Berita

Tak Hanya Produk Kesehatan dan Makanan, iPrice Temukan Belanja Online Konsol Game Turut Naik

iprice-Tren-Minat-Belanja-Header

Gadgetren – iPrice telah menemukan bahwa tren minat belanja online masyarakat Indonesia meningkat selama periode Februari hingga Maret 2020. Menariknya tak hanya produk kesehatan dan makanan saja yang meningkat tapi juga konsol game.

Tren ini sendiri merupakan dampak penyebaran virus korona yang tengah terjadi di Indonesia sejak pemberlakuan bekerja dari rumah, jaga jarak, hingga pembatasan sosial berskala besar yang kini masih diterapkan di kota Jakarta. Hasil data ini diambil oleh iPrice dengan memanfaatkan data impression dari Google Analytics.

Tentunya di tengah pencegahan virus korona ini sudah bisa diprediksi bahwa produk kesehatan, seperti hand sanitizer mengalami peningkatan yang signifikan secara online di platform e-commerce. Sementara produk makanan meningkat pada pembelian online produk berjenis mie instan dengan jumlah satu dus hingga 159%.

Adapun pembersih tangan memiliki daya minat belanja tertinggi, yakni 5.585% diikuti Vitamin C dengan peningkatan minat belanja hingga 1.986%. Selain itu tren minat belanja terhadap pengukur suhu tubuh juga meningkat, mengingat gejala pada virus korona adalah suhu tubuh di atas 37,8 derajat celcius.

Sementara untuk termometer versi biasa ada peningkatan hingga 1.007%, sedangkan minat belanja paling tinggi ada pada produk termometer Lotus dengan rentang harga Rp 1.000.000- Rp 3.000.000.

Fitur-iprice-tren-minat-belanja-online

Selanjutnya ada masker mulut dengan peningkatan minat beli  sebesar 167%. Pada riset iPrice sebelumnya, harga dan minat belanja masker mulut sudah meningkat sejak bulan Januari 2020 pada saat kasus awal virus korona muncul di negara tetangga Singapura dan Malaysia.

Untuk mendukung pekerjaan dan belajar dari rumah, webcam muncul dengan peningkatan minat belanja hingga 1.572%. Peningkatan minat belanja secara online juga terjadi pada ATK (alat tulis kantor) pada kertas folio, sementara peningkatan minat belanja kertas meningkat 377% sejak Februari 2020.

Hobi bermain game ternyata juga mengalami peningkatant di masa pembatasan sosial ini. Permainan game Nintendo mengalami peningkatan minat beli hingga 156%. Dari data yang diperoleh, iPrice Singapura juga menunjukan bahwa angka peningkatan yang signifikan terhadap minat beli konsol game PS4 sebanyak 714%.

Di Italia, pembelian konsol game dan fisik game meningkat hingga 84% pada minggu pertama lockdown Maret 2020. Menurut iPrice, di Indonesia sendiri diprediksi minat belanja produk Nintendo akan terus meningkat jika periode pembatasan sosial ini diperpanjang melihat tren di negara lainnya.

Tinggalkan Komentar