Smartphone

Perbandingan Redmi Note 9 Vs realme Narzo, Serupa Tapi Tak Sama

Perbandingan Redmi Note 9 vs realme Narzo Header

Gadgetren –¬†Smartphone seharga Rp 2 jutaan kini memang seperti kacang goreng dan menjadi primadona bagi para penggemar. Baru saja meluncur hari ini misalnya, sehari kemudian bahkan hanya dalam hitungan jam bisa cepat ludes disikat oleh pembeli yang berminat.

Hal ini dibuktikan dengan kehadiran dua smartphone yang belakangan ini baru saja meramaikan pasar online Indonesia, yakni Redmi Note 9 dan realme Narzo.

Redmi Note 9 yang dirilis pada 9 Juni 2020 kemarin dalam waktu 4 jam sudah dipesan sebanyak 20 ribu unit. Sementara realme Narzo yang baru hangat-hangatnya meluncur sepertinya bakal mengikuti sejarah Redmi Note 9 lantaran harganya yang terjangkau.

Supaya tidak menimbulkan kebimbangan dalam memilih yang mana kiranya cocok untuk kalian pinang. Tim Gadgetren akan kupas dalam artikel ini mengenai komparasi fitur mendasar dari kedua smartphone tersebut, mengingat keduanya sama-sama membawa prosesor besutan MediaTek lho.

Pertama kita akan bahas dari chipset-nya yang sama, namun beda model. Adapun Redmi Note 9 menggunakan prosesor MediaTek Helio G85 sedangkan realme Narzo dengan MediaTek Helio G90T.

Dari kedua MediaTek Helio ini didapat bahwa MediaTek Helio G90T yang dimiliki oleh Redmi Note 9, baik mesin CPU dan GPU, memiliki kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan realme Narzo. Tentunya walaupun sama-sama membawa MediaTek Helio, tapi kemampuan keduanya berbeda dari sisi kinerja, dukungan kamera, hingga berbagai macam fitur yang dibawanya.

Mari kita lihat lebih jauh dari kapasitas RAM dan ROM atau penyimpanan internal yang masing-masing disematkan untuk mendukung kedua chipset smartphone tersebut. Redmi Note 9 sendiri hadir di Indonesia dengan dua pilihan RAM 4GB atau 6GB dengan ROM 64GB atau 128GB, sedangkan realme Narzo hanya satu pilihan RAM 4GB dan ROM 128GB.

Redmi Note 9 Feature

Persamaan selanjutnya terletak pada sektor kamera yang mana kedua smartphone ini sama-sama menggunakan konfigurasi empat kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 48MP, ultrawide 8MP, makro 2MP, sekunder 2MP.

Lalu bagaimana dengan kamera depannya? Nah untuk kamera depan, kedua smartphone ini menawarkan hal yang berbeda. Redmi Note 9 menggunakan kamera depan yang mempunyai resolusi 13MP sementara realme Narzo memiliki resolusi lebih besar, 16MP.

Persamaan lainnya juga terdapat pada layarnya yang sama-sama mengusung layar 6,5 inci, tetapi layar Redmi Note 9 sedikit lebih luas dengan tambahan 0,03 inci sehingga menjadi 6,53 inci. Keduanya pun hadir dengan layar IPS LCD beresolusi Full HD+, namun Redmi Note 9 mempunyai resolusi Full HD+ 2340 x 1080 piksel dan realme Narzo beresolusi 2400 x 1080 piksel.

Beralih ke kapasitas baterainya, Redmi Note 9 memiliki kapasitas baterai yang lebih besar 5.020mAh dengan dukungan pengisian cepat 18W. Meskipun demikian pengisian cepat yang dibawa realme Narzo lebih besar dibanding Redmi Note 9, yakni mendukung 30W untuk baterai 4.300mAh.

realme-Narzo

Perbandingan terakhir, Redmi Note 9 memiliki sensor fingerprint pada bagian belakang bodinya di bawah tempat modul empat kamera belakangnya, sedangkan realme Narzo terletak pada sisi samping kanan bodinya.

Bisa dibilang keduanya mempunyai keunggulan masing-masing dari beberapa aspek. Redmi Note 9 unggul dalam baterainya yang besar dengan pilihan RAM dan ROM beragam, sementara realme Narzo unggul pada kamera depan beresolusi besar dan prosesor lebih bertenaga.

Tinggalkan Komentar

2 Komentar