Berita

Sebelum ke Laptop Berlayar Ganda, Microsoft Windows 10X Akan Hadir Dulu di Laptop Umum

Microsoft Windows 10X Header[Gambar Produk Pra-peluncuran dari Microsoft]

Gadgetren – Sistem operasi buatan Microsoft yang dirancang secara khusus untuk perangkat dengan layar ganda (dual-screen), Windows 10X, kabarnya juga akan tersedia untuk laptop-laptop umum.

Perusahaan Microsoft sendiri sudah mengkonfirmasi ketersediaan Windows 10X untuk laptop umum tersebut melalui sebuah unggahan blog yang diterbitkan pada tanggal 4 Mei 2020 kemarin.

Panos Panay, Chief Product Officer Windows dan Perangkat Microsoft, dalam unggahan tersebut menuliskan bahwa mereka mengubah fokus untuk membawa Windows 10X dari perangkat berlayar ganda ke perangkat berlayar tunggal.

Panos mengungkapkan hal tersebut bisa dilakukan karena sistem yang memanfaatkan kemampuan cloud itu membawa fleksibilitas yang memungkinkan Microsoft menghadirkannya ke perangkat berlayar tunggal.

Meskipun belum mengungkapkan secara jelas mengenai apa saja kelebihan dari sistem operasi baru itu, Panos menyebut bahwa Windows 10X akan memberikan cara baru dalam bekerja, belajar, dan bermain kepada para pengguna.

Panos pun menjabarkan bahwa Windows 10X bahkan akan hadir lebih dulu melalui perangkat berlayar tunggal ke konsumen, baru kemudian akan mencari waktu yang tepat untuk bekerja sama dengan mitra OEM guna membawa perangkat berlayar ganda ke pasar.

Ketersediaan Windows 10X sendiri sayangnya belum pasti. Apakah seri terbaru dari sistem operasi Windows 10 itu akan tersedia untuk laptop tradisional, laptop hibrida (2-in-1), atau keduanya.

Hanya saja dalam pembahasan yang sama, Panos pun menjabarkan informasi mengenai pembaruan Windows 10 untuk Bulan Mei 2020 yang salah satunya akan membawa pengoptimalan mode tablet untuk perangkat 2-in-1.

Mengutip keterangan yang disampaikan oleh BGR, hal tersebut mengindikasikan bahwa Microsoft sangat tertarik kepada mode tablet Windows 10 yang kemungkinan terkait dengan Windows 10X.

Windows 10X sendiri sebelumnya sudah mencuri perhatian bersamaan dengan demonstrasi perangkat layar ganda buatan Microsoft, Surface Neo, pada musim gugur Tahun 2019 kemarin.

Namun sampai dengan saat ini, belum ada kabar mengenai waktu peluncuran sistem operasi baru dari Microsoft itu. Harapannya, sistem tersebut akan terungkap lebih jelas pada saat acara konferensi Microsoft Build 2020 yang rencananya akan digelar secara daring dan gratis untuk semua orang.

Tinggalkan Komentar