

Dari sektor baterai, Redmi Note 8 Pro hadir dengan kapasitas 4.500mAh yang sedikit lebih besar dibandingkan dengan realme 6 berkapasitas 4.300mAh. Fitur 30W Flash Charge milik realme 6 akan lebih cepat mengisi daya baterai dibandingkan 18W Fast Charging milik Redmi Note 8 Pro.

Soal urusan fotografi, kedua smartphone ini sama-sama membawa empat kamera dengan konfigurasi kamera utama 64 MP, ultrawide 8 MP, dan makro 2 MP. Sementara perbedaannya terdapat pada kamera mono 2 MP pada realme 6 dan kamera sekunder 2 MP milik Redmi Note 8 Pro.

Xiaomi Redmi Note 8 Pro 1

Beralih ke bagian depan, kedua smartphone ini sama-sama mempunyai layar 6,5 inci dengan resolusi Full HD+ (2340 x 1080 piksel) dan teknologi IPS. Apabila realme 6 dilindungi Corning Gorilla Glass 3, maka berbeda dengan Redmi Note 8 Pro yang sudah dibekali Corning Gorilla Glass 5.

Yang membedakan, realme 6 menggunakan layar dengan desain penuh yang mempunyai punch hole di kiri atasnya. Namun Redmi Note 8 Pro hadir dengan layar penuh yang dihiasi poni berbentuk tetesan air di tengah atasnya. Kedua produk ini sama-sama telah dibekali dengan sensor fingerprint di bagian samping dan fitur Face Unlock.

Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Di antara keduanya, hanya Redmi Note 8 Pro yang mempunyai dukungan NFC. Hadirnya fitur ini memungkinkan penggunanya dapat melakukan pembayaran digital, mengecek atau mengisi e-money, mentransfer data, dan masih banyak lagi secara langsung dari smartphone.

Tak lupa juga sistem operasi Android 10, dukungan dua kartu SIM, jaringan 4G-LTE, WiFi, Bluetooth, dan GPS telah dibenamkan pada kedua perangkat ini. Bisa dibilang perbedaan fitur dan spesifikasi hardware di antara realme 6 dan Redmi Note 8 Pro ini tipis sekali sehingga kamu dapat menyesuaikan pilihannya dengan dana yang dimiliki.

Tinggalkan Komentar

2 Komentar