Berita Laptop

ASUS Umumkan Jajaran Laptop ROG Baru Yang Bawa Intel Gen 10 Core H-series

 

ASUS ROG Strix SCAR 1517 Header

Gadgetren – Melalui ROG Zephyrus Duo 15 dan ROG Strix SCAR 15/17, ASUS telah mengumumkan jajaran baru yang masuk dalam lini laptop gaming ROG yang menggunakan prosesor Intel Core H-series generasi ke-10.

Prosesor ini merupakan generasi terbaru dari Intel dan label H-series yang melekat menandakan bahwa ia dirancang untuk perangkat berperforma tinggi seperti laptop yang khusus hadir untuk gaming dan konten kreator.

Pihak ASUS menyebutkan bahwa prosesor yang memiliki nama lain Comet Lake ini masih dibangun dari arsitektur yang sama dengan generasi sebelumnya, namun telah lebih dioptimalisasi. Namun, prosesor Intel Core H-series generasi ke-10 ini memiliki keunggulan clock speed yang lebih kencang dari generasi sebelumnya.

“Prosesor ini tampil dengan clock speed hingga 5,3GHz pada mode Thermal Velocity Boost, tepatnya pada Intel Core i9-10980HK yang merupakan seri tertinggi di jajaran prosesor Intel Core H-series generasi ke-10,” tulis ASUS.

Thermal Velocity Boost sendiri merupakan fitur baru yang memungkinkan beberapa seri prosesor Intel Core H-series generasi ke-10 untuk berjalan lebih kencang dari mode Turbo Boost yang ada di prosesor generasi sebelumnya.

Prosesor ini juga mendukung RAM yang lebih cepat hingga 2999MHz (dual-channel) dengan kapasitas hingga 128GB. Berbeda dengan generasi sebelumnya, prosesor Intel generasi ke-10 kali ini dapat mendukung dua controller Thunderbolt 3 dan WiFi 6 (802.11ax) yang lebih kencang.

Adapun jajaran Intel Core H-series generasi ke-10 yang diadopsi oleh laptop ROG terbaru terdiri dari empat seri, yakni Core i7-10750H dan Core i7-10850H yang menggunakan konfigurasi 6 core 12 thread, serta dua seri prosesor paling tinggi Core i7-10875H dan i9-10980HK hadir dengan konfigurasi 8 core dan 16 thread.

Peningkatan jumlah core dan thread di semua lini prosesor menunjukkan bahwa prosesor ini juga dirancang untuk para konten kreator yang sebagian besar aplikasi pendukungnya membutuhkan jumlah core serta thread yang banyak agar dapat berjalan lebih lancar.

Tim ASUS sendiri telah melakukan pengujian secara independen mengenai perbandingan performa antara prosesor Intel Core H-series generasi ke-10 dengan generasi sebelumnya.

Dari hasil pengujian tersebut, dapat terlihat bahwa prosesor Intel Core H-series generasi ke-10 secara keseluruhan memiliki performa yang lebih baik dari pendahulunya dengan peningkatan rata-rata performa hingga 28%.

Satu hal yang menarik dari hasil pengujian menunjukkan bahwa prosesor Intel Core i7-10875H memiliki skor yang lebih tinggi dari prosesor Intel Core i9-9880H di semua lini pengujian.

Tinggalkan Komentar