Smartphone Sponsored Content

Ini 5 Keunggulan Utama Redmi 9 Dibandingkan vivo Y30

Ini 5 Keunggulan Utama Redmi 9 Dibandingkan vivo Y30

Gadgetren – Xiaomi akhirnya merilis penerus dari lini smartphone yang sangat ditunggu-tunggu oleh para penggemarnya di Indonesia yakni Redmi 9.

Sama seperti seri sebelumnya, Redmi 9 hadir menyasar segmen yang terbilang sangat kompetitif dan penuh gejolak. Para konsumen di segmen ini pun cukup kritis dalam memilih smartphone pilihannya. Nah salah satu smartphone yang bakal menjadi lawan Redmi 9 di Indonesia merupakan vivo Y30.

Dengan spesifikasi yang jika dilihat sekilas cukup mirip seperti sama-sama membawa empat kamera belakang, ini beberapa alasan kenapa Redmi 9 bakal menjadi pilihan idaman di kelas menengah ketimbang vivo Y30.

Lebih Imersif dengan Layar Resolusi Tinggi

Redmi 9 Layar

Redmi 9 menawarkan layar dengan bentang 6,53 inci beresolusi FHD+ 2340×1080 piksel yang tampil menggunakan desain Dot Drop andalan Xiaomi. Sementara itu, vivo Y30 mengandalkan layar Ultra O berukuran 6,47 inci dengan resolusi HD+ 1560×720 piksel sebagai tampilan depannya.

Kedua smartphone memang sama-sama memberikan pengalaman layar penuh kepada penggunanya agar dapat beraktivitas lebih leluasa. Namun, Redmi 9 terlihat memiliki resolusi yang lebih tinggi di samping punya ukuran yang sedikit lebih besar pula.

Hal ini membuat Redmi 9 mampu menghadirkan pengalaman visual yang lebih menawan karena gambar yang ditampilkan akan lebih tajam berkat resolusinya yang sudah Full HD+.

Ditambah lagi layar dari Redmi 9 sudah dilapisi oleh pelindung Corning Gorilla Glass 3.0 untuk meminimalisir terjadinya goresan menyebalkan yang kerap kali muncul setelah digunakan selama beberapa waktu.

Kamera Mirip Tapi Tak Sama

Redmi 9 Kamera

Baik Redmi 9 maupun vivo Y30 sama-sama menjagokan empat kamera belakang dan satu kamera depan untuk memenuhi kebutuhan fotografi penggunanya. Seperti kebanyakan smartphone masa kini, keduanya menghadirkan berbagai jenis kamera untuk menunjang kreativitas penggunanya.

Bahkan kedua smartphone ini pun turut mengandalkan spesifikasi kamera yang relatif serupa, di mana kamera belakangnya memiliki komposisi lensa utama 13MP, lensa ultra-wide angle 8MP, dan lensa kedalaman 2MP. Sementara kamera depannya mempunyai resolusi 8MP.

Redmi 9 Kamera Showcase

Namun ada satu komponen kamera yang membedakan antara keduanya. Redmi 9 dilengkapi dengan lensa makro 5MP yang notabene lebih tinggi dibandingkan lensa makro 2MP yang dimiliki oleh vivo Y30. Dengan resolusi yang lebih tinggi, Redmi 9 pastinya dapat menghasilkan foto jarak super dekat dengan detail yang lebih jelas.

Belum lagi aplikasi kamera di Redmi 9 memiliki beberapa fitur fotografi unik berbasis kecerdasan buatan (AI) seperti Palm Shutter yang memungkinkan pengguna untuk mengambil foto selfie dengan cukup mengangkat telapak tangan serta Kaleidoskop yang akan menghasilkan gambar dengan efek pantulan ilusi.

Gaming Ngebut dengan Helio G80

Redmi 9 Helip G80

Sejak awal kemunculannya, Xiaomi dikenal akan keahliannya dalam menghadirkan smartphone yang lebih bertenaga dibandingkan kompetitornya di kelas yang sama. Hal ini pun masih benar adanya hingga sekarang karena Redmi 9 sudah ditenagai oleh chipset MediaTek Helio G80 sementara vivo Y30 lebih mengandalkan MediaTek Helio P35 sebagai otaknya.

Kedua chipset besutan MediaTek tersebut memang sama-sama masuk ke dalam kelas menengah, namun Helio G80 secara khusus dihadirkan untuk kebutuhan gaming. Ditambah lagi, Helio G80 sudah menggunakan fabrikasi 12nm yang lebih efisien dibandingkan fabrikasi 16nm yang digunakan pada Helio P35. Alhasil Redmi 9 bakal punya kinerja gaming yang lebih cepat dibandingkan vivo Y30.

Salah satu penyebab perbedaan performa tersebut dikarenakan oleh teknologi MediaTek HyperEngine yang dimiliki oleh chipset Helio G Series. Teknologi ini memungkinkan CPU dan GPU untuk bekerja lebih cepat lagi ketika pengguna tengah menjalankan aplikasi berat seperti game.

Baterai Besar, Diisi Lebih Cepat

Redmi 9 Baterai

Aktivitas digital masa kini semakin bervariasi dan sebagian orang mengandalkan smartphone untuk melakukan hampir seluruhnya mulai dari sekedar membuka email hingga bekerja ringan. Maka dari itu tidak heran jika vivo dan Xiaomi pun membenamkan baterai yang cukup besar di dalam smartphone mereka.

Kapasitas baterai yang dimiliki oleh keduanya pun relatif serupa, 5.020mAh pada Redmi 9 dan 5.000mAh pada vivo Y30. Perbedaan kapasitas keduanya tergolong sangat minim sehingga seharusnya tidak akan berpengaruh terlalu banyak.

Hanya saja vivo Y30 tidak dilengkapi teknologi pengisian daya cepat sedangkan Redmi 9 mendukung pengisian cepat 18W. Dengan begitu, pengguna Redmi 9 tidak perlu menunggu terlalu lama agar baterai kembali penuh ketika harus melakukan isi ulang daya baterai.

Harga Lebih Ramah Kantong

Redmi 9 Harga

Dengan segala spesifikasi yang dimilikinya, secara mengejutkan ternyata Redmi 9 dibanderol dengan harga yang relatif lebih terjangkau di Indonesia. Jika vivo Y30 (RAM 4GB) dijual seharga Rp 2.799.000, Redmi 9 yang hadir dalam dua varian ini hanya dihargai Rp1.749.000 (RAM 3GB + penyimpanan internal 32GB) dan Rp1.949.000 (RAM 4GB + penyimpanan internal 64GB).

Untuk varian yang sama-sama memiliki RAM 4GB, harga kedua smartphone terpaut cukup jauh mencapai Rp 800 ribu. Maka dari itu tidak heran jika Xiaomi melalui produk Redmi 9 dapat kembali mengguncang pasar smartphone kelas menengah di Indonesia.

Dengan harga yang tidak sampai Rp 2 juta, Redmi 9 menawarkan spesifikasi dan fitur unggulan yang membuatnya layak untuk dilirik oleh siapa pun terutama para gamer.

Belum lagi Redmi 9 juga sudah dilengkapi sensor inframerah untuk mengontrol peralatan rumah, mikrofon peredam bising agar suara terdengar jelas oleh lawan bicara saat bertelepon, dan Wireless FM Radio sehingga tidak perlu memasang earphone sebagai antena ketika ingin mendengarkan radio.

* Artikel ini disponsori oleh: Xiaomi

Tinggalkan Komentar

5 Komentar