Gadget

Mengenal Exynos 990, Chipset Dibalik Kinerja Samsung Galaxy S20 Ultra

Samsung Exynos 990

Seri ponsel Galaxy S20 yang dirilis di Indonesia termasuk di antaranya Galaxy S20 Ultra menggunakan chipset terbaru buatan Samsung yaitu Exynos 990 yang menggunakan teknologi proses 7nm.

Salah satu fokus utama pada Exynos 990 adalah kecerdasan buatan. Prosesor yang satu ini menggunakan kombinasi neural processing unit (NPU) berinti dua dan digital signal processor (DSP) terbaru untuk menghadirkan kecerdasan buatan yang canggih.

Dengan adanya NPU yang sudah langsung terbenam dalam ponsel, kecerdasan buatan di seri Galaxy S20 dapat diproses langsung di perangkatnya tanpa melalui jaringan internet dan server sehingga lebih efisien dan aman.

Di sektor fotografi, kecerdasan buatan pada Exynos 990 digunakan salah satunya untuk mendeteksi objek pada kamera dan menyesuaikan setelan kamera yang cocok untuk objek tersebut agar hasil fotonya menarik.

Contohnya adalah ketika kamera diarahkan pada wajah seseorang, secara otomatis chipset-nya akan memberikan setelan yang pas dengan kondisi cahaya dan warna kulit orangnya.

Selain itu juga Exynos 990 dapat meningkatkan kualitas foto yang dihasilkan oleh kamera ponsel secara keseluruhan mulai dari meminimalisir noise, perbaikan tekstur, hingga pemetaan tone lokal pada foto.

Di dalam Exynos 990 terdapat image signal processor (ISP) yang mendukung hingga enam sensor gambar dengan tiga proses bersamaan. Ini membuat chipset-nya dapat memproses foto dengan resolusi hingga 100 megapiksel.

Untuk menunjang performa sehari-hari dan bermain game pada ponsel,  Exynos 990 menggunakan GPU Arm Mali-G77 yang berbasis arsitektur Valhall. GPU terbaru ini diklaim dapat menghadirkan performa grafis dan efisiensi daya hingga 20 persen.

Ditambah lagi terdapat peningkatan performa secara keseluruhan sebanyak 20 persen dari penggunaan CPU berinti enam yang terdiri dari dua inti Cortex-A76 berkinerja tinggi dan empat inti Cortex-A55 yang hemat daya.

RAM LPDDR5 sudah didukung di Exynos 990 yang mana mampu mentransfer data hingga 5.500 megabit per detik. Prosesornya juga menghadirkan driver untuk layar dengan refresh rate 120hz yang dapat menghadirkan animasi yang lebih halus dan meminimalisir screen tearing ketika bermain game.

Exynos 990 sebetulnya sudah mendukung jaringan 5G sub-6GHz dan spektrum mmWave. Namun sayangnya di Indonesia fitur ini di Galaxy S20 Ultra tidak aktif berhubung jaringan 5G sendiri di Indonesia masih belum diterapkan.

Tinggalkan Komentar