ASUS TUF Gaming FX507
Berita

Kangen Jalan-Jalan? Tri Bagikan Enam Situs Tur Virtual Yang Hemat Kuota

Cobain-Yuk-Inilah-Konsumsi-Data-Tri-Pada-Enam-Situs-Tur-Virtual-Beserta-Fiturnya-Header.

Gadgetren – Baru-baru ini liburan virtual melalui tur online di berbagai situs pariwisata tengah menjadi tren bagi masyarakat untuk mengobati rasa rindunya berplesiran selama pandemi COVID-19.

Untuk membantu memilih fitur liburan virtual tersebut, Tri Indonesia telah melakukan uji coba internal terbatas terkait konsumsi data yang dibutuhkan pada enam situs tur virtual populer.

Pengalaman liburan virtual yang disajikan pun berbeda-beda seperti foto 360 derajat, teknologi street view, dan streaming video panorama. Situs yang diuji meliputi AirPano, artsandculture.google.com, dan np360.com.hk sementara Expedia, LonelyPlanet, dan TheIndonesiaTravel tersedia di Youtube.

Pada situs-situs tersebut membutuhkan rata-rata kuota 120 MB untuk jalan-jalan virtual menggunakan foto 360 derajat membutuhkan, rata-rata 30 MB dengan menggunakan teknologi Street View, dan rata-rata 350 MB untuk streaming video panorama tempat wisata dengan kualitas 720p.

Tes tersebut menunjukan konsumsi data yang dibutuhkan selama 30 menit. Teknologi Street View yang mengandalkan GPS dan rangkaian gambar menjadi fitur liburan virtual yang paling hemat data. Di sisi lain, streaming video menjadi fitur yang paling banyak mengonsumsi data.

Menanggapi hal ini, Desmond Cheung selaku Chief Technical Officer Hutchison 3 Indonesia mengatakan bahwa tur virtual memberikan hiburan bagi kita dan keluarga yang harus menunda rencana perjalanan ketika liburan sekolah sekarang ini.

“Dengan fitur-fitur seperti teknologi Street View dan video 360 derajat, kita dapat membayangkan bagaimana rasanya menelusuri tempat wisata favorit tanpa harus keluar dari rumah. Kami berharap teknologi dan produk kami dapat membantu pelanggan kami menikmati liburan virtual mereka,” ujarnya.

Sebagai tambahan informasi pada bulan April 2020, Tri Indonesia juga telah menyiapkan teknologi pendukung jaringan seperti Dynamic Spectrum Sharing (DSS) dan Core Network Function Virtualization (NFV) yang akan mengoptimalkan kapasitas koneksi 4.5G Pro serta meningkatkan kecepatan jaringan hingga 8x.

Dengan dukungan teknologi tersebut, pengguna dapat menikmati streaming konten-konten digital seperti foto Street View dan video 360 derajat yang lebih lancar. Untuk menyiasati kebutuhan data liburan virtual, Tri juga menawarkan paket data dengan kuota lebih besar yang aktif selamanya yakni AlwaysOn 8GB dan 16GB.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar