Berita Perangkat Pintar

Widya Wicara Prima, Smart Speaker Buatan Anak Bangsa Yang Bisa Berinteraksi

Widya-Wicara-Header

Gadgetren – Hari ini PT Widya Informasi Nusantara memperkenalkan smart speaker karya anak bangsa melalui online media session, yakni Widya Wicara Prima.

Handlee Susanto selaku Chief Marketing Officer PT Widya Informasi Nusantara mengungkapkan bahwa Smart Speaker berbahasa Indonesia ini dilengkapi dengan teknologi Artificial Intelligence (AI) dan Neutral Language Processing (NLP) untuk memproses pertanyaan dan perintah suara yang diberikan oleh penggunanya.

Dalam tayangan video teaser, teknologi yang dihadirkan Widya Wicara membuat suara yang dihasilkan terdengar sangat natural dan interaktif, selayaknya berbicara dengan teman di kehidupan sehari-hari.

Handlee juga menuturkan bahwa penamaan produk ini sendiri berasa dari bahasa Sansekerta (Sanskrit), Widya yang berarti Ilmu Pengetahuan. Pihaknya bersama tim menyepakati nama produk tersebut sebagai Speaker asli buatan Indonesia.

“Dengan target pasar untuk segala usia dengan konten-kontennya yang beragam. Kami merancang Widya agar mampu mencerdaskan masyarakat dengan memberi akses lebih kepada informasi yang berguna,” ujarnya kepada tim Gadgetren setelah acara peluncuran secara live streaming.

Bicara soal keunggulannya, Smart Speaker ini dibekali dengan berbagai konten dan fitur menarik yang membuatnya dapat diandalkan dalam berbagai situasi.Patrick Fernando Simamora Chief Operation Officer (COO) PT Widya Informasi Nusantara menjelaskan fitur-fitur yang dibawanya.

Speaker pintar ini memiliki pemutar musik, radio, podcast dengan beragam tema, informasi seputar kesehatan, pantau Corona, membaca Al-Qur’an, fitur Ramadhan, berita, perkiraan cuaca, kalender, membaca buku, pengingat waktu, alarm, kuis interaktif (periode tertentu), kalkulator, membaca horoskop, serta Q&A (Question and Answer).

“Speaker ini juga dilengkapi dengan 6 buah mikrofon, dimensi 95mm x 95mm, tinggi 180mm, punya 8GB internal storage yang tidak didapat di speaker pada umumnya,” tuturnya. Selain itu, peaker Widya ini memiliki sumber yang kredibel seperti Svara, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Pro Sehat, Audio Buku, Muslimnesia, dan sumber-sumber lainnya.

Widya-Wicara-Prima

Speaker Widya ini juga dilengkapi dengan 12 pcs LED, Bluetooth versi 4.0, Wi-Fi 2.4G, Speaker Power/Output terdiri dari 5W/ 3W (Output), frekuensi speaker 150Hz – 18Khz (±6dB), dan daya 12V/1.5A

Adapun seluruh fitur dalam Widya Wicara Prima dapat dilakukan hanya dengan komando suara, tanpa harus menekan tombol apapun. Widya pun dapat diaktifkan hanya dengan mengucapkan “Hai Widya” atau “Halo Widya” setelah terhubung dengan koneksi internet dan mengunduh aplikasi Widya Wicara di Playstore.

Saat ini Widya bisa didapatkan baik secara online di Shopee dan nantinya secara offline di gerai yang berada di beberapa kota seperti JABODETABEK, Medan, Pekanbaru, Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya dan Makassar. Produk ini dipasarkan dengan harga Rp 1.499.000 serta memiliki dua pilihan warna yakni hitam dan putih.

Tinggalkan Komentar