Smartphone Sponsored Content

OPPO A92 – Desain Atraktif, Baterai Kompetitif

OPPO A92 Game Ok

Gadgetren – OPPO A92 secara resmi telah berlabuh di Indonesia. Sebagai smartphone penerus OPPO A9 2020, perangkat ini hadir dengan beragam fitur-fitur yang menarik mulai dari aspek desain, performa, baterai, hingga kamera.

Berbeda dengan OPPO A9 2020 yang menggunakan layar penuh berponi tetesan air, kali ini OPPO menghadirkan OPPO A92 dengan desain baru bernama NEO Display yang membuat layar memenuhi bagian depan dengan punch hole dan bezel yang lebih tipis.

Hal ini membuat OPPO A92 mempunyai rasio bodi-ke-layar 90,5% yang lebih besar dibandingkan OPPO A9 2020 yang hanya memiliki rasio 89%. Tentu saja ini memberikan dampak kepada kenyamanan ketika menonton video maupun memainkan game karena areanya terlihat menjadi lebih luas.

OPPO A92 Video

Meskipun kedua smartphone ini sama-sama menggunakan lebar 6,5 inci, namun OPPO A92 mempunyai dimensi yang lebih kecil dibandingkan dengan OPPO A9 2020. Pada saat menggenggamnya, OPPO A92 terasa mempunyai ukuran seperti smartphone dengan layar 5,5 inci beraspek rasio 16:9.

Smartphone terbaru OPPO ini juga mempunyai resolusi Full HD+ (2400 x 1080 piksel) yang mengalami peningkatan dibandingkan sebelumnya yang hanya HD+ (1600 x 720 piksel). Teknologi LTPS-LCD yang dihadirkan pada OPPO A92 mampu menampilkan konten dengan nyaman untuk dilihat mata.

Untuk meminimalisir terjadinya goresan pada layar, Corning Gorilla Glass 3 pun telah dihadirkan pada OPPO A92. Selain itu, OPPO juga menghadirkan fitur Eye Care pada smartphone ini yang dapat mengurangi radiasi sinar biru dari layar untuk melindungi mata.

OPPO A92 Display720

Beralih ke bagian belakangnya, OPPO A92 mempunyai bodi dengan Constellation Design yang terinspirasi oleh warna wilayah Kutub. Warna Twilight Black (terdapat juga varian warna Shining White) yang membalut smartphone ini mengisyaratkan saya pada kondisi malam hari di Kutub yang tenang. Bodi belakangnya pun akan menghadirkan kilauan ketika terkenal pantulan cahaya.

Bodi belakangnya juga menggunakan 3D Quad-Curve Design yang menghadirkan lengkungan di berbagai sisinya untuk mengoptimalkan pengalaman yang nyaman ketika digenggam dengan satu tangan. Bisa dibilang desain dari OPPO A92 telah mengalami peningkatan dibandingkan dengan OPPO A9 2020.

Masih di bagian belakangnya, terdapat empat kamera dan LED Flash yang disusun seperti huruf C di dalam kotak. Konfigurasi AI Quad Camera ini terdiri dari kamera utama 48 MP, ultrawide 8 MP, mono 2 MP, dan portrait 2 MP.

OPPO A92 Dus With Cam

Dengan penggunaan teknologi 4-in-1 pixel binning, kamera utamanya secara bawaan akan menghasilkan foto dengan resolusi 12 MP. Namun kita dapat mengambil foto dengan resolusi yang lebih besar lagi, apabila mengaktifkan 48MP Mode pada menu Pengaturan di aplikasi kamera bawaan OPPO A92.

Meskipun hasil foto 12 MP dari kamera utamanya mempunyai kualitas dan komposisi bagus, namun jika ingin mendapatkan hasil foto yang lebih detail maka dapat memanfaatkan fitur untuk menghasilkan foto higga resolusi 48 MP.

Selanjutnya, kamera ultrawide dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan foto dengan area luas hingga sudut 119,1 derajat. Tentunya penggunaan kamera ini memungkinkan mengambil foto dengan area yang tidak dapat dijangkau oleh kamera utamanya.

OPPO A92 Back

OPPO A92 juga mengizinkan pengambilan foto makro dari jarak yang cukup dekat dengan detail yang masih terlihat jelas. Dengan memanfaatkan kamera mono, kamera akan menghasilkan foto hitam putih dengan nuansa klasik.

OPPOA92-Canvas-AutoAuto Mode

OPPOA92-Canvas-48MP48MP Mode

OPPOA92-Rumah-UltrawideUltrawide

OPPOA92-Rumah-AutoAuto Mode

OPPOA92-Jamur-MakroMacro Mode

OPPOA92-Jamur-MakroDazzleMacro + Dazzle Color Mode

OPPOA92-Rumah-MonokromMonokrom

Dari sisi hardware, OPPO mempercayakan Snapdragon 665 Octa-Core 2,0 GHz untuk menjadi dapur pacu A92. Chipset ini sendiri terkenal mempunyai performa cepat untuk smartphone kelas menengah yang diimbangi dengan efisiensi konsumsi daya baterai.

Dengan kombinasi RAM 8 GB dan chipset buatan Qualcomm tersebut, perangkat dapat  menjalankan aplikasi sehari-hari secara multitasking dengan lancar mulai dari chatting, telepon, email, media sosial, menonton video, atau memutar musik. Pada saat berpindah aplikasi, animasi transisi pun terasa lancar berkat RAM yang mempunyai kapasitas besar.

Untuk menguji ketangguhan smartphone ini, beragam game populer pun dijalankan seperti Mobile Legends, Call of Duty Mobile, Final Fantasy XV Pocket Edition, Free Fire, PUBG Mobile, dan Chess Rush. Semua game tersebut mampu dijalankan dengan lancar menggunakan pengaturan grafis dan frame rate tinggi.

FF Pocket Game

Meskipun Final Fantasy XV Pocket Edition dapat menggunakan pengaturan dan gratis dan frame rate tinggi, namun lebih disarankan sebaiknya mengubahnya ke pengaturan medium agar game tersebut dapat dijalankan dengan lebih lancar lagi.

Selain itu, dilakukan juga  pengujian performa OPPO A92 dengan beberapa aplikasi benchmark populer. Smartphone ini berhasil mendapatkan skor 168.561 poin pada AnTuTu Benchmark v8.3.4. Sementara pada Geekbench 4.4.2, perangkat ini mendapatkan skor 1.500 poin untuk Single-Core dan 5.525 untuk Multi-Core.

Selanjutnya, OPPO A92 berhasil mendapatkan skor 310 untuk Single-Core dan 1.367 poin untuk Multi-core pada Geekbench 5.1.1. Berdasarkan pengujian menggunakan aplikasi sehari-hari, game, dan aplikasi benchmark tersebut dapat terlihat bahwa OPPO A92 mempunyai performa yang bertenaga untuk ukuran smartphone kelas menengah.

Dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh, smartphone ini diklaim OPPO mampu bertahan lama dalam pemakaian normal. Untuk memastikannya, pengujian menggunakan aplikasi PCMark for Android pada simulasi Work 2.0 battery life pun dilakukan dengan kondisi baterai dari 100%, dan tingkat kecerahan 50%.

Hasilnya, OPPO A92 berhasil mendapatkan skor 14 jam 11 menit pada pengujian menggunakan PCMark for Android. Sementara pada penggunaan aktivitas sehari-hari, smartphone ini mampu bertahan selama 11 jam 48 menit dengan screen on time lama 9 jam 54 menit dari kondisi 100% ke 7%.

OPPO A92 Benchmark Battery

Produk ini didukung fitur 18W Fast Charging yang dapat mengisi daya baterai sebanyak 50% dalam waktu 45 menit. Sementara pada saat mengisi daya baterai OPPO A92 dari kondisi 0% ke 100% memakan waktu mencapai 2 jam 38 menit.

Terlihat bahwa OPPO A92 ini mempunyai daya baterai yang lama sehingga dapat digunakan untuk aktivitas rutin hanya dengan sekali cas setiap harinya. Sementara itu, smartphone ini akan nyaman ketika digunakan untuk aktivitas sehari-hari, terutama berkat performa dan kemampuan kamera yang dihadirkan.

Performanya dapat menangani berbagai kebutuhan, baik untuk bekerja, hiburan, atau berinteraksi dengan teman. Sementara AI Quad Camera memungkinkannya dapat menghasilkan berbagai jenis foto yang menarik.

Tinggalkan Komentar

Komentar

  • Saya ingin akun ff saya ada diamen karana akun saya sangat mana skin sekali tolong berikan akun saya diamen unserID:1995434510