Berita

Chipset MediaTek Dimensity 820 Dirilis! Dukung Jaringan 5G, AI, dan HyperEngine 2.0

MediaTek Dimensity 820 copy

Gadgetren – Sebelumnya MediaTek telah meluncurkan chipset Dimensity 1000 untuk berbagai perangkat premium yang mendukung jaringan 5G.

Nah kini MediaTek baru saja meluncurkan chipset varian terbaru untuk kelas di bawahnya yang bernama Dimensity 820. Chipset ini menghadirkan jaringan 5G yang cepat dan membawa beragam inovasi terbaru MediaTek dalam multimedia, kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI), dan Pencitraan.

Dr. Yenchi Lee selaku Assistant Genera Manager Wireless Communications Business Unit MediaTek mengatakan bahwa Dimensity 1000 sudah memberdayai berbagai perangkat 5G flagship di banyak negara. Dengan Dimensity 820 baru ini, MediaTek sekarang membuat 5G lebih bisa diakses.

MediaTek Dimensity 820 All

“Untuk bersaing dengan kompetitor, Dimensity 820 dibekali dengan CPU 8 inti dengan kombinasi 4 inti ARM Cortex-A76 berkinerja tinggi hingga 2,6 GHz ditambah 4 inti ARM Cortex-A55 hingga 2 GHz yang mampu menghadirkan kinterja dan tingkat respon yang cepat, khususnya dalam pengalaman fotografi, AI, dan gaming,” tambah Dr. Yenchi Lee.

GPU 5 inti ARM Mali-G57 disematkan juga pada Dimensity 820 untuk mendukung kinerja grafis yang tinggi ketika smartphone menjalankan game, aplikasi, maupun sistem operasi. Terdapat juga peningkatan pada teknologi HyperEngine 2.0 yang membuat pengguna smartphone dapat bermain beragam game mobile terbaru dengan mulus tanpa hambatan.

Digabungkan dengan GPU ARM Mali-G75, HyperEngine 2.0 akan menghadirkan pengalaman bermain game yang mulus pada pengguna smartphone dengan optimasi jaringan internet, animasi game yang halus, grafis yang ditingkatkan, dan sentuhan jari yang lebih responsif pada layar.

Teknologi ini diklaim MediaTek mampu secara pintar mengatur beragam sumber daya mulai dari CPU, GPU, dan RAM untuk mengoptimalkan daya dan kinerja.

Sementara itu, Dimensity 820 juga dibekali dengan APU (AI Processing Unit) 3.0 yang menyediakan kemampuan kamera AI lebih canggih sehingga pengguna smartphone dapat mengambil gambar dan video dengan kualitas yang bagus.

Terdapat juga ISP (Image Signal Processor) native-HDR MediaTek Imagiq 5.0 pada chipset ini yang mendukung hingga empat kamera dan sensor hingga resolusi 80 MP. ISP ini menyediakan fleksibilitas desain lebih banyak bagi pembuat smartphone.

MediaTek Dimensity Header

Dimensity 820 mampu mendukung layar smartphone dengan refresh tinggi 120 Hz sehingga mampu menampilkan gerakan transisi dengan mulus. Sementara MediaTek MiraVision yang hadir pada chipset ini menawarkan visual yang tajam dalam video dan streaming.

Sebagai chipset tahun 2020, MediaTek Dimensity 820 mengintegrasikan modem 5G NR (sub-6GH) dengan teknologi MediaTek 5G UltraSave, termasuk 5G UltraSave Network Environment Detection dan 5G UltraSave OTA Content Awareness yang bersama-sama menghadirkan efisiensi daya yang irit di kelasnya.

Tak lupa, teknologi 5G Carrier Aggregation (CA) yang mendukung chipset ini mampu menghadirkan kecepatan rata-rata lebih tinggi dan perpindahan mulus antar dua wilayah koneksi 5G untuk konektivitas yang stabil. Menurut bocoran yang beredar, chipset ini akan digunakan oleh Redmi Note 10.

Tinggalkan Komentar