Berita Smartphone

iFixit Ungkap Perbedaan Dan Persamaan iPhone SE 2020 Dengan iPhone 8

 

iPhone-SE2-Black-Camera-Header

Setelah meluncur pekan lalu di pasar Amerika Serikat dengan harga Rp 6,3, tentunya iPhone SE 2020 perlu diperhitungkan untuk dimiliki oleh penggemar iPhone SE pertama yang rilis di tahun 2016.

Namun ternyata ada hal menarik yang baru beredar di jagat maya akhir-akhir ini bahwa komponen yang ada di iPhone SE 2020 memiliki kemiripan dengan iPhone 8. Apakah benar demikian?

Hal ini sebelumnya telah diungkapkan lebih dulu oleh sebuah ulasan video dari akun kanal YouTube PBK Reviews. Akun tersebut membongkar bodi iPhone S2 2020 dan membandingkan dengan iPhone 8 dan komponen di dalamnya tampak mirip.

Namun meski dilihat mata tampak sama dengan iPhone 8 terutama pada baterainya, iFixit kemudian lebih jauh mengulas lagi untuk membuktikan hal tersebut.

Ulasan-iFixit-iPhone-SE-dan-iPhone-8[sumber gambar: iFixit]

Berbeda dengan PBK Reviews, iFixit mendapatkan bahwa baterainya masih ada perbedaan meskipun tampak identik, yakni pada konektor baterainya sehingga tidak cocok untuk satu sama lain.

Menariknya, iFixit menemukan bahwa baterai iPhone SE 2020 akan lebih cocok terhubung dengan perangkat iPhone 11. Selanjutnya perbedaan lainnya juga ditemukan pada modem, chip WiFi, konektor baterai, modul kamera belakang, dan prosesor. Untuk prosesornya saja, iPhone SE 2020 menggunakan chipset A13 Bionic, sementara iPhone 8 ditenagai oleh A11 Bionic.

PBK Reviews iPhone SE 2020 dan iPhone 8[sumber gambar: PBK Review]

Chipset A13 Bionic tersebut seperti yang kita tahu menggerakan pula dapur pacu pada iPhone 11 Pro. iFixit dalam ulasannya juga mengatakan bahwa sebagai iPhone SE dengan meminjam komponen dari model sebelumnya dapat mengurangi limbah manufaktur dari desain baru dan membuat komponen pengganti lebih terjangkau.

Selain perbedaan, iFixit juga menemukan persamaan dari iPhone SE 2020 dan iPhone 8 antara lain modul kamera, SIM Card tray, Taptic Engine dan layar. Namun meski bisa saling ditukar, beberapa komponen ditemukan kurang kompatibel satu sama lain.

Saat layar ditukar, fitur True Tone tidak dapat dinikmati dengan baik. Selanjutnya tombol beranda juga tidak dapat ditukar dan harus mengganti dengan tipe yang sama.

Tinggalkan Komentar