Berita

Bisa Rekam Video 8K, Canon Ungkap Spesifikasi EOS R5

Canon EOS R5 Header.[Sumber: Instagram DP Review]

Gadgetren  –  Canon baru saja mengumumkan spesifikasi perekaman video untuk produk kamera dalam seri EOS R terbarunya, yakni EOS R5. Kabar ini telah beredar di jagat maya melalui siaran persnya yang diunggah oleh situs ulasan seputar fotografi, DP Review.

Dalam siaran pers singkat tersebut, Canon mengungkapkan beberapa informasi penting terkait perekaman video dari kamera yang sangat dinanti-nantikan. Salah satunya ialah kemampuan merekam video dengan kualitas 8K dan fitur In Body Image Stabilization (IBIS).

Adapun perekaman video internal Canon EOS R5 memiliki 8K RAW hingga 29,97 fps. Pengguna juga bisa melakukan perekaman 8K hingga 29,97 fps dalam Canon Log 4:2:2 10-bit atau HDR PQ 4:2:2 10-bit yang sama-sama di dalam H.265.

Ada pilihan perekaman video internal 4K juga hingga 119,88 fps dalam Canon Log 4:2:2 10-bit atau HDR PQ 4:2:2 10-bit yang juga dalam H.265. Rekaman eksternal 4K ini tersedia hingga 59,94 fps.

Dalam keterangan persnya, Canon juga mengabarkan bahwa pada produk barunya ini tidak ada crop pada video 8K dan 4K dengan memanfaatkan lebar penuh sensor.

EOS R5 akan hadir membawa deteksi gambar ke level baru, yakni dengan memanfaatkan teknologi Dual Pixel CMOS AF Canon dalam semua mode perekaman 4K dan 8K.

Canon EOS R5 Desain

Dalam situs resmi Canon, kamera ini diklaim mampu melakukan kalkulasi menangkap gambar super cepat hingga 20 fps.

Deteksi gambar dalam fitur kameranya sendiri diadopsi dari sistem pelacakan Live View AF di EOS-1D X Mark III yang mampu melacak wajah, kepala, bahkan mata melalui mode deteksi orang sehingga memberikan kemudahan dan akurasi saat mengambil foto atau video.

Kamera ini dikabarkan juga sebagai kamera pertama yang akan menampilkan 5 sumbu dalam IBIS yang bekerja bersama dengan stabiliasi gambar optik di banyak lensa pemasangan RF dan EF.

Terakhir, kamera ini akan dilengkapi dengan lubang slot kartu ganda berupa satu CFexpress dan satu SD UHS-II sehingga mampu menyimpan koleksi gambar lebih banyak.

Tinggalkan Komentar