ASUS TUF Gaming FX507
Berita

Bersama Ericsson, XL Axiata Upayakan Kehadiran Teknologi Cloud Core 5G di Indonesia Timur

Kolaborasi-XL-Axiata-x-Ericsson-Hadirkan-Teknologi-Cloud-Core-5G-Di-Indonesia-Timur-Header.

Gadgetren – XL Axiata dikabarkan tengah bekerja sama dengan Ericsson untuk menghadirkan solusi teknologi cloud core 5G-ready di Kawasan Timur Indonesia menggunakan solusi Cloud Packet Core Ericsson dan Network Functions Virtualization Infrastructure (NFVI).  

Berdasarkan laporan Ericsson Mobility Report Juni 2019, rata-rata penggunaan data smartphone di Indonesia diperkirakan akan meningkat hingga 10 kali lipat ketika perangkat 5G hadir. Solusi dari Ericsson ini akan membantu XL Axiata dalam mempersiapkan peningkatan trafik data dan menyederhanakan operasi.

Ericsson Cloud Packet Core sendiri meliputi aplikasi seperti Evolved Packet Gateway yang memungkinkan arsitektur jaringan inti (core network) terdistribusi serta meningkatkan kinerja jaringan dalam persiapan menuju 5G. 

Ditambah dengan NFVI, jaringan inti terbaru ini akan memberikan XL Axiata solusi terbuka dan fleksibel dengna kemampuan teknologi baru yang bisa dikustomisasi.

Yessie D. Yosetya selaku Chief Technology Officer, XL Axiata mengatakan bahwa penggunaan layanan data di Indonesia tumbuh pesat dan pengguna selalu mencari teknologi tercanggih setiap saat. Dengan menggunakan solusi Cloud Packet Core, pihaknya berupaya untuk tetap menjadi pemimpin teknologi dalam memenuhi permintaan pengguna yang terus meningkat.

“Bagi kami, Ericsson adalah salah satu mitra jaringan penting dan kami yakin implementasi ini akan meningkatkan kualitas kinerja jaringan kami,” ujarnya kepada tim Gadgetren melalui keterangan tertulis. 

Dalam kesempatan yang sama, Jerry Soper selaku Country Head of Ericsson Indonesia menuturkan bahwa kematangan penerapan software, stabilitas kinerja operasional, serta kemampuan pengiriman lokal kami yang luar biasa menjadi faktor penting dalam memilih penyedia solusi terbaik.

Sebagai platform penting untuk 5G Core, Cloud Packet Core dan solusi NFVI Ericsson akan menjadi landasan kuat bagi jaringan 5G XL Axiata dan untuk memastikan pelanggan dapat merasakannya pada masa mendatang.

Melalui Cloud Packet Core Ericsson, XL Axiata berupaya melakukan evolusi dari EPC menjadi operasi mode ganda 5G Cloud Core, 5G EPC dan 5G Core (5GC), untuk menjamin fleksibilitas dalam pengoperasioan.

Disamping itu, solusi NFVI Ericsson memungkinkan operator untuk mengimplementasikan telekomunikasi virtual, OSS, BSS, IT dan aplikasi pada media berkecepatan penuh dengan total tarif kepemilikan yang rendah.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar