ASUS ZenBook Pro 14 Duo OLED UX8402
Smartphone

realme 6 vs Redmi Note 8 Pro – Mirip, Tapi Apa Bedanya?

review realme 6 tampilan belakang

Gadgetren – Sejak diluncurkan bulan Maret 2020 silam, realme 6 menjadi salah satu smartphone yang diburu oleh sebagian masyarakat Indonesia karena mempunyai spesifikasi hardware kelas menengah dengan harga terjangkau.

Sebagai smartphone yang belum lama hadir, realme 6 dibekali dengan chipset bertenaga dan dukungan empat kamera yang mempunyai banyak fungsi. Hal inilah yang membuat sebagian orang di Indonesia merasa penasaran mengenai perbandingannya dengan Redmi Note 8 Pro.

Kedua smartphone ini sama-sama diotaki chipset MediaTek Helio G90T Octa-Core 2,05 GHz yang mempunyai performa bertenaga di kelas menengah. Di satu sisi, realme 6 hadir dengan varian RAM 4 GB + ROM 128 GB seharga RP 3,3 juta dan RAM 8 GB + ROM 128 GB seharga Rp 3,7 juta.

review realme 6 gaming

Sementara di sisi lain, Redmi Note 8 Pro mempunyai varian RAM 6 GB + ROM 64 GB seharga Rp 2,8 juta dan RAM 6 GB + ROM 128 GB seharga Rp 3,3 juta. Terlihat bahwa realme 6 mempunyai varian RAM paling besar dengan kapasitas 8 GB.

Dari sektor baterai, Redmi Note 8 Pro hadir dengan kapasitas 4.500mAh yang sedikit lebih besar dibandingkan dengan realme 6 berkapasitas 4.300mAh. Fitur 30W Flash Charge milik realme 6 akan lebih cepat mengisi daya baterai dibandingkan 18W Fast Charging milik Redmi Note 8 Pro.

Soal urusan fotografi, kedua smartphone ini sama-sama membawa empat kamera dengan konfigurasi kamera utama 64 MP, ultrawide 8 MP, dan makro 2 MP. Sementara perbedaannya terdapat pada kamera mono 2 MP pada realme 6 dan kamera sekunder 2 MP milik Redmi Note 8 Pro.

Xiaomi Redmi Note 8 Pro 1

Beralih ke bagian depan, kedua smartphone ini sama-sama mempunyai layar 6,5 inci dengan resolusi Full HD+ (2340 x 1080 piksel) dan teknologi IPS. Apabila realme 6 dilindungi Corning Gorilla Glass 3, maka berbeda dengan Redmi Note 8 Pro yang sudah dibekali Corning Gorilla Glass 5.

Yang membedakan, realme 6 menggunakan layar dengan desain penuh yang mempunyai punch hole di kiri atasnya. Namun Redmi Note 8 Pro hadir dengan layar penuh yang dihiasi poni berbentuk tetesan air di tengah atasnya. Kedua produk ini sama-sama telah dibekali dengan sensor fingerprint di bagian samping dan fitur Face Unlock.

Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Di antara keduanya, hanya Redmi Note 8 Pro yang mempunyai dukungan NFC. Hadirnya fitur ini memungkinkan penggunanya dapat melakukan pembayaran digital, mengecek atau mengisi e-money, mentransfer data, dan masih banyak lagi secara langsung dari smartphone.

Tak lupa juga sistem operasi Android 10, dukungan dua kartu SIM, jaringan 4G-LTE, WiFi, Bluetooth, dan GPS telah dibenamkan pada kedua perangkat ini. Bisa dibilang perbedaan fitur dan spesifikasi hardware di antara realme 6 dan Redmi Note 8 Pro ini tipis sekali sehingga kamu dapat menyesuaikan pilihannya dengan dana yang dimiliki.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar

2 Komentar