Smartphone Sponsored Content

Unggulkan Fitur Inovatif, Ini Jajaran Smartphone Premium High End OPPO Reno Series di Indonesia!

OPPO-Reno-10x-Zoom-Model

Gadgetren – Reno merupakan salah satu lini smartphone andalan OPPO di Indonesia yang menghadirkan beragam fitur inovatif pada setiap periode kehadirannya.

Menurut OPPO, Seri Reno sendiri merupakan lini produk yang masuk ke dalam kelas menengah hingga Premium High End yang menawarkan keseimbangan antara teknologi terkini yang dipadukan dengan desain berkarakter sehingga tampil menarik di mata banyak orang.

Seri Reno sendiri berada di antara kelas seri OPPO Find dan seri OPPO A dengan harga pasaran di kisaran Rp 5 juta hingga Rp 12 juta. Reno dalam hal ini mempunyai arti kata dari CREATIVE INNOVATION yang mengambarkan posisi dan target market dari perangkat ini.

OPPO Reno 10x Zoom Feature Telephoto

Cikal bakal kehadiran seri Reno sendiri dimulai sejak kemunculan smartphone OPPO R17 Pro, dimana perangkat ini hadir dengan perubahan jargon dari “Selfie Expert” menjadi “Camera Phone”. Tentunya perubahan ini membuat OPPO memfokuskan smartphone ini pada kemampuan fotografi kameranya secara keseluruhan.

Bisa dibilang OPPO R17 Pro menjadi pembuka jalan bagi segmen smartphone Premium High End. Melalui kehadiran seri ini, OPPO mengembangkan perangkat selanjutnya sebagai sebuah lini seri baru, yakni Reno.

Akhirnya inovasi-inovasi mulai hadir pada smartphone Premium High End OPPO mulai dari Reno 10x Zoom, Reno2, hingga Reno3 Pro. Kabarnya juga sebentar lagi OPPO akan memboyong seri Reno4 ke Indonesia dengan spesifikasi dan fitur yang lebih inovatif dibandingkan generasi sebelumnya.

Sebelum Reno4 dirilis di Indonesia, mari kita simak terlebih dulu ulasan mengenai inovasi yang dihadirkan pada smartphone Premium High End OPPO yang telah ada sejak awal kemunculannya hingga saat ini.

OPPO Reno 10x Zoom

Reno-10x-Zoom-Back-Review

Awalnya OPPO memperkenalkan teknologi 10x Lossless Zoom pertama kali pada OPPO 2019 Innovation Event di ajang MWC (Mobile World Congress) 2019 Barcelona. Pada saat itu, OPPO memukau peserta yang hadir melalui smartphone prototype yang sudah membawa kamera dengan teknologi 10x Lossless Zoom.

Kamera telephoto dari smartphone ini menggunakan sistem teleskop yang membidik obyek dari jarak juah mulai dari 2x hingga 5x Optical Zoom. Bahkan pada saat tiga kamera belakangnya dikombinasikan, maka mampu membidik obyek dengan jangkauan focal-length dari 16mm hingga 160mm sehingga memungkinkan jangkauan luas mulai dari ultrawide hingga 10x Hybrid Zoom dengan kualitas yang bagus.

Masih di tahun yang sama, OPPO akhirnya meluncurkan Reno 10x Zoom pada tanggal 10 April 2019 di Tiongkok. Smartphone ini menghadirkan kemampuan kamera belakang dengan 5x Optical Zoom dan 10x Hybrid Zoom yang disempurnakan dari perangkat prototype saat MWC 2019 Barcelona.

Hanya dalam waktu dua bulan, OPPO memboyong Reno 10x Zoom pada tanggal 17 Juni 2019 ke Indonesia. Produk ini hadir dengan tiga kamera belakang unggulan yang terdiri dari kamera utama 48 MP, telephoto 13 MP, dan ultrawide 8 MP.

Reno-10x-Zoom-SharkFin-Review

Sementara kamera depannya mempunyai resolusi 16 MP dengan sistem Pivot Rising Camera berbentuk Sirip Hiu. Dengan sistem ini, kamera depan tersimpan di bagian dalam dan akan muncul ke atas apabila digunakan untuk berfoto selfie.

Berkat Pivot Rising Camera ini, layar Reno 10x Zoom benar-benar memenuhi bagian depan dengan bezel tipis dan tanpa adanya poni atau punch hole sama sekali. Smartphone ini menggunakan layar 6,6 inci berteknologi AMOLED dengan resolusi Full HD+ (2340 x 1080 piksel) dan dilindungi Corning Gorilla Glass 6.

Tak hanya kamera, performa yang dimiliki oleh Reno 10x Zoom ini sangat mumpuni karena dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 855 Octa-Core yang dikombinasikan dengan RAM 8 GB dan penyimpanan internal 256 GB.

Pada saat pertama kali diluncurkan, Reno 10x Zoom hadir dengan dua pilihan warna Ocean Green dan Jet Black. Sementara harganya mencapai Rp 12.999.000. Menariknya lagi perangkat ini mempunyai edisi khusus yang dijual di Indonesia, yakni Reno FC Barcelona Edition, Reno 10x Zoom Indonesia Artist Edition, dan Reno 10x Zoom Eko Nugroho Edition.

OPPO Reno 10x Zoom Barcelona Feature

Bodi belakang Reno FC Barcelona ini menggunakan warna Color of Miracles atau Penuh Keajaiban dengan konsep perpaduan warna merah tua dan biru khas FC Barcelona. Masih pada bagian belakangnya, terdapat juga dua logo FC Barcelona yang terdiri dari logo besar dicetak samar-samar dan logo kecil berwarna emas di bawahnya.

Selain tema FC Barcelona, OPPO Reno 10x Zoom edisi ini juga dipaketkan dengan softcase, buku panduan, earphone, dan dus bertemakan FC Barcelona. Harga yang ditawarkan pada smartphone ini pun mencapai Rp 12.999.000.

OPPO Reno 10x Zoom Darbotz

Kemudian, Reno 10x Zoom Indonesia Artist Edition memiliki bodi belakang artistik dari tiga seniman terkenal Indonesia, yakni Darbotz, Arkiv, dan Ronald. Masing-masing edisi terbatas dari setiap seniman hanya tersedia sebanyak 30 unit dengan harga setiap unitnya mencapai Rp 12.999.000.

Tak kalah menarik, OPPO juga berkolaborasi dengan seniman lainnya yang tertuang pada Reno 10x Zoom Eko Nugroho Edition. Smartphone ini hanya tersedia sebanyak 30 unit dengan harga mencapai Rp 12 jutaan.

OPPO Reno 10x Zoom 12GB RAM Special Edition Poster

Hal yang paling menarik, OPPO juga menghadirkan Reno 10x Zoom edisi RAM 12 GB dengan harga terjangkau hanya Rp 8.999.000 saja. Sebagai pionir seri Reno, smartphone ini memang pantas menjadi smartphone Premium High End OPPO di Indonesia.

OPPO Reno2

Reno2 Kopi

Berlanjut ke generasi kedua, OPPO secara resmi menghadirkan Reno2 pada tanggal 8 Oktober 2019 di Indonesia. Smartphone yang satu ini masih mengusung kamera depan 16 MP dengan sistem Pivot Rising Camera yang berbentuk Sirip Hiu.

Terdapat juga O-Dot yang merupakan penyangga agar kaca kamera tidak tergores pada saat diletakkan di permukaan datar pun masih hadir di Reno2. Namun smartphone ini membawa peningkatan dibandingkan pada generasi sebelumnya.

Peningkatan ini terjadi pada beberapa fitur yang dihadirkan seperti Ultra Steady Video, Ultra Dark Mode, Video Bokeh, dan aplikasi video Editor SOLOOP. Ultra Steady Video ini memungkinkan pengguna Reno2 mampu merekam video dengan stabil, meskipun sedang dalam kondisi berjalan atau berlari.

Reno2 SOLOOP Feature

Sementara fitur Ultra Dark Mode dihadirkan untuk membantu pengguna dalam mengambil foto di kondisi minim cahaya atau hampir gelap mencapai 1 lux. Nantinya fitur ini akan membuat foto yang dihasilkan menjadi terang dan minim noise.

Video Bokeh memungkinkan pengguna Reno2 dapat menghasilkan video dengan efek bokeh (latar buram) yang rapi. Sementara aplikasi SOLOOP membantu penggunanya dalam membuat dan mengombinasi foto maupun video yang telah dihasilkan dengan kamera Reno2 menjadi sebuah video yang menarik.

OPPO Reno2 ini hadir dengan empat kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 48 MP, telephoto 13 MP, ultrawide 8 MP, dan mono 2 MP. Berkat kehadiran kamera telephoto, pengguna smartphone ini dapat membidik obyek dari jarak jauh mulai dari 2x hingga 3,2x Optical Zoom.

Reno2 Back SOLOOP

Sementara kombinasi kamera belakangnya memungkinkan pengguna dapat mengambil foto hingga 5x Hybrid Zoom dengan hasil yang masih bagus. Sementara itu, kamera Reno2 juga mempunyai kemampuan melakukan 20x Digital Zoom.

Reno2 sendiri hadir dengan performa yang meyakinkan berkat kehadiran chipset Qualcomm Snapdragon 730G yang dikombinasikan dengan RAM 8 GB dan penyimpanan internal 256 GB. Pada awal peluncurannya, Reno2 mempunyai harga Rp 7.999.000 dengan pilihan warna Luminous Black dan Sunset Pink.

OPPO Reno3 Pro

OPPO Reno3 Pro White

Beralih ke tahun 2020, OPPO secara resmi meluncurkan Reno3 Pro pada tanggal 21 April 2020 di Indonesia. Kini Reno3 Pro sudah tidak menggunakan sistem Pivot Rising Camera, melainkan dua kamera depannya berada di punch hole yang berada di bagian kiri atas layar.

Dua Kamera depan ini mempunyai kombinasi kamera utama 44 MP dan sekunder 2 MP yang mampu menghasilkan foto selfie dengan wajah mulus ditambah efek bokeh (latar buram). Fitur Ultra Night Selfie juga telah dibenamkan pada OPPO Reno3 Pro sehingga memungkinkan hasil foto selfie atau wefie di malam hari menjadi terang, tajam, dan minim noise.

Meskipun masih disusun secara vertikal, namun kamera belakang dari Reno3 Pro sudah tidak diletakkan di bagian tengah lagi melainkan lebih ke sebelah kiri. Empat kamera belakangnya sendiri mempunyai kombinasi kamera utama 64 MP, telephoto 13 MP, ultrawide 8 MP, dan mono 2 MP.

OPPO-Reno3-Pro-Back

Kamera utamanya ini mampu menghasilkan foto dengan resolusi besar hingga mencapai 64 MP. Namun pengguna masih dapat memanfaatkan kamera belakang Reno3 Pro untuk menghasilkan foto dengan resolusi super besar mencapai 108 MP.

OPPO Reno3 Pro juga dapat melakukan 2x hingga 3,2x Optical Zoom, 5x Hybrid Zoom, dan 20x Digital Zoom sehingga mampu membuat penggunanya menghasilkan foto dengan baik walaupun dari jarak yang jauh. Sementara dukungan Ultra Dark Mode dan Ultra Night Mode pada perangkat ini pun telah ditingkatkan dibandingkan generasi sebelumnya.

Menariknya, Reno3 Pro ini hadir dengan Ultra Video Steady 2.0 yang mengizinkan pengguna dapat merekam video dengan sangat stabil, meskipun sedang berjalan maupun berlari. Bahkan OPPO mengklaim bahwa fitur ini pun mampu merekam video dengan stabil walaupun dalam kondisi ekstrim sekalipun.

OPPO-Reno3-Pro-Dual-Punchole

Dari sektor hardware, Reno3 Pro mengunakan MediaTek Helio P95 Octa-Core yang terkenal mempunyai performa cepat ditambah kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) yang pintar dalam mengendalikan aktivitas di smartphone.

OPPO Reno3 Pro yang hadir di Indonesia memmpunyai pilihan warna Midnight Black dan Sky White. Dengan dukungan RAM 8 GB dan penyimpanan internal 256 GB, OPPO Reno3 Pro dibanderol dengan harga Rp 6.999.000 di Indonesia.

Tinggalkan Komentar

Komentar

  • Suka banget sama fin shark kameranya OPPO Reno2, trus kesannya mahal gitu. Ehh gitu nongol si Reno 3 Pro kok keren dan lebih enteng ya. Chipsetnya juga masih baru, helio P95