ASUS TUF Gaming FX507
Berita

Monster! Samsung Rilis Chipset Exynos 9820 dengan NPU untuk Kecerdasan Buatan

Samsung Exynos 9820 Header

Hari ini Samsung mengejutkan dunia dengan meluncurkan chipset atau SoC (System on Chip) terbarunya yang bernama Exynos 9820 dengan menggunakan teknologi proses 8nm LPP (Low Power Plus) FinFet.

Dengan teknologi proses ini membuat chipset tersebut menjadi lebih bertenaga dan efisien dibandingkan Exynos 9810 dengan teknologi proses 9810. Bahkan Exynos 9820 ini telah dibekali dengan NPU (Neural Processing Unit).

Hampir mirip dengan milik Huawei di Kirin 970, NPU yang hadir pada Exynos 9820 ini digunakan untuk dapat mengendalikan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence untuk proses yang lebih pintar.

Samsung Exynos 9820 All

Biasanya kecerdasan buatan ini digunakan untuk efisiensi konsumsi energi daya baterai, kemampuan kamera dalam menghasilkan foto dengan hasil bagus, peningkatan performa saat bermain game, hingga asisten virtual yang tentunya akan lebih memudahkan penggunanya ketika menggunakan smartphone.

Sementara itu, Exynos 9820 ini memiliki Octa-core dengan konfigurasi 3 cluster CPU yang terdiri dari dual-core custom M4 yang digunakan untuk pekerjaan berat + dual-core Cortex-A75 untuk performa optimal + quad-core Cortex-A55 untuk efisiensi dalam konsumsi daya baterai.

Pihak Samsung pun mengatakan bahwa Exynos 9820 ini memiliki performa single-core CPU 20%, multi-core 15%, dan GPU 40% yang lebih baik dibandingkan Exynos 9810. Bahkan chipset terbaru ini memiliki konsumsi daya baterai yang lebih hemat dibandingkan enerasi sebelumnya.

GPU Mali-G76 MP12 ini pun memungkinkan konsumsi daya baterai yang lebih hemat 35% dibandingkan dengan generasi sebelumnya, bahkan mengizinkan penggunanya dapat menggunakan aplikasi Virtual Reality (VR) atau AR (Augmented Reality) yang lama pada smartphone dengan chipset ini.

Exynos 9820 ini pun dibekali dengan dukungan 5 sensor kamera yang mampu melakukan fokus dengan cepat. Bahkan mampu merekam video beresolusi 8K dengan kecepatan 30fps atau 4K dengan kecepatan 150fps.

Bahkan modem LTE-A Cat.20 8CA pun telah disematkan pada Exynos 9820 yang memungkinkan smartphone dengan chipset ini mampu melakukan download hingga 2Gbps. Sementara kecepatan upload mencapai 316Mbps berkat modem Cat.20 3CA.

Dikabarkan chipset ini akan digunakan pada smartphone flagship Samsung di Q1 tahun 2019 yang bernama Galaxy S10. Sementara Exynos 9820 sendiri akan mulai diproduksi massal mulai dari akhir tahun 2018.

[Sumber : GSMArena]

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar