Berita

Drobox Passwords Beta Sambangi Google Play, Bawa Enkripsi Zero-Knowledge

Drobox Passwords Beta Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Perusahaan penyedia data berbasis web, Dropbox, berupaya untuk merambah ke bidang yang lebih segar dengan menambahkan pengelola kata sandi bernama Dropbox Passwords ke dalam layanannya.

Perusahaan yang menjalankan bisnis secara freemium itu bahkan sudah tercatat sedang menguji aplikasi khusus untuk layanan baru tersebut melalui program Early Access di ekosistem Google Play Service.

Meskipun secara tegas membawa keterangan Invite Only (khusus undangan), para pengguna Android menariknya sudah bisa mengunduh aplikasi beta Dropbox Passwords melalui halaman Google Play Store secara langsung.

Pengguna yang tertarik dalam hal ini bisa mencarinya menggunakan kata kunci Dropbox Passwords atau mengeklik tautan berikut ini untuk menuju ke halaman aplikasi tersebut dan memasangnya ke ponsel pintar.

Hanya saja sesuai dengan keterangan “khusus undangan” yang sempat kami singgung sebelumnya, hanya pengguna tertentu yang akan diizinkan untuk masuk ke layanan Dropbox Passwords melalui aplikasi tersebut.

Saya sendiri sudah mencoba untuk masuk ke dalam layanan meskipun tidak terdaftar ke dalam pengguna yang diizinkan. Sebagai hasilnya, saya mendapati sebuah halaman yang menerangkan bahwa Dropbox Passwords masih dalam tahap beta dan hanya tersedia untuk sekelompok kecil konsumen.

Drobox Passwords Uji Coba

Lebih lanjut, informasi yang disampaikan Dropbox dalam halaman Google Play Store secara umum menunjukkan bahwa layanan Dropbox Passwords pun akan berjalan seperti pengelola kata sandi lain.

Yang mana dalam hal ini, layanan akan mengingat semua kata sandi pengguna di tempat yang aman dan membantu mereka memasukkan data-data yang diperlukan saat akan masuk ke dalam web atau aplikasi tertentu secara instan.

Dropbox Passwords pun memiliki fitur sinkronisasi otomatis yang memungkinkan para pengguna mengakses semua kata sandi yang terdaftar dari mana saja melalui semua perangkat yang digunakan.

Dropbox Passwords juga akan melindungi semua kata sandi yang tersimpan dengan enkripsi tanpa pengetahuan (Zero-Knowledge). Hal ini mengartikan bahwa hanya pengguna sendiri yang akan mengetahui kata sandinya sehingga akan sangat aman meskipun sedang diretas.

Drobox Passwords Google Play Store

Pada halaman sambutannya, Dropbox Passwords juga mengindikasikan bahwa pengguna perlu berlangganan Dropbox Plus atau Dropbox Professional agar bisa menikmati layanan pengelola kata sandi tersebut.

Bagi kamu yang belum tahu, biaya langganan Dropbox Plus sendiri adalah USD 9,99 (sekitar Rp 140 ribu) per bulan dan biaya langganan Drobox Professional adalah USD 16,58 (sekitar Rp 230 ribu) per bulan untuk penagihan tahunan.

Sementara untuk penagihan bulanan, langganan Dropbox Plus akan menjadi USD 11,99 (sekitar Rp 170 ribu) per bulan dan Drobox Profesional menjadi USD 19,99 (sekitar Rp 280 ribu) per bulan.

Tinggalkan Komentar