Berita Smartphone

Monster! ASUS ROG Phone 3 Bawa RAM 16GB dan Snapdragon 865 Plus

ROG Phone 3 Feature

Gadgetren – ASUS baru meluncurkan smartphone gaming terbarunya secara global, yakni ASUS ROG Phone 3. Dapur pacu smartphone ini dipercayakan pada Snapdragon 865 Plus Octa-Core.

Chipset besutan Qualcomm ini memang dirancang untuk smartphone gaming kelas atas sehingga mempunyai performa yang bertenaga berkat kecepatan maksimalnya yang mencapai 3,1 GHz. Sementara teknologi fabrikasinya sudah menggunakan 7nm+ yang lebih efisien.

Tak tanggung-tanggung, RAM dengan pilihan 12 GB atau 16 GB dipercaya untuk menangani aktivitas multitasking game atau aplikasi berat dengan mulus dan lancar. Sementara penyimpanan internalnya mempunyai kapasitas 512 GB yang mampu menyimpan banyak game, aplikasi, foto, video, musik, dan dokumen sekaligus.

ROG Phone 3 Snapdragon 865 Plus

Namun, ASUS juga membawa satu lagi kejutan smartphone gaming terbarunya dengan harga yang lebih terjangkau, yakni ROG Phone 3 Strix. Perangkat ini menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 865 Octa-Core berkecepatan maksimal 2,84 GHz yang didampingi RAM 8 GB dan penyimpanan internal 256 GB.

Tentu saja kombinasi hardware yang dibawa oleh ROG Phone 3 Strix ini juga mampu melahap game dan aplikasi berat sekalipun karena masih membawa spesifikasi yang tergolong kelas atas.

Semua varian ROG Phone 3 sudah dibekali dengan dukungan X Mode yang memungkinkan peningkatan sensitivitas sentuhan, koneksi jaringan yang cepat, refresh rate layar, dan memaksimalkan kinerja CPU serta GPU sehingga membuat game yang dijalankan lebih optimal tanpa hambatan.

ASUS juga telah membekali ketiga varian smartphone gaming terbarunya dengan teknologi pendingin GameCool 3 yang memiliki Vapor Chamber dan Heatsink sehingga mampu membuat suhu komponen tetap stabil walaupun pengguna memainkan game dalam waktu lama.

ROG Phone 3 AirTrigger

Untuk membuat pengalaman bermain game semakin menyenangkan, ASUS juga telah menghadirkan AirTrigger 3 dengan Haptic Feedback pada ROG Phone 3.

Berkat fitur ini, pengguna dapat menekan bagian pinggir smartphone menjadi seperti sebuah tombol L dan R di controller pada game console untuk menjalankan beberapa fungsi pintasan pada game yang sedang dimainkan. Kali ini, ASUS menyematkan enam mode AirTrigger 3 yang dapat diekspolarasi oleh pengguna.

Baterai berkapasitas 6.000mAh yang dibenamkan pada lini produk ROG Phone 3 diklaim ASUS mampu bertahan lama untuk bermain game maupun pemakaian normal. Bahkan fitur 30W HyperCharge yang dibawa perangkat ini mampu mengisi daya baterai dengan cepat.

Menariknya, semua varian ROG Phone 3 dibekali dengan layar AMOLED 6,59 inci beresolusi Full HD+ (2340 x 1080 piksel) yang mampu menampilkan konten dengan jernih dan tajam. Berkat dukungan refresh rate 144Hz dan touch-sampling rate 240Hz, membuat pengguna dapat memainkan game dengan gerakan animasi yang halus dan sentuhan jari yang sangat responsif.

ROG Phone 3 144Hz

Berkat penggunaan teknologi AMOLED, membuat sensor fingerprint dapat disematkan di dalam layarnya. Sementara bezel layar bagian atasnya masih terlihat besar karena digunakan untuk menyimpan kamera depan beresolusi 24 MP yang dapat mengakomodasi foto selfie, video selfie, video call, dan fitur Face Unlock.

Beralih ke bagian belakangnya, terdapat tiga kamera yang mempunyai komposisi kamera utama 64 MP, ultrawide 13 MP, dan makro 5 MP. Berkat penggunaan sensor Sony IMX686, membuat kamera utamanya mampu menghasilkan foto dengan resolusi hingga 64 MP.

ROG Phone 3 Product

Sementara kamera ultrawide dapat dimanfaatkan untuk mengambil foto dengan area yang lebih luas dibandingkan dengan kamera utama. Mengikuti tren kekinian, ROG Phone 3 pun telah dibekali dengan kamera makro yang dapat digunakan untuk membidik obyek dari jarak dekat.

Di dekat kamera belakangnya, terdapat juga mikrofon directional yang diklaim ASUS mampu menangkap suara dengan bagus ketika pengguna sedang merekam video menggunakan ROG Phone 3. Bahkan kamera utama dari smartphone ini mampu merekam video hingga resolusi 8K 30fps.

Dalam menghadirkan pengalaman game yang nyaman dan menyenangkan, ASUS juga turut memperkenalkan aksesoris yang dapat disematkan pada ROG Phone 3 mulai dari ROG Clip, ROG TwinView 3 Dock, dan ROG Kunai 3 GamePad.

ROG Phone 3 TwinView

Bahkan terdapat aksesoris lain yang dapat digunakan juga untuk ROG Phone 3 seperti wireless gaming keyboard portable ROG Falchion, layar gaming portabel ROG Strix XG16, dan earphone ROG Cetra RGB.

Tak ketinggalan juga dukungan dua kartu SIM, jaringan 5G, 4G-LTE, WiFi, Bluetooth, GameFX, Dirac HD, dua speaker stereo, dan sistem operasi Android 10 dengan tampilan antarmuka ROG UI telah dihadirkan pada semua varian ROG Phone 3.

ROG Phone 3 Harga

Pada saat diluncurkan, ASUS ROG Phone 3 tersedia dalam tiga varian yang dapat dipilih:

  • ASUS ROG Phone 3 = Snapdragon 865 Plus, RAM 16 GB, dan ROM 512 GB seharga 1.099 Euro atau 18,62 juta
  • ASUS ROG Phone 3 = Snapdragon 865 Plus, RAM 12 GB, dan ROM 512 GB seharga 999 Euro atau 16,92 juta
  • ASUS ROG Phone 3 Strix = Snapdragon 865, RAM 8 GB, dan ROM 256 GB seharga 799 Euro atau 13,54 juta

Tinggalkan Komentar