ASUS Zenbook 14 OLED UM3406
Berita

OPPO Ungkap Salah Satu Rahasia Find X2 Pro dan Find X2 Duduki Posisi Puncak Peringkat AnTuTu

OPPO Find X2 Pro Layar

Gadgetren – Pada laporan AnTuTu di bulan Mei 2020, OPPO Find X2 dan Find X2 Pro secara resmi menjadi perangkat dengan posisi teratas dari 10 smartphone Android dalam hal performa paling bertenaga.

Find X2 Pro berhasil menduduki posisi puncak berkat kombinasi chipset Qualcomm Snapdragon 865 Octa-Core, RAM 12 GB, dan penyimpanan internal 256 GB sehingga berhasil mendapatkan skor 604.123 poin.

Sementara Find X2 menduduki posisi kedua dengan skor 600.884 poin berkat kombinasi chipset Qualcomm Snapdragon 865 Octa-Core, RAM 8 GB, dan penyimpanan 256 GB. Meskipun membawa spesifikasi hardware yang mumpuni, namun OPPO mengungkapkan satu aspek lain yang membuat kedua produk ini bisa mempunyai performa sangat bertenaga.

AnTuTu Mei 2020 Tercepat

Faktanya aspek sistem operasi menjadi salah satu penunjang yang memiliki peranan vital di smartphone OPPO, termasuk Find X2 Pro dan Find X2. Dengan tujuan untuk memastikan kecepatan dan kelancaran, ColorOS besutan OPPO menjadi sistem operasi modifikasi pertama di industri smartphone yang dibekali teknologi mesin anti-fragmentation.

Teknologi ini memungkinkan memori ponsel untuk mengurangi frekuensi fragmentasi memori hingga 99% serta meningkatkan kecepatan pengelolaan blok besar pada RAM hingga 18%. Hal ini juga mengurangi kemungkinan terjadinya splash screen, flashback, dan crash yang disebabkan oleh fragmentasi memori virtual hingga 93%.

Aryo Meidianto A selaku PR Manager OPPO Indonesia mengungkapkan bahwa masalah fragmentasi memori pada sistem Android sudah lama menjadi kritikan pedas. OPPO mengatasi tantangan tersebut dengan menghadirkan mesin anti-fragmentation yang dapat secara signifikan meningkatkan kelancaran pada penggunaan smartphone untuk jangka panjang.

OPPO Find X2 Pro Tea Orange

Selanjutnya, UI First menjadi bagian yang sangat penting dalam ColorOS karena merupakan inti dari teknologi pada sistem buatan OPPO yang mengatur task scheduling dengan cerdas serta efisien dalam pembaruan dan pengelolaan memori serta akses IO.

Dengan teknologi ini, ColorOS mampu meningkatkan pemanfaatan RAM hingga 40% dan mendongkrak respon sistem hingga 30%, bahkan pada saat beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan. Selain itu, aplikasi pihak ketiga dapat memanfaatkan tampilan dan fungsi yang tersedia di UI First untuk penggunaan memori yang lebih efektif.

Apalagi UI First pada ColorOS 7.1 telah ditingkatkan untuk menambah kecepatan ketika menginstal, membuka, dan loading aplikasi. Selanjutnya, terdapat teknologi Hyper Boost 3.0 pada ColorOS yang mampu meningkatkan kemampuan scene boost, kestabilan frame rate, dan optimalisasi sentuhan pada layar.

ColorOS 7 Feature

Selain mampu meningkatkan keseluruhan performa pada sistem operasi, game, dan aplikasi, teknologi ini juga meningkatkan daya tahan baterai dengan menyeimbangkan konsumsi daya dan kinerja. Hyper Boost 3.0 bekerja dengan cara mengaktifkan komunikasi dua arah secara real-time antara aplikasi dan sistem sehingga dapat mengoptimalkan alokasi sumber daya sistem secara menyeluruh.

Dengan banyak fitur dan kemampuan yang ditawarkan oleh ColorOS, kinerja software serta hardware yang dimiliki Find X2 Pro dan Find X2 menjadi bertenaga.

ASUS Zenfone 11 Ultra

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar