Smartphone Sponsored Content

Evolusi Galaxy Note, Seri Ponsel yang Memulai Tren Ponsel Berukuran Besar

Samsung Galaxy Note20 Ultra

Ketika Samsung meluncurkan ponsel Galaxy Note pertama mereka pada tahun 2011 lalu, muncul sebuah istilah “phablet” untuk menandakan sebuah ponsel yang berukuran besar. Tidak seperti sekarang, di masa tersebut kebanyakan ponsel masih berukuran agak kecil.

Awalnya ada beberapa yang menyangsikan bahwa Galaxy Note dapat sukses di pasaran karena ukurannya yang besar, namun Samsung berhasil membuktikan mereka salah. Nyatanya pengguna ponsel senang dengan ponsel berukuran besar.

Melalui seri Galaxy Note, Samsung telah membuka jalan untuk tren ponsel berukuran besar yang masih berlangsung hingga saat ini.

Kini sudah ada 10 generasi Galaxy Note dan di setiap generasinya Samsung menghadirkan berbagai peningkatan untuk menyempurnakan seri Galaxy Note.

Samsung Galaxy Note

Sejarah seri Galaxy Note tentu dimulai dengan Galaxy Note generasi pertama yang dirilis sembilan tahun lalu. Galaxy Note menggunakan layar Super AMOLED berukuran 5,3 inci dan ditenagai oleh prosesor Exynos 4 yang membuat penggunanya dapat melakukan multitasking pada dua layar perangkat sekaligus.

RAM yang disediakan sebesar 1GB yang mana bisa dibilang besar pada masanya. Baterainya berkapasitas 2.500 mAh dan dapat dibongkar pasang. Galaxy Note juga menyediakan S Pen untuk aktivitas tulis menulis yang menjadi karakteristik seri Galaxy Note hingga kini.

Sejak dirilisnya Galaxy Note pertama, Samsung rutin merilis generasi terbaru Galaxy Note tiap tahunnya. Dan di generasi keempat dengan Galaxy Note4, Samsung menghadirkan ponsel pertama mereka dengan layar Super AMOLED QHD (1440 x 2560 piksel). Layar beresolusi tinggi ini membuat tampilan layar ponsel menjadi lebih tajam.

Samsung Galaxy Note Edge

Dirilis bersamaan dengan Galaxy Note4, Galaxy Note Edge memiliki spesifikasi yang mirip namun dengan satu keunikan menonjol yaitu sisi kanan layar ponselnya melengkung.

Layar melengkung di Galaxy Note Edge menjadi inspirasi Samsung dalam menghadirkan teknologi Full-View Display pada ponsel Samsung berikutnya. Dengan layar melengkung ini Samsung juga berhasil menghadirkan tren layar melengkung yang populer hingga saat ini.

Samsung Galaxy Note5

Di Galaxy Note5, Samsung menghadirkan pembaruan besar dari sisi desain. Ponselnya kini menggunakan material kaca di bagian depan dan belakang ponsel dengan frame aluminium.

Galaxy Note5 juga menggunakan prosesor Exynos 7420 dengan fabrikasi 14nm FinFET pertama di dunia saat itu. Berkat Exynos 7420, Galaxy Note5 menyajikan performa yang kencang dan umur baterai yang lebih panjang.

Samsung Galaxy Note8

Samsung kembali menghadirkan pembaruan teknologi layar secara signifikan pada Galaxy Note8. Layarnya berukuran 6,3 inci yang memenuhi bagian depan ponsel. Tidak ada lagi tombol navigasi fisik pada ponselnya. Desainnya menjadi lebih ramping sehingga ponselnya tetap nyaman digenggam walau layarnya berukuran besar.

Untuk menunjang layar Galaxy Note8 yang besar, Samsung menggunakan RAM 6GB LPDDR4 dengan prosesor berteknologi pemrosesan 10nm yang diproduksi sendiri oleh Samsung.

Galaxy Note8 juga menjadi ponsel seri Galaxy Note pertama yang menggunakan konfigurasi kamera belakang ganda yang mana satunya adalah kamera utama Wide dan satu lagi kamera telephoto.

Samsung Galaxy Note9

Di Galaxy Note9, Samsung menghadirkan S Pen jenis baru yang menggunakan teknologi bluetooth sehingga menyajikan penggunaan yang lebih luas dibandingkan dengan S Pen generasi sebelumnya.

Ditambah lagi Galaxy Note9 menggunakan baterai berkapasitas besar 4.000 mAh yang dapat diisi dayanya dalam waktu hanya sekitar 100 menit.

Samsung Galaxy Note10

Galaxy Note10 menghadirkan teknologi layar AMOLED baru yaitu Dynamic Super AMOLED Display dengan tampilan layar yang semakin memenuhi area depan ponsel dan bezel yang sangat minim.

Galaxy Note10 juga menjadi seri Galaxy Note pertama yang menggunakan pemindai sidik jari bawah layar ultrasonik. Selain itu Galaxy Note10 menggunakan RAM besar 12GB dengan teknologi LPDDR4x.

Samsung Galaxy Note20 Ultra

Sekarang, Samsung semakin menyempurnakan seri Galaxy Note mereka dengan dirilisnya Galaxy Note20 dan Galaxy Note20 Ultra. Ponsel ini ditenagai oleh Exynos 990 dengan fabrikasi 7 nanometer yang cepat performa komputasi dan grafiknya disertai dengan penggunaan daya baterai yang hemat.

Exynos 990 juga menghadirkan teknologi AI (Artificial Intelligence) yang dapat mengenali objek pada foto agar fotonya dapat diproses lebih baik seperti mengatur tingkat pencahayaan hingga mengurangi noise pada foto secara otomatis. Tidak hanya itu saja, Exynos 990 di Galaxy Note20 mampu merekam dan mengedit video beresolusi 8K dengan 30FPS.

Di varian Galaxy Note20 Ultra, ponselnya menggunakan teknologi layar terbaru yaitu WQHD+ Dynamic AMOLED 2X yang berukuran 6,9 inci. Layarnya menghadirkan teknologi HDR10+, tingkat kecerahan 1.500 nits sehingga mudah dilihat di bawah sinar matahari, refresh rate 120Hz untuk pengalaman visual yang lebih mulus, dan touch sampling rate 240Hz untuk respon sentuhan yang cepat.

Di Galaxy Note20 Ultra, Samsung menggunakan konfigurasi 3 kamera yang mampu melakukan pembesaran secara optik hingga 5x dan pembesaran secara hybrid hingga 50x.

Untuk RAM-nya walaupun berkapasitas lebih kecil dibandingkan Galaxy Note 10, Galaxy Note20 menggunakan teknologi RAM LPDDR5 yang lebih canggih yang menyajikan performa kencang dengan kecepatan transfer data mencapai 51,2 Gbps dan penggunaan daya baterai yang lebih irit.

Galaxy Note20 Ultra menggunakan baterai besar berkapasitas 4.500 mAh sedangkan Galaxy Note20 baterainya 4.300 mAh. Keduanya mendukung teknologi pengisian daya baterai Super Fast Charging 25W yang dapat mengisi 50% daya baterai hanya dalam waktu 30 menit.

Selain itu juga Galaxy Note20 mendukung teknologi Fast Wireless Charging 2.0 untuk pengisian daya nirkabel secara cepat dan Wireless PowerShare untuk berbagi daya dengan perangkat lain secara nirkabel.

Saat ini seri ponsel Galaxy Note20 sudah dijual di Indonesia secara pre-order mulai tanggal 6 Agustus hingga 19 Agustus 2020. Pada masa pre-order ini, ponselnya dijual dengan harga dan bonus sebagai berikut:

  • Galaxy Note20 – Rp14.499.000 bonus e-voucher untuk pembelian Galaxy Buds+ senilai Rp2.399.000.
    Galaxy Note20 Ultra 256GB – Rp17.999.000 bonus e-voucher untuk pembelian Galaxy Buds Live senilai Rp2.599.000.
    Galaxy Note20 Ultra 512GB – Rp19.999.000 bonus e-voucher untuk pembelian Galaxy Buds Live senilai Rp2.599.000.

Setiap transaksi pre-order juga berkesempatan mendapatkan cashback hingga Rp1.000.000 dari bank yang berpartisipasi.

Pre-Order seri Galaxy Note20 dapat dilakukan di situs web galaxylaunchpack.com dan juga di berbagai e-commerce yang telah bekerja sama dengan Samsung yaitu Lazada, JD.ID, Blibli, Shopee, Tokopedia, Eraspace, Bukalapak, Akulaku, Bhinneka.com, Dinomarket, dan Globalteleshop.com.

Tinggalkan Komentar