ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Kelebihan dan Kekurangan vivo Y30, Ada Apa Saja Itu?

vivo Y30 Featurez

Gadgetren – Sebagai perusahaan teknologi asal Tiongkok, vivo telah berhasil melakukan ekspansi penjualan smartphone hingga ke Indonesia. Bahkan perusahaan riset IDC melaporkan bahwa vivo berhasil menjadi merek smartphone nomor 1 di Indonesia pada kuartal pertama di tahun 2020.

Hadirnya smartphone di berbagai segmen menjadi salah satu faktor yang membuat vivo meraih posisi puncak. Sementara itu, vivo sendiri telah menghadirkan smartphone kelas menengah dengan harga terjangkau yang bernama vivo Y30 di Indonesia.

Perangkat ini diminati oleh masyarakat Indonesia karena mempunyai kapasitas baterai dan penyimpanan internal yang besar. Selain itu, dukungan empat kamera belakang menjadi nilai tambah lain dari smartphone vivo Y30 ini.

Sebelum membeli produk ini, ada baiknya kamu mempertimbangkan beberapa hal dari vivo Y30. Untuk itu, kamu dapat melihat kelebihan dan kekurangannya berikut ini.

Kelebihan vivo Y30

vivo-Y30-Header.

Diganjar dengan harga Rp 2.799.000, vivo Y30 sudah dibekali dengan baterai berkapasitas 5.000mAh yang diklaim vivo mampu bertahan seharian dalam pemakaian normal. Smartphone ini juga mempunyai fitur Reverse Charging yang membuatnya dapat menjadi powerbank untuk mengecas perangkat mobile lainnya.

Selanjutnya, kapasitas penyimpanan internal yang dimiliki oleh produk ini bisa dibilang besar karena mencapai 128 GB. Dengan kata lain, kamu dapat menyimpan banyak aplikasi, game, dokumen, foto, video, atau musik sekaligus.

Meskipun kapasitas internalnya sudah besar, namun vivo tetap menghadirkan slot kartu microSD hingga 128 GB. Sementara RAM 4 GB yang dibenamkan pada produk ini mampu mendukung kinerja multitasking dari aplikasi yang dijalankan.

Sebagai salah satu nilai tambah, vivo Y30 dilengkapi dengan empat kamera belakang yang mempunyai kombinasi kamera utama 13 MP, ultrawide 8 MP, sekunder 2 MP, dan makro 2 MP. Sedangkan kamera depannya mempunyai resolusi 8 MP.

Layar yang ditawarkan smartphone ini bisa dibilang lega karena mempunyai lebar 6,47 inci dengan desain Ultra O penuh ditambah punch hole di bagian kiri atasnya. Selain itu, layarnya sudah menggunakan teknologi IPS LCD dengan resolusi HD+ (1560 x 720 piksel).

Sensor fingerprint dan Face Unlock pun telah disematkan pada produk ini sehingga memudahkan penggunaan kunci tanpa perlu memasukkan password. Sementara dukungan jaringan 4G-LTE, WiFi, Bluetooth, GPS, dan Funtouch OS 10 berbasiskan Android 10 sudah hadir pada vivo Y30.

Kekurangan vivo Y30

vivo Y30

Pihak vivo membenamkan chipset yang bisa dikatakan kurang bertenaga untuk smartphone dengan harga di kisaran di atas Rp 2,5 juta. Sebagai perbandingan, perusahaan lain sudah menyematkan chipset yang lebih cepat untuk produk di kisaran harga tersebut seperti Snapdragon 665, Snapdragon 710, MediaTek Helio G70, Helio G80, dan Helio G85.

Sementara itu, vivo juga hanya menghadirkan fitur 10W Charging pada vivo Y30 sehingga pengisian daya baterainya akan memakan waktu lebih lama. Padahal, beberapa smartphone di kelas yang sama sudah menggunakan pengisian daya cepat 18W.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar

1 Komentar

  • Emang kalo dibandingin sama merek2 lain yang udah pake mediatek helio G series, vivo kayak masih ketinggalan banget masih pake helio P35. Yaaa mungkin emang ini hp bukan buat gaming sih dan chipset yg masih mumpuni di kelas 2jutaan ya P35