ASUS TUF Gaming F15
Tips dan Trik Handphone

Cara Menggunakan Focus Mode di OPPO Reno10 5G

Cara Menggunakan Focus Mode di OPPO Reno10 5G Header

Gadgetren – OPPO Reno10 5G merupakan salah satu ponsel kelas menengah OPPO yang dapat digunakan untuk menunjang aktivitas sehari-hari dari penggunanya mulai dari hiburan hingga pekerjaan.

Namun terkadang ada beberapa aplikasi seperti media sosial dan game yang sering diakses secara berlebihan sehingga mengganggu pekerjaan utama.

Untuk itulah pada OPPO Reno10 5G terdapat fitur Focus Mode yang dapat mengunci aplikasi-aplikasi sementara agar pengguna dapat fokus ketika sedang melakukan pekerjaannya. Aplikasi-aplikasi ini dapat diaktifkan kembali ketika pekerjaan pengguna telah selesai.

Cara Menggunakan Focus Mode di OPPO Reno10 5G

  • Buka aplikasi Settings.
  • Pilih menu Digital Wellbeing & parental controls.
    OPPO Reno10 5G - Focus Mode - 1
  • Scroll dan pilih menu Focus mode.
    OPPO Reno10 5G - Focus Mode - 2
  • Cari dan centang aplikasi yang akan dikunci.
    OPPO Reno10 5G - Focus Mode - 3
  • Selanjutnya, tekan tombol Turn on now.
    OPPO Reno10 5G - Focus Mode - 4
  • Notifikasi Focus mode is on akan muncul yang menandakan fitur ini telah aktif.
    OPPO Reno10 5G - Focus Mode - 5

Selain itu, semua aplikasi yang sudah ditandai tadi akan membuat ikonnya menjadi abu-abu ketika Focus mode telah aktif. Hal ini menandakan bahwa aplikasi sedang dinonaktifkan untuk sementara sehingga pengguna tidak dapat mengaksesnya.

OPPO Reno10 5G - Focus Mode - 6

Sementara notifikasi dari aplikasi-aplikasi tersebut tidak akan muncul di OPPO Reno10 5G untuk sementara waktu. Apabila pengguna memilih aplikasi terkunci yang berwarna abu-abu, maka pesan peringatan Focus mode is on akan muncul sambil memberitahukan bahwa aplikasi tersebut dan beberapa lainnya yang mengganggu sedang diistirahatkan.

Namun apabila pengguna ingin beristirahat sebentar dari pekerjaan dan membuka aplikasi yang dikunci, maka dapat menekan tombol Use app for 5 minutes yang mengizinkan pengguna untukg menggunakan aplikasi tersebut hanya 5 menit.

OPPO Reno10 5G - Focus Mode - 7

Setelah 5 menit berlalu, maka aplikasi akan dikunci kembali dan ikon menjadi abu-abu di Home Screen. Jeda waktu istirahat untuk bisa memakai aplikasi sebentar ketika Focus Mode aktif dapat diatur antara 5 menit, 15 menit, atau 30 menit.

Pengguna juga dapat menjadwalkan waktu hidup dan mati dari fitur Focus Mode dengan memanfaatkan fitur Set a schedule yang dapat diatur dari waktu mulai hingga berakhir pada hari-hari yang ditentukan .

OPPO Reno10 5G - Focus Mode - 8

Misalnya saja pengguna mengatur Focus mode aktif dari pukul 09.00 hingga 18.00 ditambah hari-hari yang ditentukan seperti Senin, Rabu, atau Kamis saja. Dengan begitu, pengguna tidak perlu mengaktifkan dan mematikan fitur ini secara manual.

Secara bawaan, pengguna juga dapat menemukan pintasan tombol Focus Mode yang telah tersedia di Quick Settings sehingga setelah melakukan pengaturan awal untuk penguncian aplikasi dapat mengaktifkan dan mematikan Focus mode secara mudah melalui tombol tersebut.

Bisa dibilang Focus Mode merupakan salah satu fitur menarik yang hadir di OPPO Reno10 5G agar membuat penggunanya lebih fokus dalam melakukan pekerjaan pentingnya dalam rutinitas harian.

Apabila kamu tertarik untuk meminang handphone ini, maka sudah dapat membelinya dengan harga resmi Rp5.999.000 (RAM 8 GB + penyimpanan internal 256 GB) melalui situs resmi OPPO Online Store.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar