Berita

Ajak UMKM Go Digital, 120 Pelaku Usaha Telah Bergabung dalam Ekosistem Gojek

Melaju-Bersama-Gojek-Header.

Gadgetren – Menyambut peringatan hari Nasional UMKM Indonesia pada 12 Agustus 2020, Gojek baru saja meluncurkan situs melajubersamagojek.com sebagai solusi inklusif dan komprehensif bagi UMKM Indonesia untuk go-digital.

Dalam situs tersebut, para pelaku UMKM bisa mendapatkan solusi ekosistem Gojek yang paling tepat sesuai dengan bisnis mereka dipandu oleh rangkaian angket sederhana. Berbagai ragam solusi inklusif dari hulu ke hilir dihadirkan pada ekosistem Gojek untuk para pelaku UMKM.

Selain solusi teknologi, dukungan Gojek kepada UMKM turut diberikan melalui sederet program pelatihan dan peningkatan kapasitas seperti Gojek Wirausaha, Go-Nusantara, Komunitas Laris Manis GoSend, dan Komunitas Partner GoFood (KompaG).

Inisiatif #MelajuBersamaGojek juga diperkuat dengan semangat gotong royong melalui kolaborasi erat. Salah satunya dengan turut berpartisipasi aktif mengkampanyekan gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI), memperluas akses pelaku pasar tradisional, serta menjalin kerja sama dengan Himpunan Bank Milik Negara (HIMBARA).

Andre Soelistyo selaku Co-CEO Gojek mengatakan bahwa dalam empat bulan terakhir ini terdapat 120 ribu UMKM baru yang bergabung ke dalam ekosistem Gojek dan mempertahankan bisnisnya di tengah situasi pandemi.

Riset Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) menemukan 94 persen dari UMKM yang beralih go-digital dan bergabung ke dalam ekosistem Gojek di tengah pandemi adalah usaha mikro dan hampir 43 persen adalah pengusaha pemula.

“Sangatlah penting bagi UMKM konvensional untuk bertransformasi menjadi usaha digital agar mereka bisa beradaptasi sesuai perubahan perilaku konsumen yang kini lebih banyak menggunakan platform digital untuk memenuhi segala kebutuhan,” ujarnya.

Infografik-MelajuBersamaGojek

Riset LD FEB UI juga mengungkapkan bahwa mayoritas 86 persen UMKM di luar ekosistem Gojek seperti bengkel dan pedagang pasar mengalami peningkatan volume transaksi setelah ada Gojek di kotanya. Tidak hanya itu, sebagian dari mereka juga dapat membuka cabang usaha baru karena kehadiran Gojek.

Dalam kesempatan yang sama, Arif Rahman Hakim selaku Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia Kemenkop & UKM mengungkapkan bahwa melalui peluncuran #MelajuBersamaGojek, ia berharap digitalisasi UMKM akan terus didorong sampai akhir tahun ini sebagaimana yang ditargetkan pemerintah.

“Saya mengajak pelaku UMKM yang belum bergabung secara online dapat memanfaatkan berbagai keunggulan teknologi platform digital seperti Gojek dan platform lainnya dengan optimisme perekonomian bisa tumbuh,” jelasnya.

Tinggalkan Komentar