ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik

Jelajah Fitur “Tersembunyi” Samsung Galaxy S20 Series

Samsung Galaxy S20 Ultra

Gadgetren – Pada bulan Maret 2020 silam Samsung Electronics Indonesia secara resmi meluncurkan lini smartphone flagship terbarunya, yakni Galaxy S20 Series.

Sebagai smartphone kelas atas, lini smartphone ini mempunyai spesifikasi hardware dan fitur-fitur yang menarik untuk menunjang aktivitas sehari-hari, mulai dari performa yang bertenaga hingga kemampuan kamera yang canggih.

Denny Galant selaku Head of Product Marketing IT & Mobile Samsung Electronics Indonesia mengungkapkan bahwa Samsung Galaxy S20 Series hadir dengan fitur-fitur yang secara khusus dirancang untuk mempermudah penggunanya melakukan beragam aktivitas dan menikmati banyak keseruan di dunia.

”Samsung Galaxy S20 Series tidak hanya menawarkan spesifikasi yang mutakhir, namun juga hadir dengan dukungan software yang intuitif. Semakin dalam dijelajahi, maka pengguna akan menemukan fitur-fitur tambahan yang inovatif untuk memudahkan keseharian mereka,” tambah Denny.

Selain itu, ternyata Samsung Galaxy S20 Series mempunyai “Fitur Tersembunyi” yang dapat diulik lebih jauh untuk membuat produktivitas penggunanya lebih meningkat dalam kegiatan harian.

Live Caption

Fitur Live Caption yang hadir pada Galaxy S20 Series ini dapat digunakan untuk menghadirkan caption secara otomatis ketika penggunanya sedang menikmati media-media tertentu secara real-time.

Contohnya pada saat pengguna sedang menonton video berbahasa Inggris di YouTube, maka fitur ini akan memunculkan transkrip atau caption secara langsung di bagian bawah layar. Untuk mengaktifkan fitur yang satu ini, kamu dapat mengikuti langkah berikut:

  1. Pertama, pengguna dapat membuka aplikasi atau menu Pengaturan
  2. Pada halaman Pengaturan, pengguna dapat memilih menu Aksesibilitas
  3. Selanjutnya, pengguna dapat memilih menu Peningkatan Pendengaran dan mengaktifkan fitur Live Caption atau Teks Otomatis
  4. Setelah fitur ini aktif, maka pengguna dapat menikmati transkrip otomatis di dalam video yang sedang ditonton

Mode Perekam Instan Pada Aplikasi Kamera

Kamera merupakan salah satu keunggulan yang dimiliki oleh smartphone Galaxy S20 karena mampu menghasilkan foto dengan kualitas yang bagus di berbagai kondisi, baik siang maupun malam hari. Pada aplikasi kamera bawaan, biasanya pengguna akan diarahkan langsung pada tombol Take Picture ketika akan mengambil foto.

Namun ternyata tombol ini memiliki banyak fungsi, salah satunya mengambil foto dan merekam video tanpa harus mengubah mode foto ke mode video. Untuk melakukan hal tersebut, pengguna cukup menahan tombol Take Picture atau Kamera lebih lama hingga berubah secara otomatis menjadi mode video.

Bisa dibilang fitur ini cukup berguna bagi pengguna yang tadinya ingin mengabadikan momen dalam bentuk foto, namun ternyata lebih seru diubah menjadi bentuk video. Selain itu, pengguna juga dapat membuat gambar GIF menggunakan tombol Take Picture atau Kamera dengan cara sebagai berikut ini:

  1. Pertama, pengguna dapat membuka aplikasi kamera bawaan
  2. Kemudian, pengguna dapat membuka menu Pengaturan kamera
  3. Pada pilihan Usap tombol Rana Tepi, pengguna dapat memilih mode Buat GIF
  4. Selanjutnya, pengguna dapat mengusap tombol Take Picture atau Kamera ke bawah
  5. Terakhir, pengguna dapat mengabadikan momen dalam bentuk gambar GIF
  6. Hasilnya dapat langsung dibagikan ke teman atau keluarga melalui media sosial maupun aplikasi chatting

Asisten Pribadi Bixby

Dibandingkan dengan generasi sebelumnya, Bixby pada Galaxy S20 Series mengalami peningkatan fitur dan telah dioptimalkan untuk membantu penggunanya lebih dari sekadar asistem pribadi.

Terdapat fitur Bixby Routine yang memungkinkan pengguna dapat mengatur mode dering getar atau normal secara mudah pada Galaxy S20 Series sesuai dengan rutinitas kesehariannya, mulai dari olahraga, aktivitas di pagi hari, bekerja, aktivitas di malam hari, dan masih banyak lagi.

Selain itu, Bixby yang hadir pada Galaxy S20 Series dapat digunakan untuk beragam fungsi yang terdiri dari mencatat tanggal-tanggal penting di kalender, mematikan notifikasi untuk setiap aplikasi, mematikan suara kamera, mengaktifkan flight mode atau do not disturb saat bermai game, dan masih banyak lagi.

Dari semua “Fitur Tersembunyi” yang dimiliki oleh Galaxy S20 Series, kira-kira fitur mana yang akan sering kamu gunakan? Sementara itu, bagi kamu yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai Galaxy S20 Series ini maka dapat melihatnya pada situs resmi Samsung Indonesia.

Namun apabila kamu tertarik untuk membeli Galaxy S20 Series ini, maka dapat melihat promo penjualannya melalui situs resmi Galaxy Launchpack.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar