Wah Fitur OPPO Yang Satu Ini Bisa Bikin Kamu Tenang Saat Pinjamkan Smartphone ke Teman

OPPO A92 Feature Display

Gadgetren – ColorOS 7.1 merupakan sistem antarmuka baru yang dikembangkan oleh OPPO dengan basis sistem operasi Android 10. Hampir semua smartphone baru OPPO sudah menggunakan sistem ini dan beberapa smartphone lama pun telah mendapatkan sistem ini dalam update terbaru.

Menariknya, ColorOS 7.1 telah menghadirkan beragam fitur menarik yang dapat membantu aktivitas sehari-hari penggunanya. Soal urusan privasi, sistem ini telah menghadirkan fitur Multi-User yang membuat pengguna dapat lebih tenang ketika meminjamkan smartphone ke teman maupun keluarga.

Dengan hadirnya fitur ini, pengguna dapat membuat banyak akun dalam satu smartphone OPPO. Nantinya setiap akun ini akan mempunyai tampilan dengan privasi berbeda sesuai dengan keinginan penggunanya.

OPPO MultiUser

Misalnya saja akun utama yang kamu miliki akan mempunyai wallpaper, pengaturan sistem, password, fingerprint, face unlock, foto, dokumen, game, dan aplikasi yang berbeda dengan akun tambahan yang telah dibuat. Dengan kata lain, space atau ruang smartphone yang dimiliki oleh akun utama akan berbeda dengan akun tambahan.

Hal ini sangat memudahkan kamu menjaga privasi ketika kamu meminjamkan smartphone kepada teman, keluarga, atau rekan lainnya. Semua data penting yang berada di akun utama tidak akan terlihat sama sekali oleh orang lain yang hanya membuka akun tambahan.

Nah bagi kamu yang penasaran untuk mengaktifkan fitur Multi-User di smartphone OPPO yang menggunakan ColorOS 7.1, maka dapat melihat tutorialnya sebagai berikut ini.

Aktivasi Multi-User di ColorOS 7.1

  1. Pertama, buka menu atau aplikasi Settings pada smartphone OPPO
  2. Selanjutnya pilih menu User & Accounts
  3. Kemudian pilih menu Multi-User
  4. Pada halaman Multi-User, tambahkan akun baru dengan memilih menu Add User
  5. Setelah dipilih, maka kamu dapat menentukan foto dan nama akun tambahan ini
  6. Jika suda selesai, maka pilih Add untuk menambahkan
  7. Selanjutnya, kamu akan dihadapkan menu pengaturan akun tambahan ini
  8. Pengaturan akunnya sendiri hampir mirip layaknya baru pertama kali mengaktifkan smartphone OPPO
  9. Ikuti proses hingga selesai
  10. Kamu akan masuk ke dalam homescreen layaknya smartphone baru
  11. Selamat, akun tambahan anda telah aktif
    OPPO MultiUser Step

Sebagai catatan, semua data yang ada di akun utama baik itu foto, video, musik, dokumen, aplikasi, game, history telepon, SMS, dan data lainnya tidak akan muncul sama sekali di akun tambahan. Tentu saja hal ini dapat menjaga privasi dan data penting yang berada di akun utama agar tidak diotak-atik.

Bahkan secara bawaan, akun tambahan ini tidak dapat melakukan panggilan telepon dan SMS sama sekali. Namun apabila diperlukan, maka kedua fungsi tersebut dapat diaktifkan di halaman Multi-User. Selain bisa menambahkan akun, sebenarnya ColorOS 7.1 juga menyediakan akun Guest pada fitur Multi-User.

OPPO MultiUser Step2

Hanya saja, akun Guest ini lebih terbatas dibandingkan dengan akun tambahan karena fungsi SMS sama sekali tidak dapat diaktifkan. Sementara, fungsi panggilan telepon masih dapat diaktifkan atau dimatikan pada akun yang satu ini.

Maka dari itu, Multi-User merupakan salah satu fitur yang sangat bermanfaat bagi pengguna yang memiliki smartphone OPPO dengan ColorOS 7.1 untuk menjaga data pribadinya agar tidak dilihat orang lain. Selain itu, aktivasi dan pengaturan akunnya pun sangat mudah untuk dilakukan.

Tinggalkan Komentar