Bengkel Featured

Bagaimana Agar Baterai HP Tetap Normal dan Panjang Umur? Ini Solusinya

Xiaomi Jason Leak Header

Artikel dalam kategori Bengkel ini akan mengulas berbagai macam solusi untuk mengatasi masalah gadget yang sering dihadapi oleh Gadgeter dalam kegiatan sehari-hari.

Dalam kesempatan kali ini, redaksi Gadgetren mendapatkan pertanyaan mengenai permasalahan mengenai langkah-langkah yang harus dilakukan agar baterai HP maupun smartphone bisa tetap awet dan normal meskipun sudah digunakan lama.

Pertanyaan :

Kak, bagaimana supaya baterai HP tetap normal dan memiliki umur yang panjang?

Jawaban :

Baterai merupakan salah komponen yang paling penting bagi HP maupun smartphone. Tanpa adanya baterai, HP dan smartphone tidak akan bisa dibawa kemana-mana. Bahkan apabila kondisi baterai sudah tidak bagus akan membuat penggunanya kesusahan karena harus melakukan cas berulang baik menggunakan powerbank maupun stop kontak.

Untuk itu, Gadgeter harus selalu merawat HP atu smartphone dengan baik agar baterai bisa bertahan lama dalam kondisi normal ketika digunakan dalam pemakaian sehari-hari. Nah, bagi Gadgeter yang ingin merawat baterai HP atau smartphone maka dapat mengikuti beberapa tips yang telah saya sajikan sebagai berikut ini.

1. Isi Daya Baterai HP atau Smartphone apabila muncul Peringatan Low Battery

Biasanya ketika baterai HP atau smartphone berada pada kondisi kritis (biasanya 15% atau 20%) maka HP atau smartphone akan menampilkan notifikasi baterai lemat atau low battery dan ini merupakan waktu yang tepat untuk mengisi daya baterai agar kondisi baterai tetap normal dan tidak cepat menurun kondisinya.

2. Perhatikan Waktu Pengecasan Daya Baterai HP atau Smartphone

Biasanya kita akan melakukan cas daya baterai hingga kondisi 100%, namun terkadang kita kelupaan mencabut kabel charger dalam waktu yang lama ketika daya baterai sudah penuh. Hal ini biasanya terjadi ketika kita tertidur dan daya baterai HP atau smartphone akan dicas dalam waktu yang lama.

Sebenarnya apabila kita mengangkat charger terlalu lama akan menyebabkan kondisi baterai menurun sehingga ada baiknya Gadgeter mencabut charger ketika HP atau smartphone telah memberikan informasi bahwa baterai telah penuh atau 100%.

3. Jangan Sampai Baterai Benar-benar Kosong

Selain mengisi daya baterai yang lama dapat menunrukan kondisi baterai, membuat baterai menjadi benar-benar kosong secara terus-menerus akan membuat ketahanan baterai berkurang secara cepat sehingga berefek pada baterai cepat menjadi lemah. Untuk itu, Gadgeter sebaiknya selalu mengecas daya baterai tepat pada waktunya.

4. Nonaktifkan HP atau Smartphone Jika Sedang Dicas

Tips yang satu ini mungkin dianggap sepele, namun dengan menonaktifkan HP atau smartphone ketika dicas maka akan membuat daya baterai cepat terisi dengan penuh sehingga baterai menjadi lebih awet dan mempertahankan kondisi normal.

Misalnya saja apabila Gadgeter bermain game berat atau chat pada saat sedang mengecas baterai, biasanya baterai akan lama untuk ke kondisi penuh karena terkuras dengan aktivitas yang dilakukan sehingga membuat kondisi baterai tidak stabil.

5. Hindari Mengecas di Dalam Mobil

Mobil masa kini telah dilengkapi dengan tempat untuk mengecas smartphone sehingga dapat memudahkan penggunanya untuk tidak perlu membawa powerbank atau menuju tempat yang memiliki stop kontak ketika baterai dalam kondisi lemah. Namun sebenarnya voltase dari tempat cas yang dimiliki mobil tidak stabel sehingga akan menyebabkan baterai HP atau smartphone akan cepat rusak dan tidak awet.

6. Hindari Penempatan Baterai pada Suhu Panas dan Dingin

Apabila HP atau smartphone ditaruh pada tempat suhu 60 derajat selama satu tahun maka baterainya akan mengalami kehilangan 80% ketahanan sehingga sebaiknya ditempatkan pada suhu normal, seperti 25 derajat. Meskipun secara alami kemampuan baterai akan menurun 20% setiap tahunnya.

Sementara itu, apabila Gadgeter menempatkan HP atau smartphone pada suhu dingin, seperti kulkas, gunung, maupun bersalju maka nasibnya akan sama dengan ketika ditempatkan pada suhu panas.

Sebagai catatan, usia baterai dimulai ketika Gadgeter baru membeli smartphone atau HP sehingga dapat memperhatikan petunjuk pengisian daya baterai dengan benar, baik dari pihak toko atau Internet.

Selain itu, kondisi dan ketahanan baterai akan menurun setiap tahunnya sehingga apabila daya tahan baterai sudah benar-benar lemah maka Gadgeter dapat membeli baterai baru. Bisa dibilang tips di atas ini untuk mempertahankan baterai tetap normal hingga masanya harus diganti.

* Jika kamu ingin mengirimkan pertanyaan, bisa dikirimkan via email ke tanya@gadgetren.com. Pertanyaan terpilih akan dijawab di artikel Bengkel setiap hari Rabu.

Leave a Comment