ASUS TUF Gaming FX507
Berita

Riset iPrice: PS4 Jadi Konsol Favorit Yang Dimainkan Selama PSBB di Indonesia

PS4 Header

Gadgetren – iPrice Group merilis riset terbaru mengenai game konsol paling populer yang digunakan oleh para gamer Asia di tengah penerapan lockdown dampak dari wabah virus Corona.

Riset ini berawal dari data analisis yang dilakukan oleh NDP Group melaporkan bahwa penjualan Nintendo Switch pada bulan Maret 2020 dua kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan tahun lalu.

Hal ini ditandai dengan rilisnya Animal Crossing pada Maret 2020 lalu yang juga memberikan kenaikan penjualan Nintendo Switch yang luar biasa. iPrice sendiri telah menganalisis 1,5 juta pencarian yang dilakukan pada platform belanja online yang mencakup negara Malaysia, Singapura, Indonesia, Thailand, Vietnam, Filipina, dan Hong Kong.

“Hasilnya menunjukkan bahwa meskipun Nintendo Switch menjadi konsol game yang paling populer, memimpin di lima dari tujuh negara, pada akhirnya gagal melawan kompetitor utama mereka yakni PlayStation 4 di Vietnam dan Indonesia,” tulis iPrice.

Di Indonesia yang merupakan negara terpadat ke-4 di dunia, minat terhadap Switch hanya berkisar 61% dari minat untuk PS4. Data mengejutkan lainnya ialah PlayStation 3 menjadi konsol ke-3 yang paling dicari.

Sementara di Vietnam, hal serupa juga terjadi dimana minat untuk Switch jauh di bawah minat untuk PS4. Urutan ke-3 diduduki oleh Microsoft Xbox One sementara PlayStation 4 berada di urutan kedua di bawah Switch untuk negara Malaysia, Singapura, Filipina, dan Hong Kong. Beralih ke tren di Thailand, Xbox One berhasil beringsut di depan PS4 untuk berada di posisi ke-2.

iPrice-riset-konsol-game-Header.

Namun, secara keseluruhan Nintendo Switch masih merupakan konsol game yang paling diminati di Asia. Hal ini erat kaitannya dengan adanya aturan jaga jarak yang diterapkan di negara tersebut yang menjadikan banyak orang beralih ke permainan konsol game.

Dari pertengahan Maret hingga pertengahan April 2020 saja, minat untuk Nintendo Switch pada platform belanja online di wilayah Asia melonjak 245%. Sebagai perbandingan, minat untuk PS4 hanya meningkat sebesar 135%. Total permintaan untuk Switch sekarang menjadi 1,6 kali lebih tinggi dibandingkan PS4.

Hasil riset iPrice juga memperlihatkan, dalam waktu yang sama pencarian untuk semua konsol game di tujuh negara meningkat 115% secara keseluruhan dibandingkan periode sebelumnya. Vietnam memimpin dengan peningkatan 432%, diikuti Singapura sebesar 241%, dan Thailand sebesar 208%.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar