Berita

Tak Cukup Dengan 108 MP, Samsung Kini Kembangkan Sensor Kamera 250 MP

Samsung Kembangkan Sensor Kamera 250 MP Header

Gadgetren – Setelah berhasil meluncurkan sensor kamera 108 MP pada tahun 2019 kemarin, Samsung kini kabarnya sedang mengembangkan sensor kamera beresolusi lebih tinggi yang kabarnya mencapai 250 MP.

Sensor kamera yang secara teori dapat menangkap gambar dengan kerapatan piksel lebih padat itu nantinya akan memuat ukuran yang lebih besar ketimbang sensor-sensor yang ada sekarang ini, yang notabene secara umum masih beresolusi lebih rendah dari 200 MP.

Mydriver yang menjadi kiblat informasi mengenai pengembangan sensor kamera Samsung 250 MP tersebut menyebutkan bahwa sensor bisa saja memiliki ukuran diagonal lebih dari satu inci dengan bentuk yang lebih tebal.

Sebagai gambaran dalam hal ini, Wikipedia mencatat bahwa sensor Samsung S5KHM1 108 MP pada Samsung Galaxy S20 Ultra berukuran 1/1,33 inci sementara sensor Samsung S5KGW2 64 MP pada Samsung Galaxy S20 dan Samsung Galaxy S20+ hanya berukuran 1/1,72 inci.

Menyimpulkan keterangan dari laporan yang diterbitkan oleh GSMArena, upaya pengembangan sensor kamera beresolusi 250 MP ini sendiri merupakan tujuan sementara dari Samsung karena tujuan jangka panjangnya adalah sensor kamera beresolusi 600 MP.

Seperti yang kita tahu bersama, Yongin Park selaku Head of Sensor Business Team Samsung melalui halaman editorialnya beberapa waktu lalu sudah mengungkapkan rencana untuk mengembangkan sensor kamera yang bisa menangkap detail yang lebih baik dari mata manusia tersebut.

Dalam editoral tersebut, Yongin Park menyebutkan bahwa mata manusia setara dengan sensor kamera beresolusi 500 MP. Yim ingin mengembangkan sensor melebihi kemampuan itu agar bisa diaplikasikan untuk berbagai macam kebutuhan di luar dunia ponsel.

Selain melaporkan pengembangan mengenai sensor kamera 250 MP, laporan Mydriver menariknya juga mengungkapkan bahwa Samsung sudah menyelesaikan penelitian dan pengembangan sensor kamera beresolusi 150 MP.

Samsung tampaknya akan memproduksi secara massal sensor yang sudah selesai tersebut dan memasarkannya pada pertengahan kedua tahun 2020. Xiaomi kemungkinan besar akan menjadi salah satu penggunanya.

Era baru ponsel dengan kamera beresolusi tinggi memang sudah dimulai sejak tahun 2019 lalu. Namun, era tersebut terus berkembang karena resolusi dan ukuran sensor kamera terus meningkat.

Tinggalkan Komentar