Bengkel Tips dan Trik

Kenapa HP Kerap Kali Cepat Panas Dan Boros Baterai? Ini 8 Alasannya

Smartphone Powerbank[Ilustrasi: Pixabay]

Gadgetren – Kini HP menjadi bagian penting dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Namun beberapa kendala yang banyak dihadapi oleh sebagian orang adalah smartphone atau HP mengeluarkan panas berlebih yang disertai dengan borosnya daya baterai.

Hal ini bisa disebabkan oleh beragam faktor mulai dari baterai yang sudah tua serta tidak prima, charger bermasalah, dan lainnya. Bahkan tidak hanya hardware saja, terkadang HP cepat panas dan boros baterai ini disebabkan oleh aplikasi maupun software.

Untuk itulah, saya akan menginformasikan mengenai penyebab mengapa HP menjadi cepat panas dan mempunyai daya baterai yang boros. Berikut ini merupakan beberapa alasan yang patut diwaspadai oleh kamu sebagai pengguna HP.

1. Baterai sudah tidak prima

Biasanya baterai yang sudah tua atau tidak prima memang menjadi masalah bagi smartphone. Terkadang baterai memang sudah menurun kemampuan untuk menerima daya hingga 100%. Untuk itulah, kamu dapat mengganti baterai ke service center resmi dari merek HP milikmu.

Selain itu, kamu juga harus mengetahui siklus dari pengisian daya baterai agar bisa mengetahui sejauh mana batas kemampuan baterai untuk diisi dayanya. Bahkan terkadang baterai yang sudah tua ini juga menimbulkan masalah dengan membuat HP menjadi cepat panas karena biasanya tidak dicas dengan baik oleh penggunanya.

2. Charger bermasalah

Setiap perusahaan smartphone biasanya menyarankan pengguna untuk selalu menggunakan charger resmi bawaan dalam paket penjualan. Hal ini untuk melindungi baterai agar tidak mudah rusak oleh adaptor atau kabel data yang tidak sesuai.

Terkadang apabila tidak cocok, adaptor dan kabel yang mengecas HP akan memberikan panas berlebih ketika sedang proses pengisian daya baterai. Apalagi kalau charger yang kamu miliki memang benar-benar sedang bermasalah, tentu akan membuat baterai HP menjadi rusak sehingga berakibat pada cepat habisnya daya.

3. Tethering hotspot terus aktif

Tethering hotspot merupakan fitur praktis dari smartphone atau HP yang dapat membagikan jaringan internet yang dimilikinya kepada perangkat lain. Namun apabila fitur ini terus aktif akan membuat baterai cepat habis dan HP cepat panas.

Tentu saja HP yang terus memancarkan jaringan internet kepada perangkat lain secara terus menerus pastinya membutuhkan energi besar yang berakibat pada borosnya penggunaan daya baterai. Selain itu, HP pun akan terasa panas karena proses berlangsung tanpa henti. Untuk itulah, kamu sebaiknya mengaktifkan Tethering hotspot ketika diperlukan saja.

4. Sinyal tidak stabil

Sudah sejak lama, sinyal yang tidak stabil merupakan salah satu penyebab baterai cepat habis dan HP cepat panas. Hal ini disebabkan HP berupaya keras untuk terus menerus mencari sinyal terbaik sehingga membutuhkan energi yang tinggi dibanding saat selalu mendapatkan sinyal penuh.

5. Menggunakan HP Ketika Dicas

Pengecasan daya baterai merupakan bagian terpenting dari proses HP untuk mendapatkan energi kehidupan. Terkadang kita menggunakan HP tersebut pada saat dicas. Padahal ini dapat menyebabkan kinerja baterai lebih berat dan tentunya membuat HP cepat panas.

Apabila kamu melakukannya secara terus menerus, maka baterai bisa menjadi kembung. Oleh sebab itu, apabila HP kamu ingin tetap aman, maka sebaiknya kamu mendiamkan perangkatmu hingga daya baterainya terisi penuh.

6. Aplikasi pemakan daya baterai

Meskipun smartphone atau HP masa kini sudah pintar dalam memanajemen aplikasi, namun pada kenyataannya banyak aplikasi yang memang memakan daya baterai besar pada saat digunakan. Biasanya aplikasi-aplikasi ini masih ke kategori media sosial, chat, maupun game.

Contohnya aplikasi Facebook dan Instagram memang terasa memakan paket data dan daya baterai sangat besar. Untuk itu, sebaiknya kamu menghapusnya dari HP dan bisa menggunakan alternatifnya melalui browser saja.

7. Aplikasi bermasalah

Biasanya ada saja aplikasi yang bermasalah karena bug dari pengembangannya, baik di versi awal maupun update. Bug inilah yang kadang menyebabkan boros baterai. Bahkan dapat juga menyebabkan HP menjadi panas. Untuk itulah, kamu dapat melaporkan masalah yang terjadi ke pihak pengembang aplikasi agar dibuat solusi yang baik.

8. Layar terlalu terang

Layar yang terlalu terang biasanya memang boros terhadap penggunaan daya baterai. Sementara fitur pengubah tingkat kecerahan otomatis pada layar pun terkedang memakan daya baterai yang banyak.

Apalagi pada saat perpindahan dari kondisi cukup cahaya ke gelap, maka membuat energi yang dikonsumsi menjadi tinggi. Untuk itulah, kamu sebaiknya mengatur tingkat kecerahan layar secara manual agar sesuai dengan lingkungan dan kenyamanan mata kamu.

Itulah beberapa faktor HP menjadi cepat panas dan boros baterai. Mungkin kamu dapat mengikuti bebarapa saran tersebut agar HP tetap dalam kondisi yang stabil. Sementara itu, apabila kamu mengetahui penyebab lain sekaligus cara mengatasinya maka dapat menuliskannya pada kolom komentar di bawah.

* Jika kamu ingin mengirimkan pertanyaan, bisa dikirimkan via email ke [email protected] Pertanyaan terpilih akan dijawab di artikel Bengkel setiap hari Rabu.

Tinggalkan Komentar