Sponsored Content

ColorOS 7 Punya Focus Mode Lho, Bikin Kerja Tenang Tanpa Diganggu Notifikasi

Cara Mengaktifkan Focus Mode OPPO A92 Feature

Gadgetren – Tidak hanya smartphone baru saja, kini beberapa perangkat lama buatan OPPO sudah mendapatkan sistem ColorOS 7 yang merupakan hasil modifikasi dari sistem operasi Android 10.

ColorOS 7 menghadirkan beragam fitur menarik yang dapat membantu pengguna smartphone OPPO, salah satunya terdapat pada Focus Mode. Fitur yang satu ini dapat membuat pengguna lebih fokus ketika sedang belajar maupun bekerja.

Focus Mode dapat membuat penggguna smartphone OPPO tidak terinterupsi atau terganggu dengan aktivitas lain di smartphone sehingga dapat selalu fokus mengerjakan tugas yang penting. Fitur ini mampu menyembunyikan atau membatasi aplikasi yang pengguna pakai selama aktivitas berlangsung.

OPPO A92 Tombol Fisik

Sementara itu, Focus Mode dapat memblokir semua notifikasi maupun pesan dari SMS, aplikasi chat, media sosial, maupun email yang masuk selama pengguna sedang fokus dalam pekerjaan pentingnya. Pengguna juga dapat mengaktifkan atau menonaktifkan panggilan telepon sesuai dengan tingkat kepentingan.

Pada tampilan utama Focus Mode, pengguna dapat melihat mantra atau kata-kata motivasi ketika sedang fokus dalam tugas utamanya. Mantra ini sendiri dapat diisi dan disesuaikan dengan keinginan penggunanya agar menjadi penyemat ketika sedang berkonsentrasi dalam melakukan sesuai yang penting.

Selanjutnya, terdapat timer yang dapat digunakan sebagai pengingat waktu seberapa lama Focus Mode dijalankan. Secara bawaan, aplikasinya akan menyetel selama 50 menit. Namun waktunya sendiri dapat diatur sesuai keinginan pengguna seberapa lama ingin fokus pada pekerjaan yang sedang dilakukan, mulai dari 5 menit hingga 120 menit.

OPPO Focus Mode Running

Apabila waktu telah berakhir, maka Focus mode akan memberikan peringatan dengan waktu yang telah diatur dan mantra yang telah dibuat. Dalam hal ini, kamu dapat mengaktifkan kembali fitur ini untuk berkonsentrasi terhadap pekerjaan atau keluar untuk melakukan aktivitas lainnya.

Untuk membuat pengguna lebih rileks, Focus Mode ini juga menyediakan empat tema dengan suara dan video berberak untuk membuat lebih rileks. Apabila memilih tema Summer Night, maka pengguna akan dihadapkan pada suara jangkrik dan video kunang-kunang di malam hari.

Sementara jika memilih tema Waves, maka pengguna akan mendengarkan suara ombak dan burung yang sedang terbang diiringin dengan video gelombang air laut yang sedang bergerak. Selanjutnya, tema Wheat Field dapat menghadirkan suara alunan piano klasik yang diiringi dengan wallpaper.

Berbeda dengan tiga tema sebelumnya, Ambient Noise tidak akan menghadirkan suara dan hanya menghadirkan wallpaper statis sehingga pengguna dapat lebih fokus dalam mengerjakan tugas pentingnya. Bagi kamu yang ingin mngaktifkan fitur ini di ColorOS 7, maka dapat melihat tutorialnya sebagai berikut ini.

Cara Mengaktifkan Fokus Mode di ColorOS 7

  1. Pertama, buka menu Quick Settings dengan menyapu atau swipe dari bagian atas ke bawah layar smartphone OPPO
  2. Selanjutnya, pilih menu Modes pada Quick Settings
  3. Menu Modes akan menampilkan beberapa pilihan, pilih Focus Mode
  4. Kamu secara otomatis akan langsung dibawa ke aplikasi Focus Mode
  5. Kamu dapat menentukan waktu untuk fokus pada timer, memilih tema, dan menekan tombol Start
  6. Setelah waktu berjalan, maka kamu dapat fokus terhadap tugas penting yang sedang dikerjakan

OPPO Focus Mode Active

Sebagai catatan, kamu juga dapat menentukan notifikasi aplikasi mana saja yang bisa aktif ketika Focus Mode sedang berjalan. Selain itu, waktu aktivasi Focus Mode dapat dijadwalkan secara otomatis pada menu atau aplikasi Settings di smartphone OPPO.

Menurut saya, fitur Focus Mode ini dapat mendukung pengguna smartphone OPPO agar dapat melakukan pekerjaannya secara efektif. Semoga tutorial ini dapat membantu kamu dalam berkonsentrasi penuh ketika melakukan tugas utamanya.

Tinggalkan Komentar